November 02, 2022

Pentingnya Pelatihan Dan Pengembangan SDM Pada Perusahaan

 


Abstrak

Pelatihan dan pengembangan sangat penting karena tuntuntan dari dunia organisasi yang sangat kompleks, sehingga memaksa sebuah organisasi untuk melakukan pelatihan dan pengembangan agar karyawan mampu bekerja secara sesuai dengan harapan organisasi. Meskipun banyak yang baru karyawan adalah lulusan universitas tetapi pada kenyataannya banyak dari karyawan yang masih bingung dengan apa yang harus mereka lakukan. Selain itu, pemerataan kapasitas juga bagian dari tujuan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu bentuk upaya pengembangan kualitas SDM kemampuan sumber daya manusia melalui berbagai proses perencanaan metode pendidikan, pelatihan, dan pengelolaan personel atau pegawai untuk mencapai hasil yang memuaskan

Pendahuluan

Pada era keterbukaan, dunia industri menghadapi tantangan yang berat karena dituntut untuk dapat bersaing baik secara regional, nasional maupun internasional. Disamping itu perkembangan teknologi maupun sistem informasi, perkembangan lintas budaya, perubahan peta perekonomian internasional, iklim sosial dan politik menambah kompleknya permasalahan yang harus dihadapi oleh organisasi atau dunia usaha. Sumber daya manusia adalah aset terpenting dalam sebuah perusahaan , hal ini karena perannya yang sentral. Oleh karena itu perlu ada perhatian lebih terhadap SDM agar semua elemen sistem yang terdapat dalam sebuah perusahaan berjalan dengan baik. Perusahaan dapat melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Agar prestasi para karyawan lebih baik dan kualitasnya juga membaik untuk mendapatkan prestasi. Dengan kualitas kinerja karyawan yang baik maka karyawan akan semakin ahli dan terampil dalam pekerjaannya. Pelatihan dan pengembangan, juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi tenaga dan waktu. Pelatihan serta pengembangan SDM yang tepat sasaran akan memberikan efek yang baik terhadap karyawan

Pembahasan

Pengertian Pengembangan SDM

Pengembangan SDM dapat didefinisikan sebagai seperangkat aktivitas yang sistematis dan terencana yang dirancang dalam memfasilitasi para pegawainya dengan kecakapan yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, baik pada saat ini maupun masa yang akan datang (Harrish and Desimone, 1998:2).

Pengembangan SDM berkaitan dengan tersedianya kesempatan dan pengembangan belajar, membuat program-program training yang meliputi perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi atas program-program tersebut (Armstrong, 1997:504)

Tujuan Pengembangan SDM

Menurut (Tohardi, 2008 : 70) tujuan pengembangan adalah:

a. Produktivitas. Dengan pengembangan, produktivitas kerja karyawan akan meningkat, kualitas dan kuantitas produksi akan semakin baik, karena technical skill, human skilldan managerial skill karyawan akan semakin baik.

b. Efisiensi. Pengembangan karyawan untuk meningkatkan efisiensi sumber daya manusia, waktu, bahan baku dan mengurangi ausnya mesin-mesin. Pemborosan berkurang, biaya produksi relatif kecil sehingga daya saing perusahaan semakin kecil.

c. Kerusakan. Pengembangan karyawan bertujuan untuk mengurangi kerusakan barang, produksi dan mesin-mesin karena karyawan semakin ahli dan terampil dalam melaksanakan pekerjaannya.

d. Kecelakaan. Pengembangan bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan karyawan, sehingga jumlah biaya pengobatan yang keluarkan perusahaan berkurang.

e. Pelayanan. Pengembangan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari karyawan kepada nasabah perusahaan, karena pemberian pelayanan yang lebih baik merupakan daya penarik yang sangat penting bagi rekananrekanan perusahaan bersangkutan.

f. Moral. Dengan pengembangan, moral karyawan akan lebih baik karena keahlian dan keterampilannya sesuai dengan pekerjaannya sehingga merek antusias menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

g. Karier. Dengan pengembangan, kesempatan untuk meningkatkan karier karyawan semakin besar, karena keahlian, keterampilan dan prestasi kerjanya lebih baik, promosi ilmiah biasanya didasarkan kepada keahlian dan prestasi kerja seseorang.

h. Konseptual. Dengan pengembangan, manajer akan semakin cakap dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik, karena technical skill, human skill dan managerial skill nya lebih baik.

i. Kepemimpinan. Dengan pengembangan, kepemimpinan seorang manajer akan lebih baik, human relationsnya lebih luas, motivasi lebih terarah sehingga pembinaan kerja sama vertikal dan horizontal semakin harmonis.

j. Balas Jasa. Dengan pengembangan, balas jasa (gaji, upah, intensif dan benefit) karyawan akan meningkat karena prestasi kerja mereka semakin besar.

k. Konsumen. Pengembangan karyawan akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat konsumen karena mereka akan memperoleh barang atau pelayanan yang lebih bermutu.

Pentingnya Pengembangan SDM

Pengembangan SDM semakin penting manfaatnya karena tuntutan jabatan dari suatu pekerjaan, apalagi dengan kemajuan tegnologi yang begitu cepat serta semakin ketatnya persaingan antar perusahaan sejenis. Setiap sumber daya manusia yang ada di dalam suatu perusahaan (dunia kerja) dituntut agar bekerja efektif, efisien kualitas dan kuantitas pekerjaannya baik sehingga daya saing perusahaan semakin besar. Pengembangan ini dilakukan untuk tujuan nonkarier maupun karier bagi sumber daya manusia melalui latihan dan pendidikan

Kesimpulan

Pelatihan dan pengembangan sangat penting karena tuntuntan dari dunia organisasi yang sangat kompleks, sehingga memaksa sebuah organisasi melakukan pelatihan serta pengembangan agar para karyawan mampu bekerja sesuai dengan harapan organisasi. Meskipun banyak karyawan baru yang lulusan universitas namun faktanya banyak dari para karyawan masih bingung dengan apa yang harus mereka kerjakan. Selain itu penyetaraan kemampuan juga menjadi bagian dari tujuan pelatihan dan pengembangan SDM. Terdapat dua jenis pengembangan SDM, yaitu pengembangan secara formal dan secara informal. Kedua jenis pengembangan SDM tersebut dalam kenyataannya tidak bersifat dikotomis, melainkan saling melengkapi sebagai suatu upaya peningkatan kualitas SDM.

Daftar Pustaka

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Sutrisno, H. E. (2008). Pengaruh Pengembangan SDM dan Kepribadian Terhadap Kompetensi dan Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Barata Indonesia di Gresik. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 12(4), 455-473.

Satar, M. (2002). Pengembangan SDM Indonesia Unggul Menghadapi Masyarakat Kompetitif Era Globalisasi. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 18(4), 429-442.

Pratama, M. R. P. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM terhadap Prestasi Kerja pada PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper Unit Chemical Plant. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 45-53.

Tufa, N. (2018). Pentingnya Pengembangan SDM. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2).

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.