Mei 08, 2023

Dibalik Suksesnya Para Wirausahawan Muda

 Putri Andini

@AB24-Putri 


Dibalik Suksesnya Para Wirausahawan Muda 





Growbox -Annisa-

Bermula dari Indonesia yang merupakan negara agraris, namun masyarakat justru impor bahan-bahan dari negara lain. Hal itu bisa disebabkan karena masyarakat sudah tidak peduli perihal makanan datang dari mana. Oleh karena itu, Growbox ingin mengedukasi masyarakat agar tau makanannya datang dari mana dan merubah lifestyle masyrakat dari yang konsumtif, jadi melibatkan mereka pembuatan makanannya dari mana.

Awal modal Growbox yaitu dengan patungan 500k/orang. Berawal dari mengikuti pameran di Singapore dan diapresiasi oleh banyak orang. Bagi orang tua, dengan alasan ingin berkebun dengan mudah. Bagi anak muda, dapat sebagai pengganti bunga. 

Pembuatan Growbox dibuat dengan bahan-bahan seperti recycle serbuk kayu, mengolah limbah kayu dan dicampur sekam, kapur, serta diberi bibit jamur.

- Untuk desain Growbox dapat dicustom jadi beberapa jenis, salah satunya Growbox in jar

- Proses Growbox tumbuh selama 2 - 4 minggu

- Jenis jamur tiram yang sudah dipasarkan terdapat beberapa macam seperti ; Tiram putih, Pink, Kuning, dan Blue Oyster. 


Growbox telah shipping ke seluruh Indonesia, hingga dapat permintaan dari negara internasional, seperti Inggris, Jerman, Shanghai, dan Islandia. Oleh karena itu, target Growbox adalah dapat shipping ke internasional.

- Jamur jenis lain bisa dikembangkan, namun fokusnya di jamur tiram terlebih dahulu, karena jamur tiram belum semua jenis dikeluarkan. Karena jamur tiram ini adalah jamur yg kuat, dapat tumbuh dimana saja. 

- Khasiat tipe jenis jamur yaitu ;

  Kuning : Diabetes, menurunkan kadar gula darah

  Biru : Nyeri sendi, Antibodi

  Pink : Anti kanker, Anti tumor

  Putih : Menghilangkan anemia

- Cara penggunaanya juga mudah, yaitu ; disayat sedikit, semprot rutin, lalu 4 hari kemudian sudah siap panen. Hasil panen bisa 150 - 200gr.

- Toko Growbox dapat dikunjungi di Bandung dan Jakarta

- Diluar Bandung dan Jakarta, maka akan di shipping

- Jika memasarkan yang targetnya anak-anak, maka tim Growbox datang ke sekolah membawa Growbox dan dilengkapi modul edukasi.

-----------------------------------------------------------------------

Cueva -Abdul-

Bemula dari ingin membuat produk yang dapat merubah cara orang mendengarkan musik. Hal tersebut berawal dari project mata kuliah, kemudian berlanjut ke bisnis karena dari awal selling pertama mendapat respon masyarakat yang bagus. Lalu melakukan pemasaran dari website dan grand launching. 


Proses cueva

Tidak hanya menyediakan hardware, namun juga ada softwarenya yang bernama Cueva Music Player, yaitu bedasarkan mood. Hardware dan software dapat berjalan sendiri-sendiri. Jadi lagunya tidak ada handphone, namun via streaming ke internet.

Dari proses developing sekitar 4 - 5 bulan, sedangkan software masih dalam proses developing.

- Kayu yang digunakan dari kayu sungkai (Sumatra) dan kayu sonokeling (Jawa Tengah)

- Bentuk speakernya parabolic dan dibuat manual dengan proses 3 minggu dapat 20-25 unit.

- Pure menggunakan resonansi suara, tanpa listrik

- Cara penggunaannya yaitu ; letakkan handphone yang telah dinyalakan lagu ke lubang speaker, setelah itu speaker dapat mengaplikasi suara

- Target pasar dari Cueva adalah orang yang sering beraktivitas dikamar

- Harga per box 780k

- Dapat order melalui website Cueva dan offline store di Bandung dan Jakarta

- Target Cueva adalah dapat memasarkan speaker ke internasional

- Cueva membuat program 1 Cueva 1 Tree, setiap pembelian 1 cueva akan dikalkulasikan menjadi menanam 1 pohon

----------------------------------

Aksesoris -Lia-

Berawal dari kebiasaan mahasiswa DKV yang suka memakai sesuatu yang unik dan tidak pasaran, namun karena waktu yang terbatas, akhirnya mencoba menggambar dan mendapat respon yang positif, setelah itu mengembangkan inovasi baru seperti sepatu lukis, tas lukis, dan baju lukis. Lia juga ingin membantu ibunya meringankan ekonomi keluarga.

- Aksesoris yang dijual kisaran harga 30 - 35k

- Keistimewaan dari rancangan Lia adalah 1 produk paling lama bertahan 2 tahun, setelah itu tidak dibuat lagi, oleh karena itu produk yang dibuatnya menjadi ekslusif. 


Baju Batik -Dea-

Berawal dari jualan kain dan ibunya yang mengoleksi batik lalu meminta bantu menjualkan batiknya, kemudian Dea mencoba jual di online.

- Kain yang sudah rusak mulai dikombinasikan dengan bahan-bahan lain

- Usaha bisnisnya dapat berkesinambungan dengan jurusannya saat kuliah yaitu Sistem Informatika, karena sistem adalah sesuatu yg harus diaplikasikan, dapat ke bisnis atau usaha. Dea membutuhkan suatu sistem untuk produksi recyclenya, jadi sistem sangat membantu dalam pelaksanaan produksi.

- Keunikan dari usaha Dea adalah menggabungkan batik dengan model yang modern. 


- Lia dan Dea pernah berkolaborasi, baju batik dari Dea dan aksesoris dari Lia. 

- Dari ide-ide kreatif yang tadinya ekslusif, ternyata begitu diciptakan ada orang yang juga membuatnya. Apa yang harus dilakukan?

Karena dri dunia ini banyak sekali orang, jadi menciptakan inovasi yg sama pasti banyak, tapi begitu berkembang dari ide sendiri pasti berbeda. Jadi kita harus terus berkarya. 

Ide tiap orang banyak yg sama atau mirip, tapi penyampaian atau konsep tidak sama. Konsep bisa sama, tpi kualitas bisa bicara lain. Jadi kalau kita punya ide, kualitas nya bisa dibuat lebih dari yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar