November 27, 2022

Pentingnya Wajib Pajak didalam Sebuah Perusahaan

 Gavina Tamara 46119010019

V37-GAVINA

“Pentingnya Wajib Pajak didalam Sebuah Perusahaan”

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang terbesar. Dimana 76,94% dari total pendapatan negara berasal dari pendapatan pajak. Hal ini terlihat dari pendapatan berkisar 1.793,6 triliun rupiah dalam APBN 2015. Penerimaan tersebut guna untuk mendukung melaksanakan kegiatan pembangunan nasional agar dapat berjalan dengan baik demi kesejahtertaan kehidupan seluruh rakyat Indonesia. Karena pajak sangat besar bagi negara, pemerintah berupaya meningkatkan penerimaan dari sektor pajak. 

• Manfaat Pajak 

Manfaat membayar Pajak juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola setiap keuangannya. Dengan kita membayar Pajak kita akan belajar mengelola keuangan dari hasil bisnis kita dan dapat juga mendorong perusahaan dalam menyusun laporan keuangan bagi setiap perusahan.

• Usaha pengurangan untuk mengheemat pajak misal dengan penggelapan pajak  (tax avoidance) penggelapan pajak (tax evasion) merupakan usaha yang dilakukan perusahaan untuk mengurangi pjak dengan melanggar peraturan yang berlaku. 

• Penghindaran pajak 

Tindakan penghindaran ini merupakan suatu perlawanan terhadap pajak untuk meminimumkan pajak dapat dilalukan dengan berbagai cara misal tax avoidance dan tax evasion. Menurut Mardiasmo dalam Prakoso (2004), penghindaran pajak merupakan suatu usaha untuk meringankan beban pajak yang tidak melanggar undang undang yang ada.

• Menurut Amirruddin Idris penerimaan perpajakan berasal dari pajak dalam negri dan pajak perdagangan internasional. Adapun yang termasuk pajak dalam negri:

- Pajak Penghasilan (PPh) 

- Pajak Pertambahan Nilai

- Pajak Penjualan Atas Barang Mewah

- Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

- Cukai dan pajak lainya

Sedangkan yang termasuk pajak Internasional:

- Bca masuk

- Pajak/ restribusi Ekspor

• Kebutuhan Wajib Pajak Badan

Menurut Riza Salman dan Heru Tjaraka wajib pajak adalah prilaku wajib pajak yang masuk dan melaporkan pda waktunya informasi yang diperlukan, mengisi jumlh pajak yang terutang dengan benar. Serta membayar pajak tepat waktu tanp paksaan (Salman&Tjaraka 2019). Dengan demikian wajib pajak merupakan sikap wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban sesuai dengan waktu yang ditentukan.


Referensi:

Puspita, Febrianti (Juni. 2017) Faktor yang Mempengaruhi Penghundaran Pajak Pada Perusahaan Manufuktur di Bursa Efek Indonesia Jurnal Bisnis dan Akuntansi 19,38-46

Setiowati, Fauzi ,Sumiati (2020) Pengaruh Kebutuhan Wajib Pajak Perusahaan dan Audit Pajak Terhadap Pendapatan Pajak Penghasilan Perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.