April 17, 2023

REVEIW 3 VIDEO

 

@AB05-Iqbal

VIDEO 1

Kewirausahaan adalah ilmu yang mempelajari tentang pengembangan kreativitas dan berani menanggung resiko untuk menciptakan dan mengelola bisnis secara inovatif dan kreatif untuk mewujudkan hasil karya. Indonesia membutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru untuk meningkatkan struktur ekonomi, dan pemerintah telah menggagas platform e-commerce bertajuk e-Smart IKM sebagai upaya strategis dalam membangun sistem database IKM. Tujuan kewirausahaan antara lain meningkatkan jumlah wirausaha berkualitas, menciptakan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat. Potensi kewirausahaan adalah individu yang berniat untuk mengembangkan dan mengelola bisnis untuk tujuan laba dan pertumbuhan, dan faktor motivasi berwirausaha antara lain faktor lingkungan, sosiologis, ketersediaan sumber daya, personal, dan adversity quotient. Karakteristik wirausaha meliputi memiliki komitmen tinggi, disiplin, percaya diri, pantang menyerah, memiliki kreativitas tanpa batas, berani mengambil resiko, dan kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator. Keuntungan berwirausaha antara lain membuka kesempatan kerja, wawasan bertambah, bebas dalam mengelola keuangan, dan memiliki relasi yang luas. Faktor penyebab keberhasilan wirausaha antara lain faktor peluang, SDM, keuangan, organisaional, perencanaan, pemasaran dan penjualan, dan administrasi. Sementara kerugian wirausaha antara lain resiko dan beban tanggung jawab luas, pendapatan tidak stabil, dan jam kerja yang tidak teratur. Aktor penyebab kegagalan wirausaha antara lain tidak kompeten dalam manajerial, kurang dapat mengendalikan keuangan, gagal dalam berencana, lokasi yang kurang memadai, sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha, ketidakmampuan dalam melakukan transisi kewirausahaan, dan kurang berpengalaman. Tahapan berwirausaha meliputi memulai usaha, melaksanakan usaha, dan mempertahankan dan mengembangkan usaha.


 


VIDEO 2

Kreativitas adalah kemampuan untuk menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif. Kreativitas dapat dikembangkan dengan meningkatkan masukan otak dan memanfaatkan daya ingat, khayal, dan serap otak. Ada empat modal kreativitas: insani, sosial, budaya, dan struktur kelembagaan.

 Proses pemikiran kreatif terdiri dari empat tahap: persiapan, inkubasi, illuminasi, dan verifikasi. Ada cara untuk meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha seperti motivasi tinggi, tidak takut mencoba hal baru, belajar dari pengalaman orang lain, dan berada di lingkungan positif.

 Kreativitas sangat penting dalam bisnis karena membantu menemukan keunggulan dibandingkan dengan pesaing, mempertahankan eksistensi usaha, dan menentukan keputusan tentang apa yang diinginkan dan bagaimana melakukannya dengan lebih baik. Inovasi adalah ide, gagasan, objek, atau praktik baru dan harus mencakup kebaruan dan perbaikan.

 Terdapat empat tahap dalam proses inovasi: discovery, invention, application, dan diffusion. Sumber peluang inovasi dapat berasal dari penelitian dan pengembangan, keberhasilan atau kegagalan, persaingan pasar, perubahan struktur industry/pasar, perubahan demografi, perubahan persepsi, mood, selera, makna, dan pengetahuan baru/IPTEK baru. Ada tiga macam inovasi yaitu produk, proses bisnis, dan organisasi.


VIDEO 3

Imajinasi adalah gambaran atau objek angan-angan yang dapat membayangkan atau khayalan, sedangkan intuisi adalah kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas.

Proses mental bawah sadar sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kemajuan usaha. Penggunaan imajinasi dan intuisi dapat membantu kemajuan usaha seorang wirausahawan.

Ada kondisi-kondisi tertentu yang dapat mendorong proses bawah sadar, seperti sikap berani, keraguan, bermacam-macam pengalaman, dan batas waktu atau deadline.

Strategi untuk mengejar imajinasi disebut sebagai Strategic Intent, yang membutuhkan Strategic Architecture yang merupakan gabungan antara pengetahuan masa depan, perilaku, nilai, dan struktur.

Strategi untuk mempertajam intuisi antara lain dengan menggunakan empati alami, membaca getaran emosi orang lain, merasa takut dan mengalir melewatinya, hentikan penilaian pribadi, temukan keheningan, dan latih kekuatan pertanyaan.

Imajinasi dan intuisi berperan penting dalam kewirausahaan, seperti mengembangkan daya visi, kemampuan, intuisi, dan berfikir lateral.

Karakteristik wirausaha yang sukses antara lain memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya, mau bertanggung jawab, mempertahankan internal locus of control, peluang untuk mencapai obsesi, toleransi menghadapi kebimbangan dan ketidakpastian, yakin pada diri sendiri, kreatif dan fleksibel, ingin memperoleh balikan segera, energik tinggi, motivasi untuk lebih unggul, dan berorientasi ke masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar