April 11, 2023

Tokoh pembisnis sukses

 Di susun oleh : Asifa Oktovia

Nim: 46122010071


Oei Ek Tjhong atau yang lebih akrab dikenal sebagai Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai pendiri dan pemimpin Sinar Mas Group, salah satu konglomerat terbesar di Indonesia. Ia lahir di Quanzhou, Fujian, Tiongkok pada 27 Februari 1921 dan pindah ke Indonesia tepatnya ke Kota Makassar pada tahun 1932 bersama keluarganya. Eka Tjipta Widjaja meninggal pada 26 Januari 2019.

Pada awalnya, Eka Tjipta Widjaja berjualan makanan ringan di Makassar. Ketika berusia 37 tahun, Eka Tjipta Widjaja pindah ke Surabaya dan mulai mengembangkan bisnisnya di sektor pertanian dengan memiliki kebun kopi dan kebun karet di Kabupaten Jember. Pada tahun 1968, ia mendirikan pabrik minyak kelapa yang diberi nama CV Bitung Manado Oil Limited (Bimoli). Selanjutnya, pada tahun 1976, ia mendirikan perusahaan kimia yang diberi nama Tjiwi Kimia. 

       Eka Tjipta Widjaja juga terkenal karena kegiatan filantropinya. Ia mendirikan Yayasan Eka Tjipta Widjaja yang fokus pada bidang pendidikan, kesehatan, dan bantuan kemanusiaan. Sejak tutup usia, ia meninggalkan warisan sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dan konglomerat bisnis yang kuat di Asia Tenggara. Menurut majalah bisnis Globe Asia pada tahun 2018, Eka Tjipta Widjaja masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia dan memiliki kekayaan sebesar 13.9 miliar Dolar AS.

        Pada Maret 2010, majalah Forbes Asia menobatkan Eka Tjipta Widjaja sebagai salah satu dari "48 Pahlawan Filantropi" atas jasanya dalam bidang filantropi. Pada bulan Juli 2010, Eka Tjipta juga mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) karena memberikan beasiswa S1 terbanyak dalam kurun waktu tertentu. Selama periode tersebut, Eka Tjipta telah memberikan beasiswa kepada 2.018 mahasiswa berprestasi di 30 universitas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar