April 20, 2023

REVIEW YOUTUBE

 

Mutia Sari (AA29-Mutia)

Terimakasih atas video yang telah disampaikan, ilmunya sangat bermanfaat. Berikut kesimpulan yang saya dapat hasil dari video tersebut :

 

Kewirausahaan adalah suatu usaha atau ilmu baru tentang bagaimana mengembangkan semangat kreativitas untuk menciptakan dan menghasilkan karya yang inovatif dan kreatif. Sebagai wirausahawan harus berani menanggung resiko untuk kedepannya. Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru untuk meningkatkan struktur ekonomi.

Tujuan Kewirausahaan yaitu : menciptakan produk yang berkualitas, bukan hanya kuantitas, mampu untuk lebih mensejahterakan masyarakat, membudayakan semangat dalam sikap, perilaku, sehingga mempunyai kemampuan, kehandalan, keunggulan, dan kesadaran secara nasional.

Faktor motivasi berwirausaha yaitu ada faktor lingkungan, sosiologis, ketersediaan sumber daya, personal dan adversity quotient yang menjelaskan faktor motivasi dalam berwirausaha adalah faktor yang cukup penting, harus di kelola dengan baik sehingga maksimal dalam memotivasi berwirausaha.

Karakteristik wirausaha, harus ada komitmen yang tinggi dalam berwirausaha karena akan memulai dan menghadapi berbagaai ujian dan cobaan.

Sifat wirausaha, yaitu harus percaya diri, tetapi tidak berlebihan dalam percaya diri karena akan menimbulkan kesombongan, originalitas, komitmen, berorientasi hasil kerja, berorientasi masa depan, berani mengambil resiko.

Keuntungan wiraussaha adalah membuka kesempatan bekerja, wawasan dan relasi yang luas, mendapat kesempatan dalam mengelola keuangan.

Faktor penyebab keberhasilan wirausaha :

1.     Faktor peluang

2.     Faktor sumber daya manusia

3.     Faktor keuangan

4.     Faktor organisasional

5.     Faktor perencanaan

6.     Faktor pemasaran dan penjualan

7.     Faktor administrasi

Kerugian wirausaha adalah resiko dan beban tanggung jawab lebih luas, bagaimana cara kita atau kemampuan dalam memimpin, menghandle dan mengelola kewirausahaan, pendapatan tidak stabil, dan jam kerja yang tidak menentu.

Faktor penyebab kegagalan wirausaha adalah tidak konsisten, tidak kompeten dalam memanajemen, kurang dalam mengelola keuangan, sikap yang kurang Tangguh dalam berusaha, ketidak mampuan dalam melakukan transisi Kewirausahaan, dan kurangnya pengalaman atau belajar.

Tahapan berwirausaha :

1.     Memulai usaha

2.     Melaksanakan usaha

3.     Mempertahankan usaha

4.     Mengembangkan usaha



Tidak ada komentar:

Posting Komentar