April 14, 2023

JAMES PRANONTO

 


( Oleh : Alliya Rahma Ayu Pramudya @AB32-Alliya)


PROFILE


       James Prananto merupakan pendiri kopi kenangan yang merupakan perusahaan food and Beverage dan menjadi perusahaan unicorn di bidang makanan dan minuman pertama di asia tenggara, James Prananto merupakan lulusan dari Universitas di Amerika dengan jurusan bisnis (MBA) bersama dengan Edward Tirtanata.


   Sekarang James Prananto menjabat sebagai Co-Founder dari perusahaan Kopi Kenangan yang telah ia bangun sejak tahun 2017 dengan kedua temannya yaitu Edward Tirtanata, dan Cynthia Chaerunnisa.



KISAH KESUKSESAN


        Saat ini Kopi Kenangan menjadi  salah satu merek kopi yang disenangi oleh semua kalangan di Indonesia. Gerai Kopi Kenangan di seluruh Indonesia kurang lebih ada 600 gerai dan tersebar di berbagai kota yang ada indonesia.


    Sebelum memulai untuk membuat kopi, James Prananto bersama partner nya Edward Tirtanata  berbisnis teh cup dengan kisaran harga 40–60 ribu. Harga tersebut bagi masyarakat Indonesia tergolong sangat mahal untuk sebuah satu cup teh, karena hal tersebut James dan partner nya menyudahi bisnis nya dan berinovasi kembali dengan membuat hal yang baru. Berangkat dari kegagalan, James Prananto bangkit dan mendirikan Kopi Kenangan bersama Edward Tirtanata. Bersama temannya, James membuka kedai Kopi Kenangan pertama di tahun 2017 dan mendapat sambutan yang cukup baik.


        Kedai tersebut awalnya hanya menjual sekitar 700 cangkir kopi saja. Seiring berjalannya waktu, bisnis tersebut berkembang hingga berhasil menjual hingga 3 juta cangkir kopi tiap bulannya. Mulai dari situ, bisnis kopi tersebut mendapatkan pendanaan awalnya sebesar USD 8 juta atau sekitar Rp114,8 miliar dari Alpha JWC Venture.


       Setelah mendapatkan suntikan dana tersebut, Kopi Kenangan semakin berkembang dan memiliki lebih dari 60 gerai. Pada Desember 2021 lalu, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan sebesar USD 96 juta atau setara dengan Rp1,37 triliun dan menjadikannya sebagai bisnis F&B pertama di Asia Tenggara yang menyandang gelar Unicorn.


        Kisah perjuangan James Prananto bisa dijadikan motivasi untuk kita semua agar tidak mudah patah semangat dalam menjalankan sebuah usaha, kegagalan yang ada harus dijadikan acuan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. 



DAFTAR PUSTAKA


Atika ghina. 2022 “Intip Sosok James Prananto, Pendiri Kopi Kenangan” https://www.harianhaluan.com/ekbis/pr-103881988/intip-sosok-james-prananto-pendiri-kopi-kenangan diakses pada 12 April 2023 pukul 17.05


Sayyaf,Muhammad Aliefuddin. 2022 “5 Fakta Hidup dan Profil James Prananto Pemilik Kopi Kenangan yang Pernah Masuk Forbes” https://www.sonora.id/read/423475682/5-fakta-hidup-dan-profil-james-prananto-pemilik-kopi-kenangan-yang-pernah-masuk-forbes diakses pada 12 April 2023 pukul 17.30


Nugroho,Rizki Setyo. 2022 “Simak Kisah Sukses James Prananto, Pendiri Kopi Kenangan Sang Unicorn F&B Pertama di Asia Tenggara” https://www.idxchannel.com/inspirator/simak-kisah-sukses-james-prananto-pendiri-kopi-kenangan-sang-unicorn-fb-pertama-di-asia-tenggara diakses pada 12 April pukul 20.45






1 komentar: