April 23, 2023

REVIEW VIDEO TENTANG KEWIRAUSAHAAN


Oleh : Kisty Oktaviana (AB33-Kisty)


Review Video 1: PENYEBAB KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN DALAM BERWIRAUSAHA 

Kewirausahaan adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreativitas serta berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil karya. Kewirausahaan merupakan suatu usaha untuk menciptakan dan mengelola sesuatu yang baru secara inovatif dan kreatif untuk menentukan peluang dan bagaimana mengembangkan semangat kreativitas inovasi kemudian sekaligus berani menanggung resiko.  

Faktor-Faktor Motivasi Berwirausaha 

Faktor-faktor motivasi yang pertama yaitu faktor lingkungan, yang kedua adalah faktor sosiologis, yang ketiga adalah faktor ketersediaan sumber daya, yang keempat adalah faktor personal yang kelima ada adversity question.

Karakteristik Wirausaha 

Karakteristik wirausaha yang pertama memiliki komitmen yang tinggi, yang kedua tradisi iklim, yang ketiga percaya diri, yang keempat pantang menyerah, yang kelima paling mahal memiliki kreativitas tanpa batas, yang keenam berani mengambil resiko yang petunjuk.

Keuntungan Wirausaha 

keuntungan wirausaha yang pertama membuka kesempatan kerja, yang kedua wawasan bertambah, yang ketiga bebas dalam mengelola keuangan, yang keempat memiliki relasi yang luas. 

Faktor Penyebab Keberhasilan Wirausaha 

faktor penyebab keberhasilan wirausaha yang pertama adalah faktor peluang, yang kedua faktor sumberdaya manusia, yang ketiga dan faktor keuangan, yang keempat adalah faktor organ nasional, yang kelima ada faktor perencanaan, yang keenam ada faktor pemasaran dan penjualan, yang ketujuh adalah faktor administrasi.

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha 

faktor penyebab kegagalan wirausaha yang pertama tidak kompeten dalam manajerial, yang kedua kurang dapat mengendalikan keuangan, yang ketiga gagal dalam rencana, yang keempat lokasi yang kurang memadai, yang kelima sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha, yang keenam ketidakmampuan dalam melakukan transisi kewirausahaan, yang ketujuh ada kurang berpengalaman. 



Review Video 2: PENTINGNYA KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN


Dalam kewirausahaan dua kata kunci Inovasi dan kreativitas yang akan menyebabkan kerusakan berkembangnya. Kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatan perhatian kemauan kerja keras dan ketekunan. Kreativitas dapat dikembangkan melalui peningkatan jumlah dan ragam masukkan ke otak terutama hal baru dengan memanfaatkan daya ingat, daya hayal dan daya serap otak akan dapat ditumbuhkan berbagai gagasan baru atau kreativitas tipe lebih itu menciptakan mengombinasikan dan memodifikasikan. 

Proses Pemikiran Kreatif Menurut Graham Wallace

  1. Tahap persiapan. Tahap ini mempersiapkan diri untuk memecahkan masalah dengan mengumpulkan data atau informasi, mempelajari pola berpikir dari orang lain dan bertanya pada orang lain.
  2. Tahap inkubasi. Pada tahap ini pengumpulan informasi dengan tikungan individu melepas diri untuk sementara dari masalah tersebut, masalah tersebut diendapkan terlebih dahulu. 
  3. Tahap luminasi. Tahap ini merupakan tahap munculnya inspirasi atau gagasan baru.  
  4. Tahap verifikasi. Tahap ini adalah tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap realitas disini diperlukan dan yang meliputi proses divergensi atau pemikiran kreatif dan proses konvergensi atau pemikiran yang kritis.

Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Berwirausaha 

  1. Motivasi tinggi bekerja cerdas kreatif dan inovatif.
  2. Tidak takut mencoba hal yang baru.
  3. Belajar dari pengalaman keberhasilan dan kegagalan orang lain.
  4. Berada dilingkungan orang-orang baik yang memberikan motivasi positif. 
  5. Menjual hobi dan keahlian yang kita miliki.
  6. Catatan untuk memulai dan menjalani sebuah peluang usaha.
  7. Mau menerima kritikan dan masukan orang lain.
  8. Jangan pasrah dengan keadaan berani mengambil resiko dan siap menerima kegagalan.
  9. Konsisten, ulet dan tekun.

Inovasi Menurut Everentt M Rogers

Menurut Everett M Rogers inovasi adalah sebuah ide gagasan objek dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan. Arti dari kata inovatif adalah menciptakan sesuatu yang sama sekali berbeda. Inovasi tidak lepas dari dua kriteria utama yakni kebaruan atau novelty dan perbaikan atau improvement.

Sumber Peluang Inovasi 

  1. Penelitian dan pengembangan melalui riset dan development.
  2. Keberhasilan atau kegagalan.
  3. Persaingan pasar.
  4. Perubahan struktur Industri atau pasar kebutuhan keinginan dan daya beli masyarakat.
  5. Perubahan demografi.
  6. perubahan persepsi dan makna.
  7. Pengetahuan yang baru atau iptek.

Manfaat Inovasi dalam Usaha

  1. Memperoleh peluang kemampuan dan pengetahuan menghasilkan produk.
  2. Peluang menghasilkan nilai tambah baru.
  3. Peluang merintis usaha baru.
  4. Peluang melakukan proses atau teknik baru.
  5. Mengembangkan organisasi baru

Kenapa Sih Kreativitas dan Inovasi Itu Penting dalam Berwirausaha?

Karena persaingan yang ketat dalam berbisnis dan menjalankan usaha mendorong para pembisnis untuk memiliki kreativitas tinggi, dengan memaksimalkan kreativitas dan cara pandang untuk melahirkan suatu inovasi bisnis. Hal ini akan mampu tampil outstanding dibanding dengan bisnis rupa yang telah ada, hal ini yang disebut dengan kebaruan antara wirausahawan yang satu dan yang lainnya. Melakukan strategi yang berbeda-beda dalam membangun bisnisnya,  strategi inilah yang menentukan hasil akhir yang dihasilkan. Semakin kreatif orang tersebut menggunakan peluang yang ada maka semakin baik pula hasil dari bisnis yang mereka jalankan.

Manfaat Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi

  1. Meningkatkan efisiensi produk.
  2. Sebagai pembeda atau ciri khas bisnis.
  3. Menarik lebih banyak konsumen.
  4. Menciptakan Pasar Baru di tengah masyarakat.
  5. Mampu bersahabat dan bersaing dengan bisnis kompetitor.
 

Review Video 3: EKSPLOITASI IMAJINASI DAN INTUISI UNTUK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN


Imajinasi merupakan sebuah gambar atau objek angan yang dapat membayangkan atau khayalan. imajinasi secara umum akan memberi kekuatan untuk memproses hasil Citra mental dan ide yang kita pikirkan. Intuisi-intuisi adalah istilah untuk kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Intuisi juga merupakan bentuk perkiraan yang samar-samar sering setengah disadari tanpa diiringi proses berpikir yang sama sebelumnya, namun kemudian dapat menuntun pada satu keyakinan yaitu secara tiba-tiba. Hal pasti memunculkan satu keyakinan yang tepat.

Kondisi-Kondisi yang Mendorong Proses Box Sadar menurut Faktor Biotik Whelan

  1. Sikap berani.
  2. Keraguan. Jika ragu tentang suatu pikiran atau pemecahan masalah dengan cara konvensional. Maka di bawah sadar akan menciptakan ide pemecahannya.
  3. Bermacam-macam pengalaman. Jika lebih banyak pengalaman yang dimiliki maka lebih banyak problem yang dihadapi maka tentunya dapat meningkatkan proses bawah sadar kita sendiri. 
  4. Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh. Jika persiapan secara sungguh-sungguh maka rasa bahwa sadar akan membantu mengeluarkan ide yang bermanfaat. 
  5. Menyerah.
  6. Bertukar pikiran. Bertukar pikiran dengan orang lain akan membantu memecahkan masalah. Pikiran yang tadinya kurang komplit akan menjadi komplit.
  7. Bebas dari kebingungan atau kekacauan.
  8. Batas waktu atau deadline. Batas waktu ini mendorong rasa bawah sadar kita untuk bekerja lebih giat lagi.

Strategi Mengajar Imajinasi 

Strategi untuk mengajar konsep dan prahalad yaitu strategi macet ngejar imajinasi atau visi disebutnya sebagai strategic intent.  Penyusunan strategi ini dikembangkan secara bertahap serta konsisten. Dalam strategi mengajar imajinasi Ini masa depan bukan hanya dibayangkan tetapi harus dibangun dalam pelaksanaan strategi berdasarkan imajinasi. 

Strategi Mempertajam Intuisi 

  1. Dipergunakan empati alami kita sesering mungkin.
  2. Membaca getaran emosi orang lain.
  3. Merasa takut dan mengalir melewatinya.
  4. Hentikan penilaian-penilaian pribadi.
  5. Temukan keheningan.
  6. Melatih kekuatan.

Hubungan Imajinasi dan Intuisi dengan Kewirausahaan  

  1. Mengembangkan device untuk membayangkan apa yang akan terjadi dan akan dihadapi dimasa yang akan datang.
  2. Mengembangkan kemampuan untuk mewujudkan kebutuhan konsumen kedalam bentuk barang atau jasa yang diinginkan.
  3. Mengembangkan daya intuisi untuk mengambil keputusan saat diperlukan, tetapi dengan tidak mengabaikan pertimbangan-pertimbangan lain.
  4. Mengembangkan daya berpikir lateral untuk mengolah informasi yang terbatas sehingga menghasilkan sejumlah gagasan baru.

Jalan Menuju Wirausaha yang Sukses

  1. Pintar Komunikasi. Komunikasi yang baik perilaku jujur konsisten dalam pembicaraan akan sangat membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depan nya.
  2. Dorongan Ambisi. Dorongan Ambisi kepada diri sendiri agar bisa bekerja keras dan konsisten dalam berusaha sehingga gigih menghadapi pekerjaan dan Tantangan untuk mencapai keberhasilan.
  3. Pendidikan. Pendidikan bisa didapatkan dimana saja seperti kuliah atau lewat membaca penalaran di kantor kursus dan lainnya.
  4. Membuat keputusan. Seorang pembisnis harus memiliki sifat kepemimpinan yang bagus Sehingga dalam memilih keputusan agar tidak salah.
  5. Keyakinan diri. Diperlukan keyakinan diri dalam berwirausaha sehingga dapat diimplementasikan dalam tindakan sehari-hari.
  6. Penampilan yang baik. Seorang yang berpenampilan baik maka akan dipandang bagus oleh klien serta pribadi yang baik dan jujur akan disenangi banyak orang.
  7. Mencapai tujuan dengan menggunakan orang lain. Seorang pengusaha harus memperbanyak teman dengan orang-orang agar bisa memajukan, sehingga menjadi sukses. 

 Karakteristik Wirausaha yang Sukses

  1. Memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya.
  2. Mau bertanggungjawab.
  3. Khan internal locus of Control.
  4. Peluang untuk mencapai Obsesi.
  5. Toleransi menghadapi kebimbangan dan ketidakpastian.
  6. Yakin pada diri sendiri.
  7. Kreatif dan fleksibel.
  8. Ingin memperoleh baliknya segera.
  9. Energi tinggi.
  10. Motivasi untuk lebih unggul.
  11. Berorientasi ke masa depan.
  12. Mau belajar dari kegagalan. 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar