November 13, 2022

Motivasi Kerja Karyawan Pada Wirausahawan

 

Motivasi Kerja Karyawan Pada Wirausahawan

 

Abstrak

Dalam wirausaha / industri senantiasa melakukan berbagai inovasi untuk dapat bersaing dan memiliki keunggulan dalam hal kualitas dan kuantitas produk, pelayanan, maupun harga produk. Untuk dapat mempertahankan keunggulan produk perlu diakui bahwa peran pekerja sangat penting sebagai penggerak aktivitas industri, sehingga perlu mendapat perhatian tersendiri karena merekalah yang meluangkan waktu, pikiran dan tenaga.

Karyawan sebagai aset yang harus ditingkatkan kinerjanya, pelatihan merpakan salah satu untuk mencapai industri harus mampu menciptakan kondisi yang dapat mendorong dan memungkinkan pekerja untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilannya secara optimal. Setelah kemampuan dan ketereampilan karyawan secara optimal, harus memberikan balas jasa upah yang memuaskan.

 

Manajemen Wirausaha

Istilah manajemen berasal dari Bahasa Inggris (Management) yang berasal dari kata “To Manage” yang artinya mengurus atau tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya agar usaha yang sedang dikerjakan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manajemen dibutuhkan setidaknya untuk mencapai tujuan, menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, dan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Manajemen terdiri dari berbagai unsur, yakni man, money, method, machine, market, material dan information.

1.      Man                  : Sumber Daya Manusia

2.      Money              : Uang diperlukan untuk memenuhi tujuan

3.      Method             : Sistem untuk mencapai tujuan

4.      Machine            : Mesin / alat bantu baik produksi & bisnis

5.      Market              : Tempat untuk memaparkan atau menjual hasil produksi (Jasa&Produk)

6.      Material            : Bahan-bahan yang diperlukan dalam produksi

7.      Information      : Hal-hal yang dapat membantu mencapai tujuan

Manajemen sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dari sebuah organisasi. Unsur utama manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengelolaan karir, evaluasi kinerja, kompensasi dan hubungan ketenagakerjaan yang baik.

 

Motivasi Kerja

Motivasi kerja adalah penggerak atau pendorong dalam diri seseorang untuk mau berperilaku dan bekerja dengan giat dan baik sesuai dengan tugas dan kewajiban yang telah diberikan kepadanya. Dalam motivasi kerja, manusia memiliki sifat pragmatism yang memiliki arti menyadari keterbatasannya, seseorang dapat menyensuaikan diri pada kondisi obyektif yang dihadapinya dengan cara memusatkan perhatiannya kepada hal-hal yang mungkin dapat dicapainya. Sehingga apapun dapat mendorong seseorang untuk mencapai dan memperoleh sesuatu sesuai dengan yang diinginkannya. kebutuhan manusia digolongkan sebagai rangkaian dan bukan sebagai hierarki, adalah sebagai berikut.

1.      Kebutuhan yang satu saat sudah terpenuhi sangat mungkin akan timbul lagi diwaktu yang akan datang.

2.      Berbagai kebutuhan tidak akan mencapai “titik jenuh” dalam arti tibanya suatu kondisi dalam mana seseorang tidak lagi dapat berbuat sesuatu dalam pemenuhan kebutuhan itu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.