Juli 09, 2023

Tugas Kewirausahaa 1
Pertemuan 5
Tokoh wirausahawan Inspiratif


Bisnisnya bermula saat rekan Bob bernama Sri Mulyono Herlambang yang merupakan Jenderal Angkatan Udara, menawarkannya untuk memulai bisnis telur ayam negeri. Kemampuan Bob melihat peluang pasar dan menjalin hubungan yang baik dengan teman-temannya di luar negeri, membuat bisnisnya terus berkembang.

Usaha Bob Sadino dimulai dari menjual telur ayam kampung secara door to door. Dari usaha rintisan tersebut, Bob Sadino berhasil menetaskan sejumlah usaha besar yaitu Kem Chicks, Kem Foods, dan Kem Farms. Berbagai ulasan menyebut betapa gigihnya Bob Sadino menjalankan bisnisnya.

Jenjang karir yang dijalankan oleh Bob Sadino dimulai dari usianya 19 tahun yang sudah ditinggalkan oleh ayahnya, Bob Sadino hanya memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri. Dengan cara berpikir yang kreatif, beliau berhasil untuk menjadi pengusaha yang hingga saat ini menjadi panutan bagi pengusaha muda.
 

Bob Sadino, dilahirkan di Tanjungkarang, Lampung, 9 Maret 1933. menempuh pendidikan dasar (SD) di Yogyakarta (1947). SMP lulus tahu 1950, sementara pendidikan SMA diselesaikannya pada 1953, semuanya di Jakarta. Pada tahun 1954, ia mengawali perjalanannya. Saat itu, ia menjadi karyawan di Unilever.
 

Dia adalah pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan ternak. Merek dagangnya yang terkenal yaitu Kemfood dan Kem Chick. Itulah mengapa Bob Sadino disebut sebagai Juragan Kem Chick. Meski dikenal sebagai Juragan produk pangan dan ternak, Bob Sadino mengawali bisnis dengan membuka usaha rental mobil.

salah satu teknik marketing yang telah diterapkan oleh Bob Sadino adalah memberikan hadiah pelanggan sebagai kejutan. Karena prinsip dari bisnis sendiri adalah “pelanggan adalah raja”. Adanya bonus bagi si pembeli menjadi nilai tambah tersendiri bagi pembeli. Pembeli akan merasa senang terhadap bonus tersebut.

Jangan menyerah. Banyak belajar, banyak mendengar, dan jangan ogah bekerja keras. Suatu saat, saat kamu sukses dan orang-orang yang mencemoohmu datang mendekatimu, jangan sinis tapi berterima kasihlah karena mereka telah memotivasimu.

 

 

https://www.google.com/search?q=sejarah+bob+sadino+memulai+usaha&sxsrf=AB5stBjALy-WfZuVudJaP-VoW7DRwGeU1A%3A1688551344385&ei=sD-lZPaNF-6K4-EPvP-U0As&oq=sejarah+bob+&gs_lcp=Cgxnd3Mtd2l6LXNlcnAQARgBMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgYIABAWEB4yBggAEBYQHjoKCAAQRxDWBBCwAzoHCCMQ6gIQJzoVCAAQAxCPARDqAhC0AhCMAxDlAhgBOhUILhADEI8BEOoCELQCEIwDEOUCGAE6BwgAEIoFEEM6BwguEIoFEEM6CwgAEIAEELEDEIMBOgUILhCABDoICAAQgAQQsQNKBAhBGABQ7ApYkSdgzzpoBHABeACAAY8BiAG4CZIBAzcuNZgBAKABAbABCsABAcgBCNoBBAgBGAs&sclient=gws-wiz-serp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar