Maret 12, 2023

PERILAKU BERWIRAUSAHA

 

                           PERILAKU BERWIRAUSAHA

Oleh : Putri Haniffah
Kode Bisnis : @AB27- Putri
NIM : 46122010087


PERILAKU BERWIRAUSAHA

 

Sebelumnya kita akan membahas, apa sih kewirausahaan itu? Kewirausahaan adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan sebuah produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.

 

Sejarah Kewirausahaan

Wirausaha sudah dikenal oleh Richard Castillon pada tahun 1755. Di Indonesia lebih tepatnya baru mengenal wirausaha pada abad 20. Pendidikan kewirausahaan mulai dirintis sejak 1950-an di beberapa negara seperti Eropa, Amerika, dan Kanada. Bahkan sejak 1970-an banyak universitas yang mengajarkan kewirausahaan atau manajemen usaha kecil. Sedangkan di Indonesia, kewirausahaan dibatasi pembelajrannya (hanya beberapa sekolah).

 

Tujuan Berwirausaha

Lantas apa sebenarnya tujuan dalam berwirausaha sendiri? Menurut saya ada beberapa tujuan kewirausahaan, antara lain sebagai berikut :

1.     Mengembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan terhadap siswa dan juga masyarakat.

2.     Menghasilkan kemampuan dan kemantapan wirausaha untuk menghasilkan dan kesejahteraan masyrakat.

3.     Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.

 

Karakteristik Wirausaha

Ada berbagai macam karakterik wirausaha yang dikemukakan oleh para tokoh-tokoh terkemuka. Oleh karena itu saya akan menjabarkan karakteristik kewirausahaan pada satu tokoh, yakni Karakteristik Kewirausahaan Menurut Mc. Celand. Ada 9 karakteristik yang dapat dipelajari yaitu :

1.     Bertanggung jawab

2.     Mempunyai keinginan kuat untuk berprestasi

3.     Aktivitas energik

4.     Orientasi masa depan

5.     Sikap tentang uang

6.     Keterampilan dalam perorganisasian

7.     Rangsangan oleh umpan bai

8.     Persepsi atau keinginan kepada kemungkinan hasil

9.     Prefensi atau peduli terhadap risiko-risiko menengah

 

Kualitas Wirausaha

Setelah melihat karakteristik wirausaha selanjutnya bagaimana sih kualitas wirausaha yang baik agar dapat mengoptimalkan pekerjaannya dalam berwirausaha? Disini saya akan menjabarkan 5 kualitas wirausaha dalam kewirausahaan. Di antara lain, sebagai berikut :

1.     Memiliki keahlian mencapai kemajuan

2.     Mampu memajukan taraf hidup diri, keluarga dan pembangunan bangsa

3.     Mempunyai visi dan misi

4.     Menumbuhkan dan mempertajam kiat sukses

5.     Kemampuan merencanakan usaha dan karir

 

Wirausaha Yang Berhasil

Lalu bagaimana dengan kuantitas dari wirausaha yang berhasil? Ada beberapa faktor yang dapat dikaji dan ditekuni jika ingin berhasil dalam berwirausaha. Salah satunya adalah :

1.     Semangat yang menyala-nyala, berani dan bertanggung jawab

2.     Terampil dalam berfikir dan ulet dalam arti analisis harus tepat, sistematis dan metodologis

3.     Mampu mengorganisasi diri sendiri, bawahan, dan teman sekerja lainnya

4.     Mampu bergaul dan luwes dalam pergaulan masyarakat

5.     Mengutamakan keberhasilan yang menguntungkan

6.     Tidak konsumtif, tidak boros dan dapat berhemat

 

9 PERILAKU DALAM BERWIRAUSAHA

Sebelumnya kita sudah membahas karakteristik, kualitas, dan wirausaha yang berhasil. Selanjutnya akan kita bahas 9 perilaku dalam berwirausaha yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Menurut Imam Santoso Sukardi (1991) bahwa ada sembilan perilaku wirausaha yang dilihat secara umum, dan berikut ini adalah penjelasannya : 

 

1.     Perilaku Seorang Wirausaha – Instrumental

Perilaku seorang wirausaha yang pertama menurut Imam Santoso Sukardi adalah perilaku intrumental, maksud dari perilaku instrumental adalah perilaku yang selalu memanfaatkan segala sesuatu yang ada dilingkungannya untuk membantu dirinya mencapai tujuan yang hendak dicapainya dalam berwirausaha.

 

Jadi seorang wirausaha yang berperilaku instrumental harus mencari sesuatu agar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan usahanya. Dengan kata lain segala sesuatu harus bermanfaat agar tujuan dalam berwirausaha dapat tercapai.

 

2.     Perilaku seorang wirausaha – Prestatif

Maksud dari perilaku prestatif adalah suatu perilaku yang menunjukkan bahwa seorang wirausaha dalam berbagai situasi selalu tampil lebih baik, lebih efektif dari pada yang sebelumnya. Dengan kata lain bahwa wirausahanya akan semakin berkembang.  

 

3.     Perilaku seorang wirausaha – Keluwesan bergaul

perilaku yang selalu berusaha untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar dengan cepat dan baik.

 

Yang artinya sebagai wirausaha kita harus berinteraksi dengan masyarakat agar kita mendapatkan feedback yang bagus dalam berwirausaha.

 

4.      Perilaku seorang wirausaha – Kerja keras

kerja keras adalah perilaku yang tidak mudah menyerah, tidak mudah mengeluh dan melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan sampai selesai.

 

Karena kalau kita tidak bekerja keras, nantinya semangat dan komitmen yang dibangun akan cepat jatuh juga sehingga tidak akan efektif nantinya.

 

5.     Perilaku seorang wirausaha – keyakinan diri

Bisa dilihat keyakinan diri artinya itu adalah percaya diri terhadap apa yang mau dilakukan atau perbuat. Kalau dalam diri wirausaha tidak ada hal tersebut, kita tidak akan bisa berinteraksi dan memaerkan hasil usaha secara maksimal.

 

6.     Perilaku seorang wirausaha – pengambilan risiko

Artinya adalah berani mengambil resiko. Setiap perbuatan pasti ada resiko yang dapat kita tanggung bukan? Oleh karena itu kita harus bisa berani mengambil resiko. Karena kalau kita ragu atau takut, kita tidak akan bekerja dengan baik nantinya (kalau terjadi sesuatu).

 

7.     Perilaku seorang wirausaha – swa-kendali (personal control / pengendalian diri)

Seperti pada judulnya kendali. Artinya kita sebagai wirausaha harus ada pengendalian diri seperti kapan dia harus bekerja keras atau kapan kita meminta bantuan orang lain dan kapan harus mengubah strategi dalam bekerja.

 

8.     Perilaku seorang wirausaha – inovatif

Inovatif disini itu berarti seorang wirausaha harus dapat berkembang dengan melakukan pengembangan atau membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain.

 

9.     Perilaku seorang wirausaha – Kemandirian

Wirausaha itu harus mandiri. Karena segala perbuatan dan tanggung jawab itu adalah hal pribadi. Yang artinya kita tidak bisa bergantung terus-terusan atau meminta tolong terus-terusan Karena hasil jerih payah sendiri ada;ah milik sendiri.

 

 

                                                                          MIND – MAP 




Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan pada artikel pertama saya yaitu perilaku berwirausaha. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran jikalau ingin menjadi wirausaha yang berhasil.

  

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

1.     (https://www.ekonomi-holic.com/2012/11/kewirausahaan-definisi-peran_17.html)

Di lansir oleh Ekonomi Holic Pendidikan bisnis 2012 dan di akses pada tanggal 11 Maret 2023, pukul 19.10

 

2.     (https://tirto.id/pengertian-kewirausahaan-serta-manfaat-karakteristik-dimensinya-gka2)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 6 Okt 2021 19:25 WIB dan di akses pada tanggal 11 Maret 2023, pukul 19.20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar