Maret 13, 2023

PERKEMBANGAN TREND SEPATU UNTUK DI JADIKAN PELUANG BISNIS

 PERKEMBANGAN TREND SEPATU UNTUK DI JADIKAN PELUANG BISNIS

Haffidz Achmad Fiqri 46122010122

@AA48-Haffidz


*ABSTRAK*

Promosi merupakan salah satu variabel di dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Bagaimanapun berkualitasnya suatu produk, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi mereka, maka mereka tidak akan pernah membelinya. Keunggulan-keunggulan dari produk dapat diketahui oleh konsumen dan bisa membuat mereka tertarik untuk mencoba dan kemudian akan mengambil keputusan untuk membeli suatu produk tersebut. Jadi promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran karena dengan promosi bisa membuat konsumen yang semula tidak tertarik terhadap suatu produk bisa berubah fikiran dan menjadi tertarik pada produk tersebut. Sepatu adalah Salah satu Indusrti Unggulan Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki Industri Sepatu.

*PENDAHULUAN*

Sepatu menjadi salah satu unsur yang penting dalam kehidupan manusia. Sepatu tidak hanya berperan untuk melindungi kaki, tetapi sepatu juga sangat berperan dalam mendongkrak penampilan. Penampilan sepatu yang bagus dan rapih akan memberikan nilai tambah bagi si pemakai. Seseorang akan memberikan respect pada si pemakai apabila melihat penampilan yang rapih dan akan merasa nyaman dengannya.

Di Indonesia, khusunya di Jakarta rasa gengsi dan hedonisme sangat terasa, terutama pada kaula muda. Kaula muda jaman sekarang senang untuk berkumpul bersama teman-teman dan menghabiskan waktu bersama di suatu tempat yang tergolong mewah dan fancy. Fashion menjadi faktor yang sangat penting bagi kaula muda untuk dapat diterima didalam suatu lingkungan pertemanan dan menjadi suatu acuan dari status kelas sosial mana orang tersebut berasal.

Dahulu pemakaian sepatu hanya untuk formalitas saja tidak memperhatikan dari nilai estetika, namun Sejak 2 tahun terakhir ini trend masyarakat indonesia mulai berubah, khususnya generasi milenial yang mulai menyadari pentingnya sepatu dalam menunjang fashion mereka terutama sepatu berjenis sneakers dan bergaya streetwear, hal ini ditandai dengan mulai maraknya event-event pameran sepatu yang terbilang hype dan influencer yang menyuarakan sneakers menjadi trend keren.

*PEMBAHASAN*

Persaingan dalam dunia bisnis sepatu yang semakin ketat terutama persaingan yang berasal

dari perusahaan sejenis, semakin banyak pula perusahaan yang dituntut agar bergerak lebih cepat dalam hal menarik konsumen, sehingga perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran perlu mencermati perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dalam usaha pemasaran produk.

Harga dan kualitas merupakan salah satu faktor penting dalam keputusan pembelian. Seperti beberapa penelitian menegaskan bahwa harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hasil ini sejalan dengan penelitian lainnya yang menegaskan bahwa harga dalam bauran pemasaran disatu sisi menujukkan pendapatan, disisi lain menunjukkan biaya penetapan harga yang harus diperhitungkan secara matang, karena penetapan harga tidak hanya berpengaruh terhadap laba yang diterima oleh perusahaan, tetapi dalam jangka panjang sangat berpengaruh pada penjualan produk di pasar yang pada akhirnya akan berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan secara keseluruhan. Untuk saat ini mulai banyak release sepatu sepatu dengan berbagai macam model dari beberapa brand seperti NIKE, ADIDAS, CONVERSE dengan harga yang bervariasi dan dapat dikatakan seimbang dengan kualitas produk yang didapatkan konsumen. Kualitas merupakan konsep terpenting dalam menciptakan produk, produk yang berkualitas adalah produk yang diterima oleh pelanggan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk diperhatikan, dimiliki, dipakai atau dikonsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

*KESIMPULANNYA*

Mengembangkan strategi bisnis yang efektif dan meningkatkan pertumbuhan usaha, dengan membangun keunggulan bersaing, memperluas pasar, menjalin hubungan dengan pelanggan, mengadopsi teknologi baru, dan memperhatikan keuangan, perusahaan. Hal tersebut merupakan strategi bisnis yang tepat untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. Dengan strategi bisnis yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan memaksimalkan potensi keuntungan mereka.

* MIND MAPING





Tidak ada komentar:

Posting Komentar