April 11, 2023

Start Up Fitinline di Yogyakarta


Oleh  : Ricky Fardianto
NIM  : 41521010156

Label : @AB02-Ricky



ABSTRAK

Perusahaan fashion kain adalah jenis perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion dengan fokus pada produksi pakaian dan aksesori dari berbagai jenis kain. Perusahaan ini biasanya terdiri dari tim desainer, pengrajin, dan pemasar yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan produk fashion yang menarik dan berkualitas tinggi.

Dalam dunia fashion, perusahaan fashion kain memegang peran penting dalam menciptakan tren baru dan memberikan inspirasi bagi konsumen untuk memilih pakaian yang sesuai dengan gaya mereka. Perusahaan ini harus mampu mengikuti perkembangan mode terbaru dan menyesuaikan diri dengan perubahan tren konsumen.

Untuk mencapai kesuksesan dalam industri fashion, perusahaan fashion kain harus memperhatikan aspek kualitas produk, pelayanan yang baik kepada konsumen, serta kemampuan untuk menghasilkan desain yang unik dan inovatif. Selain itu, mereka juga harus memperhatikan faktor-faktor seperti biaya produksi, manajemen keuangan yang baik, dan strategi pemasaran yang efektif.


PEMBAHASAN

Istofani Api Diany merupakan CEO sekaligus Founder dari Startup Fitinline. Startup Fitinline dimulai sejak tahun 2012. Pada saat itu, Fitinline mulai menyediakan jasa layanan jahit online. Setelah owner sadar bahwa usahanya tidak kunjung berkembang, akhirnya sang owner memutuskan melakukan perubahan arah bisnis tersebut sebanyak dua kali. Kini, mereka memutuskan melakukan pengembangan, perbaikan, dan penstrukturan layanan menjadi e-learning, social network, dan marketplace.

Startup Fitinline telah menjembatani masyarakat yang ingin membuat pakaian dengan vendor-vendor pembuat pakaian. Mereka mengklaim telah bekerja sama dengan lebih dari 180 vendor pakaian, dan sejumlah pemasok bahan baku pakaian. Semua pelayanan konsumen Fitinline tersebut berpusat di Perumahan Titibumi Residence, Sleman, Yogyakarta.


Peningkatan Selama Pandemi

Founder dan CEO Fititiline, Istofani Api Diany menuturkan, selama pandemi penjualan dan permintaan layanan jasanya meningkat.

"Awalnya kami bergerak pada bisnis menjahit secara online. Namun, selama pandemi permintaan yang meningkat itu terhadap material kain. Melihat peluang itu, penjualan kain pun digiatkan," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Rabu (09/09/2020).

Sang CEO mengatakan, saat ini pemanfaatan media digital untuk pemasaran memang harus digalakkan. Jika, hanya mengharapkan pasar konvensional kenaikan penjualan akan mengalami perlambatan. Pengusaha pun harus jeli dalam menangkap sinyal pasar. Sehingga, masa pandemi bisa menjadi momen untuk memperluas pemasaran secara digital.


PENUTUP

kesimpulannya, perusahaan di bidang fashion pakaian e-commerce adalah salah satu industri yang terus berkembang di era digital saat ini. Untuk meraih kesuksesan di industri ini, perusahaan harus mampu memperhatikan aspek-aspek penting seperti kualitas produk, pelayanan yang baik, pengalaman belanja yang menyenangkan bagi konsumen, manajemen logistik yang efektif, dan strategi pemasaran yang tepat sasaran.


DAFTAR PUSTAKA

2019. " Mengenal 7 Startup Asal Kota Pelajar, Bagaimana Cara Kerjanya?",

https://economy.okezone.com/read/2018/11/09/320/1975587/mengenal-7-startup-asal-kota-pelajar-bagaimana-cara-kerjanya

diakses pada 11 April 2023 pukul 01.05.


Ginting, Sagita, Nanda.  2020. " Start Up Fitinline di Yogyakarta Manfaatkan Pasar Digital pada Masa Pandemi

https://jogja.tribunnews.com/2020/09/09/start-up-fitinline-di-yogyakarta-manfaatkan-pasar-digital-pada-masa-pandemi

diakses pada 11 April 2023 pukul 01.15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar