April 10, 2023

Kisah sukses James Prananto

 

Siapa yang tidak mengenal Kopi Kenangan? Brand kopi kekinian ini tengah banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Popularitas Kopi Kenangan tentu tak terlepas perjuangan sang pendirinya. 

Ialah James Prananto, seorang pengusaha muda Indonesia yang berhasil memulai bisnis ini sejak tahun 2017 lalu. Bersama dengan rekannya yakni Edward Tirtanata, James pun memulai bisnis kopi kekinian berbahan baku kopi dan gula aren ini.

James dan Edward merupakan teman kuliah ketika sama-sama menempuh pendidikan di salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat, University of Southern California (USC). Keduanya memang diketahui telah lama memiliki keinginan untuk membangun sebuah bisnis bersama. 

James dan rekannya pun mengawali bisnis mereka dengan membuka sebuah bisnis bernama  Lewis & Carroll Tea (L&C) yang dimulainya di Jakarta. Sayangnya, bisnis teh premium ini justru tidak cukup menjanjikan bagi James. Harganya yang terbilang cukup mahal yakni berkisar Rp40-60 ribu per cangkir membuat L&C tidak berjalan sukses. 

Kegagalannya dalam berbisnis teh premium tak lantas membuat James putus asa. James dan Edward pun melihat peluang menjanjikan dari kebiasaan orang Indonesia yang gemar minum kopi “ngopi”. James Prananto pun akhirnya mendirikan gerai kopi bernama Kopi Kenangan yang pertama kali dimulai di Menara  Standard Chartered, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Tak seperti bisnis teh premiumnnya, bisnis Kopi Kenangan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat bahkan sejak hari pertama gerai tersebut dibuka. Gerai pertama Kopi Kenangan bahkan berhasil menjual hingga 700 gelas kopi per hari. 

Masuk Forbes dan Sukses Miliki 600 Gerai 

Dengan modal pendanaan dari Alpha JWC Venture sebesar USD8 juta atau sekitar Rp115 miliar, James Prananto mulai mendirikan Kopi Kenangan. Meski sempat khawatir bisnis kopi ini akan bernasib sama dengan bisnis teh yang sebelumnya ia jalankan, namun rupanya James justru berjodoh dengan bisnis kopi ini. Sambutan baik dari masyarakat dan penikmat kopi membuat Kopi Kenangan berhasil menjual hingga ratusan gelas kopi di hari pertama pembukaannya. 

Dalam waktu cepat, Kopi Kenangan berhasil berkembang pesat. Hanya butuh waktu dua tahun setelah didirikan, Kopi Kenangan pun melebarkan sayapnya dan memperluas jaringan bisnisnya dengan membuka sebanyak 60 gerai. Hingga pada Desember 2021, James kembali mendapatkan pendanaan untuk mengembangakan Kopi Kenangan hingga mencapai USD96 juta atau sekitar Rp1,38 triliun. 

Setelah lima tahun berdiri, Kopi Kenangan pun berhasil menjadi salah satu franchise minuman kopi kekinian terbesar di Indonesia. Kopi Kenangan tercatat telah memiliki kurang lebih 600 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, lebih dari 300 gerainya bahkan memiliki karyawan dengan jumlah mencapai 3.000 orang.

Keberhasilan James dan Edward mengantarkan Kopi Kenangan menjadi unicorn Food and Beverage (F&B) pertama di kawasan Asia Tenggara memang inspiratif. Bahkan, berdasarkan riset dari Nielsen Company, Kopi Kenangan tercatat sebagai brand untuk kategori kopi susu terfavorit konsumen. Buah tangan dingin James Prananto pun membuat pengusaha muda ini pun masuk daftar Forbes 30 under 30 di Asia untuk kategori Retail & Commerce 2019.


Daftar pustaka

https://www.idxchannel.com/amp/inspirator/kisah-sukses-james-prananto-pengusaha-muda-di-balik-kopi-kenangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar