Mei 16, 2023

STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

Oleh : Sarah Valiziane Hidayat (@AA40-Sarah)

 

 Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang digunakan sebagai landasan, kiat dalam bisnis, atau peningkatan kehidupan di zaman sekarang ini. Bagaimana pemasaran digital dapat diterapkan secara efektif? Pemasaran melalui internet Menurut (Kotler, 2008), pemasaran online (e-marketing) adalah media pemasaran online yang dapat diakses melalui komputer dan modem internet.  Menurut Urban (2004:2), pemasaran digital adalah jenis pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi informasi untuk melengkapi dan memperluas fungsi pemasaran tradisional.  Definisi ini berfokus pada semua bentuk pemasaran tradisional.  Kami juga dapat menyatakan bahwa pendapat seperti "pemasaran interaktif", pemasaran satu-ke-satu dan "pemasaran elektronik" terkait erat dengan "pemasaran digital".

Pemasaran digital juga dikenal sebagai pemasaran online, mencakup semua upaya yang dilakukan untuk memasarkan produk atau layanan melalui Internet atau jaringan online. Produk yang dipasarkan bisa milik sendiri atau milik orang lain (afiliasi), dengan persentase pembagian komisi (sistem persentase).  Internet marketer biasa disebut sebagai Internet Marketer.

Untuk memahami pemasaran digital, kita harus terlebih dahulu memahami karakteristik internet, khususnya:

A.  Ini cepat, yang berarti sesuatu terjadi dengan sangat cepat.

B.  Berubah dengan cepat, artinya internet kemarin tidak sama dengan internet sekarang.  Ini dapat diartikan jaringan internet terus diperbarui.

C.  Perkembangannya signifikan.  Dalam hal ini, perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras sangat pesat dan dihasilkan dari digitalisasi.

Strategi pemasaran digital adalah jenis promosi yang dilakukan secara digital atau di internet.  Untuk melakukannya, pertama-tama kita harus mengidentifikasi dan memahami jenis atau jenis pemasaran internet.  Ini adalah jenis-jenisnya:

● Banner Advertisement (beriklan melalui spanduk).  Jenis pemasaran internet ini terdiri dari file grafik yang dilampirkan ke situs web penyedia iklan atau situs web lain.  Pengunjung diarahkan ke situs web atau halaman blog perusahaan melalui iklan spanduk.  Dalam hal ini, desain grafis harus disajikan dengan cara yang semenarik mungkin.

● Jenis kedua adalah sponsorship.  Jenis pemasaran internet ini memerlukan kegiatan ini untuk menarik calon pembeli agar membeli produk dari perusahaan.  Jenis pemasaran internet ini melibatkan pemasaran melalui email.  Dengan mendistribusikan atau mengirimkan email perusahaan secara langsung kepada calon pelanggan atau calon pembeli dalam bentuk email penawaran reguler atau buletin.  Lebih baik bagi perusahaan untuk memberikan informasi tentang produknya tanpa kesan paksaan.  Hal ini dilakukan agar calon konsumen dapat mengambil keputusan terbaik dalam menanggapinya.

● Kemitraan / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi).  Jenis pemasaran internet ini memanfaatkan pengiklan.

● Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari).  Netter biasanya mencari informasi menggunakan mesin pencari seperti Google.  Sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa itu dapat ditemukan di pencarian Google.

● Social Media Networking (metode pemasaran menggunakan situs jejaring sosial).  Situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya dapat menjadi alat pemasaran elektronik yang efektif.  Menggunakan situs jejaring sosial untuk menunjukkan atau mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi adalah cara yang efektif dan ampuh untuk menarik calon pembeli.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan apabila strategi pemasaran digital dapat berjalan dengan baik. Kita sebagai wirausahawan harus mampu menyeleksi dan mengidentifikasi target pasar dan juga strategi terbaik untuk produk dan usaha yang kita jalani. Strategi pemasaran digital menjadi hal yang menguntungkan ketika kita mengetahui aspek-aspek didalamnya. Tidak hanya itu, dari keuntungan yang ada tentu ada kekurangan didalamnya. Dengan terus belajar dan berinovasi, kita tentu bisa melewati segala tantangan yang ada. Meningkatkan skill dalam strategi pemasaran digital mampu mencapai aspek secara global. Pemasaran secara online memungkinkan kita untuk menemukan pasar baru untuk produk yang kita promosikan. 

  

DAFTAR PUSTAKA 

Prayitno, A. (2020, July 18). Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli, Strategi, dan Perkembangannya di Indonesia. https://www.justaris.com/pengertian-digital-marketing-menurut-para-ahli-strategi-dan-perkembangannya-di-indonesia/

Dwihani, T.S. (2021, January 20).  Apa Sih Keuntungan Digital Marketing 4.0? https://bbs.binus.ac.id/gbm/2021/01/20/apa-sih-keuntungan-digital-marketing-4-0/#:~:text=Dalam%20bukunya%2C%20Kotler%20menyatakan%20bahwa,offline%20antara%20perusahaan%20dan%20pelanggannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar