Mei 11, 2023

REVIEW VIDEO "Kuliah Sambil Bisnis, Why Not?"

 Muhammad Akmal Baihaqi (@AA06-Akmal)



Dari vidio diatas, dibahas beberapa pengusaha muda yang memulai usahanya dari usia muda dan akhirnya sukses hingga sekarang.

1. Abdul
Mahasiswa ITB pendiri Cueva dengan 9 orang temanya Berawal dari keinginan membuat cara orang mendengar musik, akhirnya ada ide membuat pasif speaker, dibuat dari bahan kayu yang berasal dari Sumatra dan Jawa tengah dengan cara handcraft.
2. Annisa
Lulusan Unpad pendiri Growbox dengan 3 temennya. Dimulai dari kebiasaan negara Indonesia yang selalu mengimport bahan pangan sesuatu, Akhirnya Annisa dan teman-teman membuat media jamur yang dapat ditanam dan dinikmati sendiri. Diawal mereka patungan modal sebesar 500rb, Growbox dibuat dari bahan daur ulang yaitu serbuk kayu dicampur sekam dan diberi bibit jamur. Akhirnya dapat diperjual belikan ke berbagai negara.
3. Lia
Mahasiswa DKV Universitas Trisakti, memiliki bisnis aksesoris sejak dibangku kuliah, dia mulai bisnis dari semester 6 dengan menjual gelang, kalung, dll. Setelah lulus kuliah ia langsung membuka gerai dan akhirnya sukses membuka gerai di beberapa daerah.
4. Dea
Mahasiswa Sistem Informatika universitas multimedia Nusantara, memiliki bisnis batik. Awalnya dia hanya membantu ibunya menjual batik, sampai pada akhirnya dia tertarik dan membuat inovasi baru, dan memasarkannya di sosial media sampai terus berkembang hingga sekarang.

Kesimpulannya, untuk memulai bisnis pada usia muda, kita diharuskan memiliki pemikiran kreatif dan berjiwa wirausaha sehingga ketika kita berbisnis kita akan mendapat keuntungan yang sepadan, seperti yang telah dilakukan ke empat narasumber diatas yang berusaha di usia
muda dan akhirnya sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar