April 20, 2023

Start Up Padangkita.com

 Start Up Padangkita.com

Oleh : Mutia Sari

 


11 Ruas Tol Fungsional di Jawa dan Sumatra Gratis Selama Mudik Lebaran 2023  

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempersiapkan 11 ruas jalan tol yang bisa dipergunakan atau difungsionalkan pada mudik Lebaran 2023.

Ruas jalan tol tersebut memiliki panjang hingga mencapai 222 kilometer (km) yang berada di kawasan Pulau Jawa dan Sumatra.

Secara rinci, terdapat 7 ruas tol yang akan difungsionalkan di Pulau Jawa, sisanya sebanyak 4 ruas jalan tol akan difungsionalkan di Pulau Sumatra. Ruas jalan tol tersebut, difungsionalkan mulai H-10 Hari Raya Idulfitri.

“Sebanyak 11 ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra,” kata Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono dalam diskusi di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Jalan tol yang difungsionalkan tersebut, lanjut Triono, merupakan ruas jalan tol yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR. Kondisinya infrastruktur pada  ruas jalan tol itu sudah sepenuhnya bisa dilalui oleh para pengendara roda empat yang akan melakukan tradisi mudik. Sehingga, bisa menjadi jalur alternatif mudik yang bisa dilewati oleh masyarakat.

Nantinya, ruas jalan tol tersebut akan difungsionalkan dari mulai pagi hingga siang hari tanpa dipungut biaya atau gratis. Kemudian, akan disediakan rest area sederhana dan tempat mengisi bahan bakar.

“Kekurangannya, belum ada rest area yang selesai dibangun dan tempat pengisian bahan bakar. Jadi akan dibuatkan secara sederhana,” kata Triono.

Berkaitan dengan itu, Kementerian PUPR juga melakukan serangkaian perbaikan jalan tol yang akan dilewati oleh para pemudik di sejumlah daerah. Dengan begitu, para pemudik dapat semakin nyaman dalam melakukan kegiatan mudik saat puncak hari raya idul fitri beberapa waktu ke depan.

Kementerian PUPR juga melakukan perluasan ruas jalan pada sejumlah jalan tol. Sehingga, dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan yang rawan terjadi ketika melakukan tradisi mudik.

Ditambah lagi, akan diperbanyak toilet umum yang dapat dipergunakan oleh para pemudik. Sebanyak 9.000 toilet akan ditambahkan pada seluruh wilayah rest area yang berada di kawasan infrastruktur jalan tol.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar