November 12, 2022

Pengaruh Motivasi Kerja Pada Karyawan Terhadap Hasil Kinerja diKewirausahaan.

 Gavina Tamara

46119010019

V37-GAVINA

Pengaruh Motivasi Kerja Pada Karyawan Terhadap Hasil Kinerja diKewirausahaan.



Menurut  Mangkunegara  (2014)  motivasi merupakan kondisi atau energi yang menggerakkan diri  karyawan  yang  terarah  atau  tertuju  untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. Sikap mental karyawan yang  positif terhadap  situasi kerja  itulahyang memperkuat motivasi kerjanya untuk mencapaikinerja yang maksismal. 

Terdapat 3 unsur yang merupakan kunci dari motivasi, yaitu:

• upaya

•  tujuan organisasi,dan 

• kebutuhan. 

Jadi motivasi dalam hal ini sebenarnya merupakan respons dari suatu aksi. Motivasi munculdari dalam diri manusia karena dorongan oleh adanyaunsur  suatu  tujuan.  Tujuan  ini  menyangkut  soal kebutuhan  dapat  dikatakan  bahwa  tidak  akan  ada suatu motivasi apabila tidak dirasakan adanya suatukebutuhan. 

Motivasi kerja merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan dikarenakan dengan adanya motivasi akan mendorong karyawan agar dapat berprestasi dan produktif, maka dengan adanya motivasi kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan dimana yang nantinya karyawan ingin mengambil tindakan untuk berprestasi guna menaikan jabatanya disuatu perusahaan tersebut. 

Sumber daya manusia (SDM) penting bagi perusahaan karena memiliki peran sebagai potensi penggerak seluruh aktivitas perusahaan. Perusahaan yang memiliki SDM yang berkualitas dapat dengan mudah mengintegrasikan visi perusahaan dengan tujuan perusahaan kepada karyawannya sehingga pencapaian tujuan perusahaan bisa tercapai.

karyawan dapat menikmati pekerjaannya sehingga karyawan dapat mengerjakan perkerjaannya tanpa ada tekanan. Berdasarkan hasil penelitian Suwardi dan Utomo (2011), Hamid (2012), Murti dan Veronika (2013), serta Permansari (2013) ditemukan bahwa motivasi kerja secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Penelitian lain yang dilakukan oleh Salleh et al. (2011) serta penelitian dari Susan et al. (2012) juga menyatakan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan

• Faktor  yang  Mempengaruhi  Motivasi

Motivasi  sebagai  proses  psikologis  dalam  diriseseorang  akan  dipengaruhi  oleh  beberapa  faktor.Faktor-faktor  tersebut  dapat  dibedakan  atas  faktorintern  dan ekstern  yang  berasal  dari karyawan  EdySutrisno (2011). Faktor intern

1) Faktor internal yang  dapat  mempengaruhi pemberian motivasi pada seseorang, anatara lain

• Keinginan untuk hidup

• Keinginan untuk dapat memiliki

• Keinginan untuk memperoleh penghargaan

• Keinginan untuk memperoleh pengakuan

• Keinginan untuk berkuasa

2)Faktor eksternal

• Kondisi lingkungan kerja

Kompensasi yang  memadai, Mangkunegara  (2011) berpendapat  bahwa kinerja  (prestasi  kerja)  adalah  “hasil  kerja  secarakualitas  dan  kuantitas  yang  dicapai  oleh  seorangpegawai  dalam  melaksanakan  tugasnya  sesuaidengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.”Sedangkan  menurut  Wibowo  (2007) “Kinerja merupakan  implementasi  dari  rencana  yang  telahdisusun tersebut”


Referensi:


Atmojo,K.,&Pradana, E. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Badan Penyelenggara Jaminan Soial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Sudirman Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 101-111.


Larasati,S,.&Gilang,A.(2014,Desember).Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Wilayah Telkom Jabar Barat Utara (Witel Bekasi). Jurnal Manajemen Organisasi, V  201-212


Purwati,S.(2017). Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pt Anindya Mitra Internasional Yogyakarta.1-13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.