Maret 20, 2023

STARTUP EVERMOS


 Oleh: Nela Anandita (@AA43-Nela)

ABSTRAK

Nama Evermos berarti "Everyday Need for Every Moslem". Berdiri di Bandung sejak 2018, platform berbasis website dan aplikasi ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas guna membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bersaing dengan perusahaan besar. Evermos tidak hanya berfokus pada bisnis, tetapi juga terlibat dalam dampak sosial.

Evermos berusaha berpartisipasi dan memberikan sumbangsih hingga di kancah global. Bahkan Evermos berhasil masuk ke dalam daftar Forbes Asia 100 to Watch pada tahun 2021. Sebuah daftar prestisius berisi 100 perusahaan baru di wilayah Asia-Pasifik yang mampu memberikan perubahan dan bertumbuh dengan cepat di masa pandemi.

PEMBAHASAN



Evermos bertindak sebagai perantara antara UKM, reseller, dan pelanggan untuk bekerja sama dalam ekosistem jual beli yang saling menguntungkan. Model bisnisnya adalah reseller memesan dari Evermos, setelah itu Evermos mengirimkan produk pesanan ke pelanggan. Dengan cara ini pedagang tidak perlu khawatir tentang pengemasan

Hal yang menarik dari Evermos adalah platform ini menggunakan prinsip syariah. Oleh karena itu, proses transaksi dilakukan sesuai dengan nilai ekonomi Syariah Islam dan semua produk yang tersedia di aplikasi ini adalah produk yang dijamin Halal. 

Terdapat lebih dari 12.000 produk halal, mulai dari produk makanan dan minuman hingga pakaian. Tersedia pula lebih dari 600 merek dan produk UMKM yang dijual di platform ini. Sehingga, penjual dan pembeli memiliki pilihan yang luas selayaknya e-commerce lain.

Evermos juga memberikan pelatihan bagi komunitas bisnis untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik sesuai dengan hukum Islam. Saat ini lebih dari 17.000 pengecer telah mendaftar.

Berkat jaringan relasi yang luas dan saling terhubung, Evermos menawarkan kepada setiap orang yang ingin bergabung kesempatan untuk berjualan secara gratis dan tanpa modal, memperluas pasar dan masuk ke dalam komunitas untuk bertukar pikiran. 

Cara Kerja dan Fitur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Evermos merupakan perantara antar UMKM, reseller, dan konsumen untuk bergotong royong dalam ekosistem jual beli.

Untuk memasarkan produk, reseller dapat mempromosikan secara langsung atau melalui media apapun. Media sosial misalnya, reseller dapat membagikan gambar dan deskripsi produk melalui WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Konsumen memesan langsung dari reseller dengan harga katalog Evermos. Pedagang kemudian memesan di platform Evermos dan membayar dengan harga khusus pedagang. Evermos mengemas dan mengirimkan barang ke konsumen. Pedagang menerima komisi tambahan saat konsumen menerima produk.

Pada platform ini, fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yakni:

BERBISNIS ONLINE

Sebagai reseller cukup dengan melakukan registrasi dan menambah produk yang ingin reseller jual melalui aplikasi, melakukan promosi, lalu memproses pembayaran. selanjutnya pengemasan dan pengiriman akan di lakukan evermos

Jadi evermos memungkinkan kita untuk memiliki bisnis online tanpam modal, tanpa stock barang dan tanpa packing hanya bermodalkan perangkat untuk mengakses web atau aplikasi.

BERBELANJA

Pemesanan barang dari Evermos tidak jauh berbeda dengan toko online lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang Anda inginkan dan pilihan ukuran dan warnanya, masukkan informasi pembelian dan alamat pengiriman, pilih metode pembayaran dan bayar

MENJADI PEMASOK

Selain membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi reseller atau dropshipper, Evermos juga membuka peluang bagi para pemilik brand untuk bergabung menjadi supplier.

Anda dapat bekerja sama dengan Evermos untuk memamerkan produk yang Anda jual dan menjangkau pasar yang lebih luas. Daftar sebagai afiliasi Evermos jika Anda tertarik untuk menjadi anggota. 

DAFTAR PUSTAKA

Faadilah, K. (2022, Juni 9). Berkenalan dengan Evermos, Social Commerce untuk yang Pengen Buka Usaha Online.  https://dailysocial.id/post/apa-itu-evermos

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar