Juni 19, 2023

Review video “Bongkar Pitch Deck awal Bukalapak, AirBNB, dan Tesla!”

 Nama : Adelia Wahyu Sapitri

Kode pebisnis: (AB28-adelia)



Abstrak 

Video ini membahas tentang analisis pitch deck awal mulai, dengan meggunakan Pitch Deck awal milik Bukalapak, AirBNB, dan Tesla yang sudah 10 tahun lalu untuk mengetahui, Bagaimana cara mereka mendapatkan pendanaan sewaktu ke 3 startup ini baru memulai.

Ringkasan video 

Di video tersebut menjelaskan hal penting mengenai Pitch deck. Pitch deck adalah sebuah presentasi visual yang digunakan oleh seorang pengusaha untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada investor potensial, mitra bisnis, atau calon klien. Di video kali ini menjelaskan pendekataan yang digunakan ke 3 startup tersebut ketika baru memulai bisnis hingga menjadi terkenal. 

Start up pertama yaitu Bukalapak, pitch deck bukalapak ini menggunakan pendekatan simple dimana hal pertama hanya terdapat 1 logo yang sederhana dan bersih, di slide selanjutnya menampilkan team (alasan untuk jadi bagian investor), dilanjut dengan slide penjelasan singkat terkait buka lapak, dan slide penting yang dibahas yaitu Atraction (pertumbuhan yang eksponensial).

Start up kedua yaitu Airbnb, pitch deck airbnb ini menampilakan logo yang sederhana di slide pertama. Dilanjut dengan problem mengenai price, hotels, dan no easy way exists. Di slide ke 3 solution dari problem, dimana Airbnb menawarkan Save money, make money, and share culture. Dilanjut dengan market validation, market size, contoh website, bisnis model dan yang terakhir menampilkan slide competion bagi Airbnb.

Start up ketiga yaitu Tesla, Pitch deck tesla ini menampilakan hal penting pada pitch decknya yaitu logo, background team, fomo (di suport 2 perusahaan ternama), menjelaskan produk, pertumbuhan reserasi, dan rencana modeling.

Kesimpulan 

Dari video tersebut dapat menginspirasi kita untuk menganalisis bagaimana cara mendapatkan pendanaan awal melalui pitch deck dengan contoh pitch deck dari 3 startup yang ditampilkan seperti Bukalapak, Airbnb, dan tesla dalam menarik investor melalui pendekatan pitch deck yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar