April 04, 2023

Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO


Mendengar nama Johnny Andrean, pastinya tidak asing dengan salah satu bisnis salon. Tulisan khas warna putih merah tersebut sudah seringkali muncul di berbagai pusat perbelanjaan. Namun, kesuksesan Johnny Andrean tidak hanya terpaku pada satu sektor bisnis saja. Ia melakukan ekspansi ke sektor kuliner yang kini mereknya mendunia.

Johnny Andrean merupakan pengusaha sukses yang mendirikan tiga bisnis besar di Indonesia, Johnny Andrean Salon, J.CO Donuts and Coffee, dan BreadTalk. Ia memulai seluruh bisnisnya sendiri dari nol hingga sebesar sekarang. Awal kariernya dimulai saat Johnny membuka usaha salon potong rambut di Jakarta Utara pada 1980.

Perjalanan Johnny mempertahankan usahanya melalui banyak rintangan, mulai dari namanya yang belum terkenal hingga menjadi objek jarahan krisis moneter 1998. Berkat ketekunan dan kemampuan yang diwariskan dari sang ibu, Johnny mendapatkan julukan "Si Tukang Keramas" dan usahanya menjadi terkenal hingga sekarang.

Setelah sukses dengan bisnis salon, Johnny ingin mencoba untuk merambah ke sektor kuliner. Melihat peluang dan peminat BreadTalk yang tinggi di tanah air, ia pun membeli franchise perusahaan asal Singapura ini dan membuka toko pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta pada 2003. 

Johnny Andrean pendiri J.CO menginspirasi banyak orang. Hampir semua orang sudah familiar dengan brand J.CO Donuts & Coffee, bukan saja popular di Indonesia tapi namanya mendunia hingga luar negeri.  Johnny Andrean membuka bisnis J.CO Donuts & Coffee ini sejak 2005 hingga akhirnya bisnis ini mendunia. Gerainya sudah tersebar di seluruh Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, China, dan Filipina. 

Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO

Johnny Andrean merupakan seorang pengusaha sukses di Indonesia.

Ia berhasil mengembangkan tiga bisnis andalannya yakni Johnny Andrean Salon, Franchise BreadTalk, dan J.CO Donuts & Coffee.

Ketiga bisnisnya ini kini menjadi bisnis besar. Bahkan, J.Co Donuts & Coffee saat ini telah tersebar hingga ke mancanegara. 

Namun siapa sangka, sebelum meraih kesuksesan seperti sekarang, Johnny Andrean memulai ketiga bisnisnya ini dari nol. Ia sendirilah yang menjadi pendiri sekaligus pionir dari bisnis tersebut. 

Menjajal Bisnis Franchise BreadTalk 

Setelah sukses dengan bisnis salonnya, Johnny pun merambah ke bisnis franchise kuliner.

BreadTalk merupakan perusahaan di bidang bakery yang dipilihnya. Melihat peluang dan peminat BreadTalk yang sangat tinggi, Johnny pun tertarik untuk membeli franchise dari perusahaan asal Singapura ini. 

Johnny pun memulai usahanya sejak Maret 2003 dengan gerai pertama di Mall Kelapa Gading, Jakarta. Berbagai inovasi pun dilakukan Johnny untuk membesarkan usahanya ini.

Ia membuat konsep bisnis dengan menampilkan dapur pembuatan roti sebagai bagian dari display. Sehingga, konsumen bisa melihat sendiri proses pembuatan roti yang higienis dengan aroma roti yang bisa terhidu langsung oleh pelanggan.

Johnny Andrean berhasil mengembangkan BreadTalk ini dengan omzet yang selalu tinggi. 



DAFTAR PUSTAKA

Ratih Ika Wijayanti, 2022 .Kisah Sukses Jhonny Andrean, Berawal dari ‘si Tukang Keramas’ Hingga Dirikan J.CO Yang mendunia 

cirebon.inews.id/read/118929/kisah-sukses-jhonny-andrean-berawal-dari-si-tukang-keramas-hingga-dirikan-jco-yang-mendunia

Profil Orang Sukses, 2022. Kisah Sukses Johhny Andrean, dari Bisnis Salon hingga kuliner

https://kumparan.com/profil-orang-sukses/kisah-sukses-johnny-andrean-dari-bisnis-salon-hingga-kuliner-1yz4FWdlc5P/full


Tidak ada komentar:

Posting Komentar