Desember 06, 2022

Pentingnya Brand Identity Terhadap Kewirausahaan

 Gavina Tamara

46119010019

V37-GAVINA


Pentingnya Brand Identity Terhadap Kewirausahaan

Didalam konsep marketing brand memiliki nilai yang sangat besar dan melebihi functional benefit yang ditawarkan brand kepada konsumennya.Jadi di dalam sebuah brand terdapat value-value tertentu yang bisa membuat orang loyal terhadap brand tersebut.Value-value itu timbul dan dipahami konsumen karena ada pergerakan yang dilakukan oleh setiap brand di mana pergerakan tersebut berdampak positif bagi banyak orang. 

Brand identity membutuhkan keputusan lebih lanjut mengenai nama,logo,warna,tagline, dan simbol sebuah merek (Kotler,2003). Aaker dan Joachimsthaler dalam Ghodeswar (2008) menyatakan identitas merek merepresentasikan bagaimana sebuah organisasi ingin menunjukkan merek mereka kepada konsumen.

Brand Identity merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan janji kepada konsumen. Agar menjadi efektif, identitas merek perlu beresonansi dengan konsumen, membedakan merek dari pesaing, dan mewakili apa yang dapat dan akan dilakukan oleh sebuah organisasi dari waktu ke waktu (Ghodeswar,2008).Gelder (2005) menyebutkan brand identity adalah suatu kumpulan dari aspek-aspek yang bertujuan untuk menyampaikan merek: latar belakang merek,prinsip-prinsip merek, tujuan dari ambisi merek itu sendiri.

Elemen brand adalah upaya visual bahkan kadangkala fisik yang bertindak mengidentifikasi dan mendeferensiasi suatu produk atau jasa perusahaan. Elemen brand formal di antaranya nama,jenis logo, dan slogan bersatu membentuk identitas visual suatu brand atau perusahaan (Kotler & Pfoertsch,2008).

Brand identity sangat dibutuhkan brand identity yang berguna untuk memperkuat karakter dan membantu masyarakat agar lebih mudah mengenali CNTG. Brand identity merupakan suatu konsep yang menjadi dasar dari teori sebuah brand, jika diibaratkan, brand identity adalah nyawa dari sebuah brand. Brand identity memiliki peranan yang sangat penting, selain sebagai identitas suatu produk/jasa.


Referensi: 

Hutomo, Aji & Hatane. S (2020,Mei)ANALISA PENGARUH BRAND IDENTITY TERHADAP BRAND AWARENESS DAN BRAND SATISFACTION BROTHERWOOD DECORATION SURABAYA, Jurnal Manajemen Pemasaran, 121-131

Wirawan, Pratiwi & Setia.U (2019, Januari). PERANCANGAN BRAND IDENTITY BAND COOL AND THE GANG, Jurnal Imajinasi, 13, 58-68

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.