April 18, 2023

Aji Handoko Purbo CEO Sepatu Compass

 Nama : Sufyaan Gymnastiar

NIM : 46122010022




Aji Handoko adalah Chief Executive Officer dari sebuah merk sepatu local buatan Indonesia yaitu ‘Sepatu Compass’. Aji Handoko lahri di Jakarta, 13 Juli 1988 Aji Handoko Purbo mengawali karirnya dengan memiliki usaha clothing line. Dan pada tahun 2012 dirinya diminta untuk mengembangkan produk sepatu merek ARL milik Ariel Noah. Pada saat itu, dirinya mencoba menjalin kerja sama dengan pabrikan sepatu. Karena dianggap masih pemula, banyak pabrikan sepatu menolak untuk kerja sama. Hingga tahun 2017, dirinya dilanda kebingungan, namun salah satu temannya mencoba memperkenalkan dirinya dengan Gunawan Kahar yang merupakan pemilik sepatu compass. Pada saat itu, sepatu compas sudah hampir gulung tikar. Namun, dari pertemuan Aji Handoko Purbo dan Gunawan Kahar  menghasilkan sebuah ide mengembangkan kembali sepatu compass. Gunawan pun mempercayai Aji untuk mengurusi ranah kreatif juga bisnis sepatu miliknya itu. Dan Tahun 2018, compass melakukan re branding yang hasilnya adalah salah satu merek sepatu lokal yang selalu laku di pasaran, dan memiliki basis penggemar.

 

Setelah Aji Handoko memperkenalkan sepatu Compass ke publik, benar saja publik langsung heboh dan sepatu Compass mulai dikenal oleh banyak orang. Namun tidak berhenti disitu, Aji kemudian mengandeng influencer sekaligus social media manager S.O.C yaitu Bryant Notodiharjo. Artikel kolaborasi ini dinamai Bravo 001, artikel sepatu Compass Bravo dirilis secara offline di Senayan City, Jakarta pada tanggal 7 Februari 2019 dalam event Jakarta Sneakers Day. Sepatu kolaborasi ini hanya di produksi berjumlah 100 pasang dan sold out dalam jangka waktu 1,5 jam. Karena keterbatasan jumlah stok membuat artikel Bravo 001 menjadi langka dan menembus harga resell 5 juta rupiah, benar-benar gila bukan. Padahal harga asli artikel kolaborasi ini adalah 398.000. Setelah melakukan kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo sepatu Compass semakin banyak diburu sneakers head lokal. Kolaborasi-kolaborasi lain sepatu compass:

- Kolaborasi sepatu Compass dengan Elderscompany.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan Pot Meets Pop.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan Oldblue co.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan Mata Najwa.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan bank BCA.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan anggota band Kelompok Penerbang Roket dirilis di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

- Kolaborasi dengan Bryant Notodiharjo menghasilkan Bravo 002 dan dilelang di instagram sepatu compass mencapai angka lelang 55.555.000.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan The Genjots, komunitas pesepeda di Jakarta.

- Kolaborasi dengan brand fashion Jepang yang sudah go internasional Fxxkingrabbits.

- Kolaborasi sepatu Compass dengan Bbq Mountain Boys menghasilkan 2 artikel, yang akan dirilis pada hari esok yaitu 1 april 2021.

 

Karena desain produk yang unik serta kualitas yang tidak kalah dari produk luar sepatu Compass banyak diminati oleh semua kalangan. Namun hal itu berbanding terbalik dengan jumlah produksi sepatu compass yang masih sedikit karena aji berusaha menjaga nilai perusahaan yang sudah berlaku puluhan tahun. Spirit kekeluargaan tetap dipertahankan baik produksi dan pemasaran. Spirit dan nilai perusahaan inilah yang membawa aji untuk menggunakan tagline "Sepatu Rakyat" dan juga "Teman Compass" bagi pecinta sepatu compass. Banyaknya peminat yang berbanding terbalik dengan jumlah produksi yang minim membuat harga sepatu Compass bisa diresell dengan harga yang berlipat ganda dengan harga aslinya hal tersebut juga membuat sepatu Compass langka dan sangat istimewa apabila memilikinya. Saat ini sepatu Compass masih banyak dicari oleh berbagai kalangan dengan latar belakang yang bermacam-macam mereka bahkan rela membeli sepatu Compass dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan sepatu langka dan istimewa ini. Aji Handoko dan sepatu Compass sudah mulai menaikkan tingkat produksi dan berinovasi dengan desain-desain menarik lainnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar