April 13, 2023

TOKOH INSPIRASI BISNIS James Prananto ( Kopi Kenangan )

 Putri Andini

@AB24-Putri


TOKOH INSPIRASI BISNIS

James Prananto ( Kopi Kenangan )


James Prananto merupakan pendiri merek kopi terkenal yaitu Kopi Kenangan yang menjadi inspirasi sukses banyak orang. Kopi Kenangan sendiri merupakan perusahaan Food and Beverage yang menjadi unicorn pertama di bidang makanan dan minuman di Asia Tenggara.

Saat ini Kopi Kenangan sendiri merupakan merek kopi yang disenangi semua kalangan di Indonesia. Gerai Kopi Kenangan di seluruh Indonesia kurang lebih ada 600 gerai dan tersebar di berbagai kota.

Kopi Kenangan tidak hanya didirikan oleh James Prananto. Edward Tirtanata adalah teman sekaligus partner bisnis dari James Prananto yang dipertemukan saat menempuh perkuliahan di University of South California (USC), Amerika Serikat. Sebelum mendirikan Kopi Kenangan, mereka berdua sempat mendirikan sebuah kedai teh premium di Jakarta bernama Lewis & Carroll (L&C).

Bisnis tersebut cukup sulit kala itu, karena harga teh per cangkirnya berada di harga Rp40-Rp60 ribu yang terlalu mahal bagi sebagian orang Indonesia dan tidak terlalu menghasilkan bagi mereka. Belajar dari hal tersebut, Edward berusaha untuk lebih mengamati tren saat ini. Ia lalu menyadari bahwa banyak orang Indonesia yang gemar meminum kopi.


Dari situlah, ide untuk mendirikan Kopi Kenangan lahir. Edward pun mengajak James untuk membuat sebuah kedai kopi yang menjual kopi berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

James secara lebih cermat kembali mengamati peluang pasar yang ada. Hingga akhirnya james melihat peluang di pasar kopi Indonesia. Ide bisnis yang mendorong lahirnya Kopi Kenangan sendiri ialah adanya misi untuk menyebarkan kecintaanya pada kopi Indonesia sebagai produk lokal ke kancah global. Terlebih lagi Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia, sehingga tak heran masyarakatnya secara tidak langsung memiliki budaya yang kuat dengan kopi. Kendati demikian, pada hari pertama, Kopi Kenangan hanya mampu menjual 700 cangkir.

Berangkat dari kegagalan, James Prananto bangkit dan mendirikan Kopi Kenangan bersama Edward Tirtanata. Bersama temannya, James membuka kedai Kopi Kenangan pertama di tahun 2017 dan mendapat sambutan yang cukup baik.

Nama Kopi Kenangan sendiri dipilih oleh James untuk menghadirkan rasa nyaman pada konsumen. Jadi Kopi Kenangan dipilih karena dinilai lebih hangat, akrab, dan merakyat terutama di kalangan milenial. Selain itu, James juga menggunakan nama yang unik dalam setiap menunya. Salah satu contohnya, produk Trademark yang paling banyak dicari adalah “Es Kopi Kenangan Mantan” yang dibuat dari kopi, susu segar, dan gula aren organik.

Setelah mendapatkan suntikan dana, Kopi Kenangan semakin berkembang dan memiliki lebih dari 60 gerai. Pada Desember 2021 lalu, Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan sebesar USD96 juta atau setara dengan Rp1,37 triliun dan menjadikannya sebagai bisnis F&B pertama di Asia Tenggara yang menyandang gelar Unicorn.













DAFTAR PUSTAKA

Ghina Atika. 2022. "Intip Sosok James Prananto, Pendiri Kopi Kenangan".  https://www.harianhaluan.com/ekbis/pr-103881988/intip-sosok-james-prananto-pendiri-kopi-kenangan.  (Diakses pada tanggal 10 April 2023 pukul 21.38)

Alifian Asmaaysi. 2022. "James Prananto, Salah Satu Milenial Di Balik Suksesnya Kopi Kenangan". https://entrepreneur.bisnis.com/read/20220111/265/1487820/james-prananto-salah-satu-milenial-di-balik-suksesnya-kopi-kenangan (Diakses pada tanggal 10 April 2023 pukul 22.21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar