November 02, 2022

Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Usaha Kecil Menengah

 


Oleh: Yulfara Kartini (@V05-Yulfara)

Abstrak

Sebagian besar orang bekerja untuk bisnis kecil atau menciptakan dan mengelola perusahaan kecil mereka sendiri, dan bisnis seperti ini mempunyai kebutuhan manajemen sumber daya manusia khusus. Tetapi perusahaan kecil membutuhkan uang ekstra bila mempekerjakan manajer sumber daya manusia. Hal inilah yang menjadi salah satu tantangan perusahaan kecil dan kewirausahaan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk membantu dalam menerapkan apa saja yang harus dilakukan terkait dengan manajemen sumber daya manusia untuk menjalankan sebuah bisnis kecil menengah. Artikel ini membahas tantangan bisnis kecil serta bagaimana cara untuk menerapkan manajemen sumber daya manusia dalam usaha kecil menengah.

Keyword: Manajemen, SDM, Kewirausahaan.

Pendahuluan

Industri kecil merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia dan sudah terbukti bahwa dalam kondisi ekonomi yang sulit industri kecil menengah justru lebih mampu bertahan hidup, untuk itu usaha kecil menengah perlu dikembangkan. Sebagian besar orang bekerja untuk bisnis kecil atau menciptakan dan mengelola perusahaan kecil mereka sendiri serta bisnis seperti ini membutuhkan manajemen sumber daya manusia khusus. Usaha Kecil Menengah (UKM) saat menjadi perhatian khusus oleh pemerintah karena usaha kecil menengah ini mampu menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Manajemen SDM untuk UKM sangat penting agar usaha yang didirikan bisa berkembang dan tidak mengalami kebangkrutan. Biasanya SDM yang rendah itulah yang menyebabkan kegagalan usaha sehingga manajemen SDM benar-benar harus ditingkatkan jika menginginkan usaha yang dijalankan maju dan berkembang. Sumber daya manusia merupakan faktor yang penting bagi setiap usaha.  Sumber daya manusia yang berkualitas akan menentukan kejayaan atau kegagalan dalam persaingan (Tambunan, 2003).  Begitu juga dengan industri kecil, apabila di dalamnya terdapat sumber daya manusia yang berkualitas tentu akan menjadikan industri kecil berjaya. Hal ini akan menjadi salah satu tantangan perusahaan kecil dan kewirausahaan.

Permasalahan

Dalam mengelola sumber daya manusia pada perusahaan kecil berbeda. Terdapat beberapa tantangan bisnis kecil yaitu pelaku usaha kecil menengah belum mampu mennggunakan seorang spesialis SDM. Meskipun sumber daya manusia penting, hal ini tidak menjadi prioritas tinggi bagi usaha kecil menengah karena hal ini berhubungan dengan waktu, uang, tenaga dan keahlian. Hal yang penting bagi pelaku usaha kecil menengah adalah keuangan, produksi dan pemasaran sehingga SDM mendapatkan kepentingan yang relatif kecil. Ditambah lagi, manajemen sumber daya manusia cenderung menjadi lebih informal dalam perusahaan kecil. Serta kurangnya pelaku usaha mengontrol semua hal.

Pembahasan

Perusahaan kecil mempunyai praktik manajemen sumber daya manusia yang efektif berjalan dengan lebih baik dibandingkan dengan yang tidak melakukan praktik manajemen sumber daya manusia. UKM sekses dengan pertumbuhan tinggi memberikan penekanan lebih besar pada pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, perekrutan dan menetapkan tingkat kompensasi kompetitif dibandingkan mereka yang kurang berhasil. Hal ini didasarkan pada aktivitas sumber daya manusia ini memang faktanya memberikan dampak positif pada kinerja di perusahaan kecil.

Banyak perusahaan kecil menggunakan media sosial untuk merekrut pelamar. Perekrutan di media sosial mengandung risiko. Sebagai contoh, bercakap-cakapdengan seseorang yang profil Facebooknya mengungkapkan latar belakang etnis dapatmemaparkan pemberi kerja pada tuntutan diskriminasi jika pelamar tersebut tidak dipekerjakan. Sesuai kondisi permasalahan yang ada maka kegiatan pembangunan diarahkan agar para pengusaha:

  1. Mempunyai wawasan dan jiwa wiraswasta yang ulet, patriotik (cinta produk dalam negeri), dan profesional.
  2. Mampu mengidentifikasi, mengembangkan ataupun memanfaatkan peluang usaha.
  3. Mampu mendayagunakan sumber daya produktif dan mengakses pasar (lokal, dalam negeri maupun ekspor).
  4. Mempunyai kemampuan manajemen usaha, keahlian dan kemahiran teknis/teknologis.
  5. Mampu membangun daya saing (berwawasan efisiensi, produktivitas dan mutu, proaktif, kreatif dan inovatif).

Tahap awal dari manajemen ini adalah perencanaan dimana UKM ini memerlukan pekerja dalam jumlah kecil atau banyak. Perencanaan tentang tenaga kerja ini terdiri dari berapa banyak pekerja yang dibutuhkan, apa saja yang akan mereka kerjakan atau pekerjaan apa yang akan mereka kuasai, struktur organisasi dalam perusahaan yang akan dibangun dan juga segala hal yang menyangkut ketenagakerjaan. Perlunya rekruitment karyawan sesuai dengan kebutuhan akan memperkecil biaya operasional perusahaan. Karena pekerja yang dipilih sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan sehingga biaya perusahaan bisa ditekan seminimal mungkin. Manajemen SDM ini difungsikan bukan hanya untuk jangka pendek namun jangka panjang pun perencanaan untuk rekruitment karyawan tetap harus dipertimbangkan untuk menggantikan karyawan yang tidak produktif lagi.

Setelah UKM benar-benar mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya bisa melakukan pengembangan, pelatihan dan evaluasi hasil kerja karyawan tersebut. Manajemen SDM sangat dipengaruhi oleh kinerja karyawan dalam jangka waktu beberapa lama untuk menentukan baik tidaknya pekerjaan mereka. Sebelum mereka bekerja, mereka harus mendapatkan pelatihan tentang apa yang akan mereka kerjakan. Baik bagi pimpinan perusahaan maupun karyawan manajemen SDM untuk UMK ini sangat bermanfaat ketika banyak persaingan usaha kecil dan menengah.

Kesimpulan

Semua aspek yang menyangkut karyawan harus dipahami dengan cermat. Setelah beberapa periode penilaian karyawan sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana kinerja mereka. Manajemen SDM untuk UKM ini sangat berpengaruh terhadap potensi perusahaan yang akan dijalankan atau sedang dijalankan. Bila manajemen tertata dengan baik tentu saja apa yang diharapkan akan tercapai. Usaha kecil dan menengah bukan hanya memerlukan skill saja namun perencanaan atau manajemen bagi SDM juga sangat berpengaruh. Melihat dari banyaknya UKM yang didirikan saat ini tentu saja harus ada perencanaan bisnis dan pengelolaan yang tepat.

Daftar Pustaka

Atmaja, Hanung Eka & Shinta Ratnawati. (2018). Pentingnya Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah. Riset Ekonomi Manajemen. DOI: http://dx.doi.org/10.31002/rn.v2i1.818 . Online.

Daris, Ryan Muhammad & Yesica Yulian. (2017). Mengelola Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan Kecil dan Wirausaha. Universitas Diponegoro. Semarang.

Wiranatha, Gustu. (2016). Mengelola Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan Kecil dan Kewirausaha. Online.

Modul Kewirausahaan 3. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.