Maret 20, 2023

START UP-Dusdusan.com

 Hanifa Zelia 46122010026

@AB20-Hanifa


Dusdusan.com merupakan industri e-commerce di Indonesia yang menyediakan beragam barang ekslusif. Dusdusan.com didirikan pada bulan Desember 2014, namun ditutup pada bulan Februari di tahun yang sama. Dibuka kembali pada Februari 2015 dengan tujuan berbeda, yaitu menumbuhkan semangat bisnis di kalangan stokis dan reseller kecil. Dusdusan.com mengoperasikan model bisnis yang fleksibel, di mana pengecer tidak harus memenuhi target tertentu atau menjual produk dalam jumlah tertentu. 

Dusdusan.com juga mendorong ibu rumah tangga dalam merintis bisnis mandiri. Tampaknya, bisnis ini juga cocok bagi kalangan remaja ataupun mahasiswa untuk bisa mencari uang tanpa harus modal besar. Dengan menjadi reseller di Dusdusan.com, kalian bisa mendapatkan kelas mentoring dan banyak relasi, loh. Siapapun dapat menjadi pengecer dan menghasilkan uang tanpa menginvestasikan uang atau waktu.

Untuk memulai bisnis kecil-kecilan tanpa mengeluarkan uang dalam jumlah besar, Anda bisa menggunakan sistem reseller online seperti dropship. Ini memungkinkan Anda untuk menjual produk secara online tanpa harus membeli atau membuat produk sendiri. Anda bisa memasarkan produk supplier Anda ke pelanggan, dan memesan dari supplier secara online saat Anda menemukan pelanggan yang berminat untuk membeli. Kemudian Anda dapat menjual barang tersebut kepada pelanggan dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli yang Anda bayarkan.

•   Apa itu sistem titip dropship?

Menurut Wikipedia, dropship adalah sebuah sistem bisnis dimana seseorang yang menjalankansistem bisnis ini melakukan penjualan barang tanpa melakukan stok barang. Sama seperti sistem reseller online pada umumnya, pelanggan memilih dan memesan produk melalui katalog atau flyer dari supplier. Jika anda ingin memesan produk ke supplier Anda bisa mengirimkan alamat rumah anda dan produk akan dikirimkan dari gudang supplier ke alamat pelanggan. Tidak perlu menyediakan modal yang besar untuk menjadi seorangreseller. Karena modal untuk membeli dan menyimpan stok barang hanya membuthkan sedikit modal yang nantinya akan dikeluarkan. Berikut adalah modal yang perlu diperhatikan dalam menjadi seorang reseller.

1. Ponsel dan koneksi internet 

Adanya kuota internet yang kita miliki kita bisa mengakses berbagai platform online, seperti Whatsapp, Instagram, Facebook dll. Selain menjadi alat untuk komunikasi dengan orang lain, handphone sudah menjadi suatu kebutuhan dan juga modal utama menjadi reseller agar bisa menjual produk secara online.

2. Biaya pendaftaran

Hanya dengan sedikit biaya di awal, Anda bisa mulai mendapatkan keuntungan secepatnya.

 3. Pemasaran

Materi promosi sudah disediakan oleh supplier, Anda tinggal memesannya dan menyebarkannyake pelanggan.

•   Bagaimana sih cara Dusdusan.com mempromosikan bisnisnya? Yuk kita cari tahu!

1.) Social Media Marketing

terutama grup di Facebook, mengingat reseller mereka mayoritas adalah ibu rumah tangga. Selain itu, kombinasi sistem penjualan langsung dengan MLM(Multi Level Marketing), yaitu strategi pemasaran berjenjang atau berantai yang dilakukan oleh tenaga penjual (sales). Cara kerja bisnis MLM ini adalah para tenaga penjual akan mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan dan hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut. Platform yang kedua adalah Instagram, yaitu menargetkan calon client di rentang usia berapa dan B2B (business to business). Selain berbisnis mereka juga memberikan tips dalam dunia bisnis dan perna bekerjasama dengan Ditjen Kemenperin untuk mengembangkan pasar IKM berbisnis ekonomi digital.

2.) Content marketing

yaitu memperkenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat mengenai produk yang ingin dijual oleh Dusdus.com

3.) Influencer marketing

Memasarkan penjualannya melalui influencer dengan cara mengendorse produk yang dimiliki Dusdusan.com Dusdusan.com ini menawarkan banyak barang kebutuhan sehari-hari, seperti peralatan dapur plastik, peralatan makan, produk fashion anak, perlengkapan bayi, organizer dsb. untuk dijual kembali oleh penduduk setempat. Mereka menjual langsung ke konsumen saat pertama kali berbisnis, namun mereka mengubah model bisnisnya setelah melihat karakteristik konsumennya yang mayoritas tidak menggunakan produknya sendiri melainkan menjualnya Kembali. 

•     Fitur manfaat yang bisa kita dapatkan dari join menjadi reseller Dusdusan.com?

1. Mendapat harga member 

Kalian bisa mendapatkan produk yang lebih murah dari harga normal.

2. Reward point

Reseller akan mendapatkan reward poin dari mengikuti pembelanjaan produk, mengikuti challenge, dan giveaway yang diadakan oleh Dusdusan.com. point dapat ditukarkan dengan handphone, voucher belanja puluhan juta rupiah, motor, umroh hingga mobil. Hmm.. terus gimana yah kalau kita nggak punya pengalaman dalam berbisnis dan nggak pernah jualan sama sekali? tenang guys kalian nggak usah khawatir lagi, karena aku punya solusinya! Saat ini Dusdusan.com menyediakan program mentoring 8 minggu Dusdusan.com Jadi, nanti reseller akan belajar banyak hal mengenai seputar bisnis dan teknik penjualan bersama para mentor yang berpengalaman serta potensi omzet sampai 50%. Tidak hanya berbisnis, tetapi Dusdusan.com juga memberikan tips cara memulai bisnis modal kecil dengan untung jutaan. Berikut Langkah-langkah awal jika kita ingin memulai bisnis modal kecil.

1. Membeli atau membuat produk

Produk merupakan bagian utama dari bisnis jualan. Modal yang tidak kecil tentunya dibutuhkan untuk mencari tahu jenis produk yang diminati oleh pasar, mencari supplier yang tepat, membeli produk yang berkualitas, atau mengembangkan produk dari awal hingga jadi untuk dijual. 

2. Membangun toko atau media berjualan

Baik bangunan fisik ataupun website membutuhkan modal untuk membuat atau menyewanya. Penjual juga harus memastikan bahwa lokasinya baik dan desainnya layak dan nyaman untuk calon pembeli. Jangan lupakan juga luas yang cukup untuk menyimpan stok barang.

3. Mempekerjakan karyawan

Mungkin pemilik bisnis bisa mengerjakan semuanya sendiri, tetapi saat bisnis semakin berkembang, ada saatnya akan diperlukan karyawan untuk mengerjakan bagian-bagian tertentu dari bisnis tersebut. Tentunya juga dibutuhkan cash flow yang cukup untuk menggaji mereka perbulan.


Daftar Pustaka

https://www.antaranews.com/berita/613752/dusdusan-fokus-ke-bisnis-reseller

https://nextren.grid.id/read/012816373/aplikasi-penghasil-uang-dusdusancom-jadi-reseller-bisa-dapat-hadiah-umroh?page=all

https://industri.kontan.co.id/news/dusdusancom-bekali-lebih-130000-reseller-berbisnis-digital-secara-mandiri

https://www.dusdusan.com/komunitas/artikel/cara-memulai-bisnis-modal-kecil-dengan-untung-jutaan/

https://duta.co/ceo-dusdusan-bagi-tips-kembangkan-bisnis-startup-tanpa-bantuan-investor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar