Maret 13, 2023

LANGKAH AWAL KEBERHASILAN KEWIRAUSAHAAN



NAMA : MUHAMMAD AKMAL BAIHAQI

NIM     : 44122010108

MIND MAP

Abstrak
    Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Sejalan dengan perkembangan dan tantangan seperti kurangnya pengetahuan serta pemahaman mengenai kewirausahaan itu sendiri, dan bagaimana langkah yang harus dimulai untuk membangun kewirausahaan.

Pendahuluan
    Suherman (2010: 6) meguraikan pengertian kewirausahaan yaitu semangat, perilaku, sikap serta kemampuan orang dalam mengelola suatu usaha atau aktivitas yang mengarah pada usaha mencari, mencipta, mewujudkan cara kerja, dan produksi baru dengan seefisien mungkin, pelayanan yang lebih baik, serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kehwirausahaan itu merupakan kemampuan seseorang dalam berusaha untuk mewujudkan cara kerja maupun produksi sesuatu untuk mendapatkan keuntungan yang banyak pastinya.
    Lalu, (Ronstadt, 1984) memaparkan “Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan kekayaan tambahan. Kekayaan ini diciptakan oleh individu yang menanggung risiko utama dalam hal kesetaraan, waktu, dan atau komitmen karier untuk memberikan nilai bagi beberapa produk atau layanan. Produk atau layanan itu sendiri mungkin atau mungkin bukan baru atau unik tetapi nilainya harus disuntikkan oleh pengusaha dengan mengamankan dan mengalokasikan keterampilan dan sumber daya yang diperlukan" yang maksudnya kewirausahaan adalah sebuah usaha untuk menciptakan pendapatan/kekayaan tambahan dari produk atau jasa sesuai sumber daya wirausaha itu sendiri untuk ditawarkan atau diperjual belikan.

Pembahasan
    Landasan atau langkah berwirausaha pasti dapat menuntun seseorang untuk berhasil dalam proses kewirausahaan, seperti yang dikemukakan oleh Murphy dan Peck, sebagai berikut:
A. Mau Bekerja Keras (Capasity of Hardwork)
Hal mustahil jika kita seseorang ingin sukses tanpa bekerja keras, untuk itu langkah pertama ini dimulai untuk membangun karakter kewirausahaan yang terus berjuang dan berkorban.

B. Mau Bekerja Sama dengan Orang Lain (Getting Things Done with Trough People)
Manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, jika ber wirausaha dengan tim, kita harus mau bekerja sama demi mencapai tujuan dan keberhasilan bersama.

C. Penampilan yang Baik (Good Appreance)
Penampilan baik yang dimaksud disini ialah tata busana yang rapih, murah senyum, berperilaku sopan. Karna dengan seperti itu seseorang akan mudah disenangi dimanapun dia berada.

D. Yakin dan Percaya Diri (Self Confidence)
Untuk memulai segala sesuatu pasti diperlukan keyakinan dan percaya diri, sama hal nya dengan membangun kewirausahaan, kita harus meyakinkan diri serta tim yang bergabung untuk yakin bahwa kita percaya dan bisa untuk melakukan hal tersebut.

E. Bijak dalam Membuat Keputusan (Making Sound Decision)
Sebagai kewirausahaan kita diharuskan memutuskan suatu hal, sebelum itu pastikan kita mengumpulkan berbagai macam data guna memilih keputusan yang tepat untuk usaha kita.

F. Mau untuk Belajar dan Menambah Pengetahuan (College Education)
Dalam menjalankan usaha, kita harus mengetahui potensi maupun resiko yang dapat dihadapi, oleh karena itu seorang kewirausahaan wajib untuk selalu belajar dan menambah pengetahuan bisa lewat pengalaman atau praktik lapangan yang kita lakukan.

G. Memiliki Ambisi untuk Maju (Ambition Drive)
Seseorang wirausahawan harus memiliki ambisi. Dimana, kita pasti akan merasakan naik turunnya cobaan serta tantangan, kita harus mengahapinya dengan berbekal ambisi ingin maju dipastikan seorang kewirausahaan dapat melewatinya.

H. Pandai dalam Berkomunikasi (Ability to Communication)
Untuk sukses menjalankan bisnis, kita diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, guna mendapatkan timbal balik yang baik dari konsumen maupun calon investor yang ingin bekerja sama.

Kesimpulan
    Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Dengan memiliki landasan atau langkah awal dalam keberhasilan kewirauhaan, diharapkan sorang kewirausahaan memiliki sikap Mau Bekerja Keras, Bekerja Sama dengan Orang Lain, mamiliki Penampilan yang Baik, Percaya Diri, Bijak, Mau untuk Belajar, Memiliki Ambisi untuk Maju, serta Pandai dalam Berkomunikasi.

Daftar Pustaka
Sahetapy, Willyan dkk. 2023. Buku Ajar Kewirausahaan untuk Mahasiswa Kebidanan. Jawa Tengah:Penerbit NEM

Purnomo, Agung dkk. 2020. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Bisnis. Yayasan Kita Menulis

Liswati. 2021. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar