Maret 12, 2023

KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Nama: Nela anandita
Nim: 46122010074


 KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Konsep kewirausahaan merupakan konsep yang harus dipahami oleh para wirausaha agar dapat menjalankan usahanya dengan baik. Pengusaha harus memiliki dan menerapkan konsep ini untuk mencapai tujuan.

Konsep kewirausahaan memiliki beberapa hal yang harus dipahami mulai dari pengertian, konsep yang digunakan, tujuan dan jenisnya. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang konsep kewirausahaan yang harus diketahui oleh para pengusaha. 

Dalam ekonomi digital saat ini, kewirausahaan adalah salah satu istilah yang paling akrab. Praktek wirausaha dipraktikkan oleh banyak orang saat ini.

Secara sederhana, kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, berinovasi dan melihat peluang untuk masa depan.

Banyak ahli telah memberikan definisi mereka tentang istilah kewirausahaan. Dari buku Dasar-Dasar Kewirausahaan karya Ojat Darojat dan Sri Sumiyati, berikut beberapa definisi para ahli tentang kewirausahaan: 

·       Menurut Robert C. Ronstadt, kewirausahaan adalah suatu proses yang dinamis untuk meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan ini diciptakan oleh individu-individu yang bersedia mengambil risiko, atas kekayaan, waktu, dan/atau karier dalam menyediakan nilai (sesuatu yang bernilai) pada barang atau jasa.

·       Menurut Peggy A. Lambing & Charles R. Kuehl, kewirausahaan adalah suatu usaha yang kreatif yang membangun suatu nilai dari yang belum ada menjadi ada dan bisa dinikmati oleh orang banyak

·       Menurut Thomas Zimmerer, kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memenuhi kebutuhan dan peluang di pasar.

Konsep Kewirausahaan adalah suatu kemampuan kreatif dan inovatif yang dilandasi dengan terciptanya sesuatu yang baru dan berbeda dengan pemikiran kreatif dan tindakan inovatif untuk menciptakan peluang usaha.

Ada beberapa hal dalam berwirausaha yang harus dipahami dan dimiliki oleh seorang wirausahawan. Ini adalah konsep dasar kewirausahaan.

KONSEP DASAR KEWIRAUSAAN

1. Peluang

Peluang bisnis adalah peluang yang dimiliki oleh siapa saja yang memiliki pikiran kreatif untuk memulai bisnis. Dengan bantuan peluang, seorang wirausahawan tentu dapat terlibat dalam banyak jenis kewirausahaan. Orang dapat memanfaatkan peluang bisnis untuk mencapai tujuan dengan melakukan bisnis yang menggunakan berbagai sumber daya yang dimilikinya 

2. Kemampuan Menanggapi Peluang

Kewirausahaan erat kaitannya dengan kemampuan atau kesanggupan dalam menanggapi peluang usaha. Kemampuan merespon peluang adalah kemampuan seseorang untuk menanggapi peluang bisnis yang ada dan menanggapi tindakan. Tindakan tersebut kemudian mengarah pada bisnis baru yang produktif, inovatif dan tanggap terhadap peluang bisnis yang ada.  

TUJUAN DI TERAPKAN KONSEP KEWIRAUSAHAAN

1. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas

2. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan.

3.Membiasakan dan membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan wirausaha di kalangan masyarakat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

4.Menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat kepada masyarakat.



SIFAT KEWIRAUSAHAAN

Sifat kewirausahaan adalah konsep yang mencerminkan kewirausahaan. Sifat-sifat yang harus di miliki oleh wirausaha agar wirausaha dapat menjalankan kewirausahaannya dengan baik.

1. Berani mengambil risiko

Mengambil risiko, dalam konsep kewirausahaan, merupakan perilaku yang berkaitan dengan keyakinan dalam pengambilan keputusan. Pengambilan risiko didasarkan pada pemikiran dan hasil analitis yang kuat, serta kreativitas dan inovasi, yang membuat pengusaha agar lebih stabil dalam pengambilan keputusan. 

2. Dapat berkomitmen dan berkemauan keras

Motivasi dan kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan adalah karakteristik yang paling penting dari seorang pengusaha. Berkat sifat-sifat tersebut, wirausaha mendedikasikan dirinya sepenuhnya pada bisnis yang digelutinya. 

3. Berintregritas dan dapat dipercaya

Berintregritas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh pemilik bisnis karena merupakan nilai penting untuk membangun dan menjaga kepercayaan semua pelanggan. Kejujuran dan amanah dapat dibangun dengan sikap bertanggung jawab dan jujur ​​dalam menunaikan tugas. 

 

4. Percaya Diri

Percaya diri adalah sikap mengetahui diri sendiri, serta meyakini potensi yang dimiliki, dan mengetahui dengan jelas tujuan tujuan serta kebutuhan dan cara untuk mencapainya.

5. Kemampuan berkerja sama

keinginan untuk bekerja dengan tim yang kuat; dan keinginan untuk mengenali kekuatan dan kelemahan orang lain dan mencoba mengarahkan fokus mereka untuk mencapai tujuan kelompok dalam pemecahan masalah. 

 

Daftar pustaka

Dr. Muhamad Toyib Daulay SE, M. A. Kewirausahaan dari Industry 4.0 Menuju Society 5.0.

Dr. Muhamad Toyib Daulay SE, M., & Annisa Sanny SE, M. (2021). Kewirausahaan dari Industry 4.0 Menuju Society 5.0. Indonesia: Cattleya Darmaya Fortuna.

Muh, N. E. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan . Indonesia: Penerbit Andi.

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar