November 01, 2022

Peran People Management Dalam Mengelola Lini Dalam Perusahaan

Oleh: Vanie Cahyani Rachmanindya (@V29-VANIE)

PENDAHULUAN

            People management merupakan salah satu yang terpenting dan akan menjadi dasar bagi Anda dalam mengemban tugas-tugas yang diberikan perusahaan. People management adalah kemampuan untuk memberikan motivasi, mengatur dan mengarahkan para karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya, sehingga produktivitas kerja mereka bisa meningkat. Selain itu, people management juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan karyawan dalam kapasitas profesional. Skill yang satu ini penting dan wajib dikuasai dengan baik oleh pemimpin maupun manajer perusahaan. Kemampuan people management yang baik dari seorang manajer akan membuat karyawan lebih nyaman dan loyal dalam bekerja. Mereka akan mendapatkan motivasi yang positif dan juga penanganan yang baik terhadap berbagai masalah di dalam pekerjaan, jika berada di tangan manajer yang memiliki kemampuan people management yang mumpuni.

PEMBAHASAN

Keterampilan Yang Dibutuhkan Dalam People Management    

People management adalah kemampuan untuk memotivasi, mengatur, dan mengarahkan karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan secara profesional.Bagi seorang pemimpin atau manajer, skill ini wajib dikuasai dengan baik. Di dalam penerapan people management dibutuhkan beberapa soft skill yang berbeda, antara lain:
1. Komunikasi

Komunikasi selalu menjadi hal penting di dalam sebuah hubungan kerja, baik itu antara atasan dengan bawahan maupun pekerja dengan jabatan yang setara.
2. Active listening

Bukan hanya memberikan arahan dan berbagai informasi penting lainnya, seorang manajer juga harus terbiasa mendengar. 

3. Manajemen konflik
Bagi seorang manajer, mengatasi berbagai konflik seperti ini akan menjadi salah satu tugas penting. Manajer harus bisa menjadi penengah dan sesekali menjadi pengambil keputusan di dalam konflik yang terjadi.
4.  Kolaborasi

Kemampuan berkolaborasi juga menjadi hal yang sangat penting, apalagi jika menjadi manajer yang menangani beberapa tugas yang berbeda. 

5. Fleksibel

Manajer juga harus bisa bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang berbeda. 

 

Penerapan People Management untuk Perusahaan
-Dengar dan Pahami Umpan Balik dari Karyawan
Seperti diketahui, manajer yang baik adalah seorang pendengar aktif. Ketika karyawan memberikan umpan balik, seorang manajer akan mendengarkannya terlebih dahulu tanpamemotong pembicaraannya.

-Mampu Memisahkan Masalah Pribadi dan Organisasi
Tak bisa dipungkiri, setiap manusia tentu menghadapi masalah masing-masing. Namun,seorang manajer harus mampu bersikap profesional. Sosok ini harus bisa memisahkan masalah yang dialami pribadi dan organisasi.

-Pahami Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan
Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan pasti memiliki tingkat kepuasan. Untuk mengetahuinya, perusahaan dapat membuat survey terkait.

KESIMPULAN
Menguasai people management merupakan kebutuhan tersendiri bagi yang ingin meniti karir sebagai manager. Keterampilan manajemen orang adalah salah satu kunci bagi seorang manajer untuk mengerti bagaimana karyawannya bekerja dalam suatu perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

https://www.cermati.com/artikel/pengertian-people-management-dan-cara-meningkatkannya

https://glints.com/id/lowongan/people-management/#.Y2EPtXZBxqw

https://www.linovhr.com/people-management/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.