November 30, 2022

Pentingnya identitas brand pada sebuah UMKM

 


Abstrak

Pengembangan  Usaha  Mikro  Kecil  Menengah  (UMKM)  belakangan  ini  semakin  menarik  perhatian pemerintah.  Beberapa  hasil  penelitian  juga  mengindikasikan  peran  penting  UMKM  dalam  kaitannya dengan  pertumbuhan  ekonomi  di  negara  berkembang.  Oleh  sebab  itu,  pemberdayaan  UMKM  menjadi sangat strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Usaha mikro kecil dan menengah merupakan salah satu contoh usaha yang mungkin sekarang ini banyak kita temukan. Merekamenjalankanusahanya  dengan  modal  yang  seminimal  mungkin  dan  dapat  hasil  yang  lumayan. Mereka  juga  menganggap  bahwa  usaha  yang  dibangun  dari  hal  terkecil  maka  akan  membuahkan  hasil yang lebih baik lagi.

Pendahuluan

Pengembangan  Usaha  Mikro  Kecil  Menengah  (UMKM)  belakangan  ini  semakin  menarik  perhatian pemerintah.  Beberapa  hasil  penelitian  juga  mengindikasikan  peran  penting  UMKM  dalam  kaitannya dengan pertumbuhan  ekonomi  di  negara  berkembang.  Oleh  sebab  itu,  pemberdayaan  UMKM  menjadi sangat strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Usaha mikro kecil dan menengah merupakan salah satu contoh usaha yang mungkin sekarang ini banyak kita temukan. Merekamenjalankan  usahanya  dengan  modal  yang  seminimal  mungkin  dan  dapat  hasil  yang  lumayan. Mereka  juga  menganggap  bahwa  usaha yang  dibangun  dari  hal  terkecil  maka  akan  membuahkan  hasil yang lebih baik lagi. Seni atau teknik dalam menyampaikan pesan menggunakan tulisan biasa dikenal dengan namacopywriting. Sebagai salah satu elemen penting dari promosi, tulisan dari copywriting yang disebut copy dapat digunakan di berbagai macam media seperti iklan, artikel, blog, tagline maupun untuk penamaan sebuah brand (merek) atau produk. Dalam kaitan ini, copy yang digunakan dalam media promosi memiliki tujuan agar konsumen melakukan pembelian, melakukan panggilan telpon untuk mencari informasi, hingga berlangganan (subscribe) layanan streaming atau follow akun sosial media milik brand ternama.

Pembahasan

Branding pro Marty Neumeier mendefinisikan identitas merek sebagai “ekspresi luar merek, termasuk merek dagang, nama, komunikasi, dan tampilan visualnya”. identitas merek adalah jumlah total dari bagaimana merek terlihat, terasa, dan berbicara kepada orang-orang. (Kadang-kadang bahkan termasuk bagaimana bunyinya, rasa, rasa, dan bahkan baunya.)

Pada akhirnya, identitas merek adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia, membedakan diri dari pesaing, dan menciptakan pengalaman merek yang mendorong orang untuk terlibat.

Mengapa Brand Identity itu Sangat Penting?

1. Kepribadian

Identitas merek adalah representasi visual dari nilai-nilai dan “kepribadian” merek. Desain identitas pada dasarnya menentukan nada merek, dan dapat digunakan untuk membangkitkan perasaan tertentu pada audiens. Identitas merek harus dirancang untuk mengomunikasikan pesan perusahaan secara keseluruhan dan mempromosikan tujuan bisnis

2. Konsistensi

Mengembangkan identitas merek memungkinkan membuat pesan yang konsisten di semua materi pemasaran. Setiap bagian harus memiliki gaya dasar dan elemen desain yang sama, menciptakan paket merek yang kohesif.

3. Diferensiasi

Identitas merek membantu membedakan bisnis dari pesaing dan memposisikan merek dengan tepat. Mengembangkan desain identitas kreatif dan profesional dapat membantu menonjol di hadapan pelanggan potensial di pasar.

4. Kesadaran

Membuat identitas merek memastikan bahwa merek berada di garis depan semua materi pemasaran, yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Semakin banyak tempat merek ditampilkan, semakin banyak kontak yang akan dibuatnya dengan konsumen, dan akan semakin berkesan.

5. Loyalitas

Identitas merek yang efektif dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan kepercayaan pada merek, karena memungkinkan pelanggan untuk membuat hubungan antara produk dan perusahaan.

Kesimpulan

Merancang brand identity yang sukses membutuhkan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk menjaga bisnis tetap pada rencana yang sama dan memberdayakan tim untuk melakukan pekerjaan terbaik, pastikan mereka terdidik, terinspirasi dan memiliki alat yang mereka dibutuhkan.

Dan jika merasa kewalahan atau tidak memiliki sumber daya untuk mengerjakan sendiri proyek tersebut, pertimbangkan untuk membawa bantuan ahli.

Pastikan juga dalam memiliki pengelolaan yang matang terutama dalam proses pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha

 

Daftar Pustaka

Waqfin, M. S. I., Komari, M., Andriani, R., & Muhibuddin, A. (2021). Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa Bandarkedungmulyo Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-5.

Halim, B. C. (2014). Pengaruh brand identity terhadap timbulnya brand preference dan repurchase intention pada merek Toyota. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-11.

Pramezwary, A., Juliana, J., Eagan, B., Putri, F. J., & Setiadi, S. (2021). Pengaruh Identitas Brand Dan Strategi Penjualan Burger King Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Cakrawala-Jurnal Humaniora. Universitas Bina Sarana Informatika, 21(1), 10-18.

Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala Visual, 3(1), 8-16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.