April 10, 2023

MENJADI ENTREPRENEUR DI USIA MUDA

 



Winda Anggelina @AB46-Winda


Abstrak

Kewirausahaan merupakan kegiatan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam hal standar dan kualitas hidup yang lebih baik. Kewirausahaan sangat besar peranannya dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi. Indonesia masih perlu mempersiapkan lahirnya generasi entrepreneur karena para entrepreneurship inilah yang akan menjadi penggerak pembangunan ekonomi di Indonesia. Tujuan dari artikel bisnis ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi seorang enterpreneur dalam berwirausaha. Serta artikel bisnis ini untuk mengetahui hambatan dalam kewirausahaan yang dilakukan oleh wirausahawan muda dalam berwirausaha. 



Pendahuluan

Kewirausahaan merupakan tulang punggung perekonomian negara Indonesia. Pemerintah berperan penting sebagai pengambil sebuah kebijakan ekonomi belum bisa membuat masyarakat menggantungkan kehidupan kepada pemerintah semata. Kebijakan pemerintah yang diberikan perusahaan besar belum bisa berjalan seperti apa yang diarahkan pemerintah. Membuat perusahaan besar mengeluarkan sebuah kebijakan terhadap karyawan yang ada didalam perusahaan. Perusahaan yang melakukan sebuah kebijakan yang tidak dapat menguntungkan pemerintah maka negara mendapatkan sebuah dampak negative. Belum berjalannya kebijakan yang dikeluarkan pemerintah membuat perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran kepada banyak karyawan. Menyebabkan masyarakat kecil yang menerima dampak dari keputusan pengusaha tersebut.

Sedikitnya wirausahawan menyebabkan kurangnya lapangan pekerjaan yang memadahi. Lapangan pekerjaan yang sedikit di indonesia membuat masyarakat kesulitan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak. Menurut data (BPS) Angkatan kerja Indonesia pada Agustus 2015 sebanyak 122,4 juta orang, berkurang sebanyak 5,9 juta orang dibanding Februari 2015 dan bertambah sebanyak 510 ribu orang dibanding Agustus 2014. Dalam kata lain jumlah pengangguran meningkat dibanding tahun lalu. Sempitnya lapangan pekerjaan di Indonesia menjadi salah satu penyebab dari masalah ini.



Pembahasan

Pengusaha memiliki peran vital dan mampu menjadi solusi bagi masalah pembangunan ekonomi di suatu negara. Semakin banyak suatu negara memiliki pengusaha, maka pertumbuhan ekonomi negara tersebut akan semakin tinggi (Darwanto, 2012).

Entrepreneurship menjadi jalan yang paling efektif di tengah himpitan ekonomi yang semakin besar dan lapangan pekerjaan yang

semakin sempit untuk membangkitkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat (Menurut David Mc Clelland).

Usaha menumbuhkan jiwa entrepreneurshipt entunya harus dimulai saat seseorang masih b erusia muda bahkan sejak kecil.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat besar dalam pembentukan karakter seorang anak, salah satunya dalam usaha menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak awal, karena karakter dapat berkembang jika ditanamkan sejak usia tersebut.

Seseorang yang memiliki kewirausahaan tinggi dan digabung dengan kemampuan manajerial yang memadai akan menyebabkan dia sukses dalam usahanya (Priyanto, 2005). Dari sisi psikologis, kewirausahaan adalah suatu jiwa yang yang memiliki semangat, mimpi, berani 

mencoba, keinginan besar, kreatif, memiliki need for achievement, visi hidup dan independen. Jiwa yang demikian ini bisa dimiliki oleh siapapun, apakah itu pedagang, pengusaha, karyawan maupun masyarakat pada umumnya, yang mampu mengelola diri dan lingkungannya sehingga akan dihasilkan ide, inovasi, penemuan baru, kreatifitas, semangat baru dan pasar yang baru.

Ciri-ciri seorang entrepreneurship diantaranya adalah ia merasakan peluang dan mengejar peluang pekerjaan atau hal yang ia rasa cocok dengan dirinya dan percaya bahwa keberhasilan pasti akan bisa dicapai. Entrepreneurship bukanlah seorang yang memilih usaha di semua bidang, tetapi memilih bidang usaha yang cocok dengan kemampuan dan minat yang dimiliki, lalu mempelajari, mengamati dari dekat, mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, lalu bergerak dengan pengetahuannya itu untuk membangun usaha. Entrepreneurship tidak mudah menyerah dikarenakan mereka yakin akan berhasil dengan bidang yang mereka pilih. Entrepreneurship juga merupakan orang yang bertindak melakukan inovasi serta berani mengambil resiko, baik resiko mental maupun resiko finansial. Jika seseorang telah memenuhi ciri-ciri itu baru dapat dikatakan sebagai entrepreneurship.


Berikut beberapa hal yang menjadi alasan pemting memiliki jiwa enterpreneur di usia muda:

1) Jumlah lapangan pekerjaan semakin bertambah 

2) Jenis lapangan pekerjaan semakin beragam 

3) Mengurangi tingkat pengangguran 

4) Mengurangi penyakit sosial di masyarakat 

5) Meningkatkan kesejahteraan secara ekonomi 

6) Meningkatkan taraf ekonomi suatu wilayah 

7) Meningkatkan stabilitas ekonomi bangsa Indonesia.

8.) Menambah relasi pertemanan dalam berbisnis.

9.) Menjadi inspirasi bagi kalangan muda dan orang sekitar.

10.) Meningkatkan jiwa kepemimpin yang tinggi.


Keberhasilan pengusaha dipengaruhi oleh beberapa sifat yang dijelaskan oleh Serarols dalam Van Horne , (2016) sebagai berikut:

1.) Kemampuan dalam memimpin

2.) Kemampuan dalam mendelegasikan

3.) Keahlian dalam tim

4.) Kemampuan dalam mengantisipasi risiko dan membuat keputusan

5.) Profesional dalam keuangan

6.) Percaya diri pada usaha atau bisnisnya

7.) Usia yang jangan terlalu muda dan memiliki panutan atau pembimbing usaha

8.) Memiliki keahlian dalam pemasaran maupun komunikasi

9.) Mampu memilih kolega atau partner yang tepat

10.) Dinamis dan antusias dalam berbagai rintangan 




Kesimpulan

Menjadi enterpreneur di usia muda bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi jika dipupuk dengan jiwa dan tekad yang tinggi sejak kecil serta kepercayaan diri bahwa pasti akan berhasil dan sukses, maka bisa menghasilkan suatu hal yang dapat membanggakan diri sendiri dan dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi orang lain di sekitar. 




Daftar Pustaka

A. E. P. Nugraha, N. Wahyuastuti, (2017) Start Up Digital Business. Sebagai Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusamba Vol 2 No.1 2017


H. Margahana, E. Triyanto, (2019) Membangun Tradisi Enterpreneurship Pada Masyarakat. Edunomika - Vol. 03 No. 02 (Agustus 2019)


P. Merieska, IJK. S. Meriyanto, (2017) Passion Berwirausaha Pada Pengusaha Muda. Volume 3, No.01, 2017 : 13-24. ISSN: 2407-7798

Tidak ada komentar:

Posting Komentar