Maret 14, 2023

Peluang Berbisnis Melalui Sosial Media Bagi Mahasiswa

 

      Oleh: Alliya Rahma Ayu Pramudya (@AB32-Alliya)


Abstrak

Kemajuan teknologi pada era global sekarang, banyak membawa perubahan yang telah tejadi. Perubahan yang paling mendasar adalah dalam bidang bisnis seiring dengan perkembangan internet yang malah semakin pesat, semakin maraknya penggunaan internet semakin maraknya juga penjualan dan perdangan online. Masa pandemi juga membawa pengaruh dalam bidang bisnis online, semua kalangan dari tua hingga muda memiliki minat yang cukup baik untuk menjalankannya. Para mahasiswa juga memiliki ketertarikan untuk melakukan bisnis online karena memiliki peluang dan mudah nya dalam mengakses nya hanya dengan membuat sebuah akun maka kita bisa menjalankan sebuah usaha.


Pembahasan

Usaha online masa sekarang memiliki peluang yang sangat bagus, hal ini membuat para mahasiswa memiliki ketertarikan untuk menjadi wirausahaan karena biaya operasional yang lebih murah dan mempunyai waktunya lebih relatif flexsibel. Usaha online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan masa akan datang, dimana hampir semua mahasiswa menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan. Mahasiswa memanfaatkan peluang untuk memulai karena bisnis online tidaklah terlalu membutuhkan modal yang besar, cukup dengan satu unit komputer/android dan jaringan internet.
Beragam sosial media yang dapat digunakan untuk melakukan bisnis online untuk para mahasiswa: 
 
• Website
Website merupakan media online yang paling lama di gunakan untuk jual beli. Bagi orang awam pembuatan website ini biasanya di serahkan pada perusahaan atau perorangan yang menjual jasa pembuatan website. Harganya sangat variatif tergantung dengan jenis website yang di inginkan.
Bisnis online menggunakan website ini keutungannya terlihat lebih profesional namun karena pembuatan website membutuhkan biaya hal ini tidak disarankan untuk yang baru mau membuka bisnis online.
• Blog
Blog hampir mirip dengan website namun bisa kita buat secara gratis. Tampilan blog akan sangat tergantung pada kemampuan kita membuat blog. Kebanyakan toko online yang menggunakan blog tampilannya sangat cukup sederhana, hanya berupa gambar – gambar dan disusun secara vertikal. Tetapi ada juga beberapa toko online yang walaupun menggunakan blog tetapi tampilannya seperti website.
• Jejaring sosial :
Saat ini media yang paling populer untuk berbisnis online yaitu jejaring sosial. Berikut ini 3 jejaring sosial yang paling banyak digunakan untuk bisnis yaitu :

1. Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang paling banyak di gunakan orang untuk melakukan bisnis jual beli online. Jual beli di facebook dapat dilakukan melalui akun pribadi, group, maupun fasilitas fanspage (halaman) yang disediakan oleh facebook. Fanspage adalah yang paling cocok digunakan untuk jual beli dari pada 3 artenatif tersebut.. Melihat hal ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa untuk terlihat profesional dan mempermudah bisnis kita dapat membuat fanspage, namun untuk promosi secara gratis kita dapat mengikuti forum jual beli yang ada di group. Selain itu sebenarnya facebook juga menyedikan layanan promosi fanspage, namun tentu saja ini tidak bisa di gunakan secara gratis. Kita harus membayar jika ingin dipromosikan oleh facebook.
 
2. Twitter
Twitter juga jejaring sosial yang marak digunakan untuk jual beli. Namun di twitter tidak ada fasilitas khusus untuk jual beli seperti di facebook, jadi kita hanya membuat akun baik pribadi maupun bisnis kemudian menawarkan produk yang kita punya dengan menguggah fotonya.

3. Instagram
Instagram adalah jejaring sosial yang saat ini sangat diminati untuk jual beli. Hal ini dikarenakan dalam instagram sperti ada dunia tersendiri. Disini ada akun bisnis yang biasanya orang melakukan berbagai cara untuk promosi, seperti : SFS (shout out for shout out) atau istilah indonesianya seperti barter promo, jadi kita mempromosikan akun instagram atau yang sering disebut IG milik orang lain. Selain SFS personal (antar 2 akun) ada juga SFS group, ini seperti promo berjamaah, beberapa akun membuat suatu gambar kemudian diketerangan gambar tersebut diisi identitas masing – masing akun. SFS ada yang gratis ada juga yang berbayar tergantung akun yang kita ajak SFS. Selain SFS ada juga endorse, ini merupakan jenis promosi dengan cara memberikan barang jualan kita kepada selebgram (selebritis instagram) kemudian akun selebgram akan menggunakan produk kita sambil mempromosikan baik mengunggah foto di instagram dengan memberi caption promosi barang yang di endorse maupun instastory di instagram.



Ada berbagai macam forum jual beli di dunia maya, beberapa diantaranya yang populer adalah :
1. berniaga
2. bukalapak
3. tokobagus
4. tokopedia
5. Shopee
 
3. Tiktok
Platfrom tiktok saat ini menjadi salah satu akun sosial media yang sangat populer sehingga memiliki peluang yang sangat besar untuk melakukan usaha online, tiktok juga menyediakan 
Fitur jual beli yang disebut tiktok shop, fitur ini sangat memudahkan untuk melalukan promosi
Fitur ini mudah digunakan hanya dengan mendaftarkan akun di tiktok commerce. Banyak usaha online yang ramai dijual di platfrom tiktok seperti makanan ringan, skincare dan fashion.

 

Kesimpulan

Dengan adanya kemajuan teknologi memudahkan segala kalangan untuk melalukan 
Sebuah usaha terutama memudahkan para mahasiswa yang ingin belajar untuk menjadi
wirausahaan, berbagai macam platform sosial media yang mudah untuk diakses, biaya operasional relatif lebih murah dan waktunya flexsibel  menjadikan peluang  yang sangat besar untuk menjalankan bisnis online untuk para mahasiswa.

 

Daftar pusaka


Chandra Wibowo Widhianto,2022, E–Business: Teknologi Dan Peluang Bisnis Di Indonesia dalam journal The WINNERS.

Y.L.R Rehatalanit,2016, Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis, dalam journal Teknologi Industri

Andita  Candra W, 2019, Berbisnis Online Melalui Media Sosial, dalam journal pendidikan Ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar