Mei 17, 2023

KISAH SUKSES ATINA MAULINA

 

SHAN AQILLAH

@AA44-Shan

OWNER VANILLA HIJAB

Memulai Bisnisnya Sejak Umur 19 Tahun

Atina Maulina pertama kali memulai bisnis yang bergelut pada industri fashion hijab tepat di bulan Maret 2013 ketika ia berusia 19 tahun dan pada waktu itu ia masih berada pada bangku kuliah dengan nama Vanilla Hijab. Niat awal mendirikan usaha ini dikarenakan ia membutuhkan dana untuk membiayai kuliahnya. Sekarang ini brand Vanilla Hijab sendiri sudah berada di benak banyak orang Indonesia apabila sedang ingin mencari hijab. Bayangkan saja, untuk akun Instagram resminya sudah menyentuh 2,2 juta followers, memiliki 100 an lebih karyawan. Bahkan varian dari jenis hijabnya sudah banyak.

Sukses pada usia muda ternyata bukanlah hal mudah untuk dilakukan, karena dibutuhkan pengorbanan serta mental yang kuat. Kedua hal tersebut pun dilakukan oleh Atina Maulina dalam menjalankan Vanilla Hijab. Berkat ketekunan serta pengorbanan yang ia jalani, Vanilla Hijab sudah menjadi seperti sekarang. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin sukses pada saat usia muda harus menjalani serta memiliki tekad yang kuat untuk bisa mencapai target.

Ribuan hijab setiap bulannya diproduksi dari dapur produksi milik Atina Maulia, dibantu dengan ratusan karyawan yang kini ia pekerjakan. Dari tukang jahit keliling hingga orang-orang yang sempat putus sekolah ia pekerjakan dalam membangun kerajaan bisnisnya, Vanilla Hijab

Kesuksesan Atina Maulia ternyata bukan karena sokongan harta keluarga yang bergelimang harta,ternyata owner vanilla hijab ini berdiri dan memberanikan diri dikarenakan musibah yang sempat ia alami saat berkuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).Auto Imun Bikin Atina Maulia Lumpuh.Lumpuh karena penyakit auto imun atau rheumatoid arthritis membuat Atina Maulia harus mengorbankan impiannya untuk lulus dari kampus bergengsi di Indonesia, Institut Teknologi Bandung.Wanita kelahiran 27 Agustus 1993 itu sempat digendong untuk menuju ruang kuliah demi menimba ilmu di ITB. Meski lumpuh namun semangat tak bisa rapuh kelumpuhan yang saat itu ia alami ternyata tidak membuat kreativitas dan daya juangnya melemah.Pindah ke Jakarta, Atina Maulia melakukan berbagai terapi penyembuhan sambil berkuliah lagi. Dengan mengambil kelas reguler dan kelas ekstensi agar bisa lulus 2,5 tahun dan mengejar ketertinggalannya dari teman-teman sebayanya.Sambil berkuliah, ternyata Atina Maulia memiliki ide untuk berjualan hijab.Demi membiayai kuliahnya agar tidak menyusahkan orang tua yang sudah membanting tuang baginya selama ini, Atina Maulia bertekad untuk bisnis hijab. Perjuangannya bukan tanpa rintangan.Atina harus berangkat setidaknya dari pukul 5 pagi hari untuk berbelanja kain hijab di daerah Thamrin City, kemudian ia harus mengikuti kelas di kampusnya.Saat jam makan siang pun ia gunakan dengan bijak.Selain membalas pesan dari para customer melalui media sosial yang ia gunakan, Atina Maulia terkadang kembali lagi ke Thamrin City untuk mencari kain hijab yang sesuai dengan permintaan dari para customer.Dengan mengandalkan media sosial yang ia miliki, kini ia telah memiliki setidaknya jutaan followers di akun instagram Atina. Perjalanan Membangun Vanilla Hijab dengan kepercayaan dari para customer yang menyukai produk-produk yang dijual Atina, sedikit-demi sedikit ia mampu mengumpulkan modal dan bisa membangun bisnis hijab yang ia namai Vanila Hijab.Kerugian pun pernah ia alami di mana, ia sempat mempercayakan semua bahannya kepada satu vendor namun ternyata semua cutting-an salah.Hal itu membuat Atina harus menutup kerugiannya, Atina harus putar otak dan mengumpulkan modal lagi.



 

Jiwa Sosial Atina Maulia

Meski telah sukses bersama sang kakak, Intan Fauzia, yang juga sebagai CEO Vanilla Hijab tak membuat ia lupa dengan saudara-saudara dan orang sekitar.Sejak awal mula sebelum Vanila Hijab berdiri dengan sukses, Atina telah mempekerjakan para penjahit keliling dan juga orang-orang yang putus sekolah.Atina berharap bahwa mereka dapat melanjutkan sekolah mereka kembali dengan usaha dan uang yang mereka kumpulkan dari bekerja di Vanila Hijab.Tak heran jika kini Vanilla Hijab yang telah berdiri di tahun 2013 telah memiliki pegawai sekitar 100 orang. Selain itu melalui Vanilla Hijab, ia juga sering membuat acara amal dan mengumpulkan donasi untuk dikirimkan kepada para pengungsi di Suriah.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://kumparan.com/kumparanwoman/cerita-atina-vanilla-hijab-yang-sukses-berbisnis-dari-usia-19-tahun-1rCIRO0Rfvy/full

https://www.finansialku.com/atina-maulia/

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar