Juli 10, 2023

Kisah sukses Achmad Zaky, Founder dan mantan CEO Bukalapak

 



Oleh : Ricky Fardianto (AB02-Ricky)
NIM : 41521010156 

Biografi  

Ahmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986, seorang Putra dari pasangan suami istri yang berprofesi sebagai seorang guru SMP di salah satu kampung yang ada di daerah Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Founder bukalapak ini bukanlah terlahir dari keluarga yang kaya. Terlepas dari itu, pendidikan tetap menjadi prioritas utama bagi kedua orang tuanya dengan harapan sang anak bisa menjadi orang sukses kelak. Sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar zaky sudah mengenal dunia teknologi. Hal itu di awali dengan sebuah komputer pemberian dari salah satu pamannya pada tahun 1997. Dari situlah mulai muncul akan ketertarikannya terhadap pemrograman. 

 

Prestasi saat kuliah 

Selain aktif di dalam bidang akademis, Ahmad Zaky juga menggagas perubahan nama Entrepreneur Club menjadi Techno Entrepreneur Club. Serta lahirnya sebuah cabang ShARE Global Student Think Tank di ITB.  

Tak cuma itu, Ahmad Zaky pernah menyabet juara 2 pada perlombaan MIC ( Wireless Innovation Contest) di tahun 2007 yang diadakan oleh indosat. Selain itu Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) tahun 2008, ikut menambah daftar prestasinya. 

Ahmad Zaky mendapatkan beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat untuk melanjutkan studi nya di Oregon State University selama dua bulan. Cukup mengejutkan bagi orang yang tak cukup mahir dalam berbahasa inggris namun bisa di terima di sana. 

 

Perjalanan Bukalapak 

Di tahun 2010, selama kurang lebih dua bulan Zaky bersama rekannya yaitu Nugroho Herucahyono yang kini menjabat sebagai CTO bukalapak, membangun software tersebut. Bermodalkan uang 90 ribu untuk membeli domain, akhirnya proyek itu pun diluncurkan ke publik pada 10 Januari 2010. Sempat terpikirkan banyak nama untuk websitenya. Dimana yang akhirnya Zaky dan team menamainya Bukalapak dengan alasan sesuai dengan visi misi perusahaan serta simpel dan mudah diingat. Tidak semulus seperti apa yang dibayangkan sekarang. Setelah Bukalapak diluncurkan, tidak ada satupun kunjungan ke situs tersebut. Rasa kesal, sedih dan marah sempat dilalui oleh pendirinya, namun ketika mengingat visi serta misinya, Ahmad Zaky pun bersemangat lagi.  

Seiring berjalannya waktu, dikit demi sedikit impian Bukalapak mulai terwujud. Salah satu perusahaan asal Jepang yaitu Batavia Incubator, menjadi investor pertama yang menanamkan modal. Pada tahun 2012 kembali mendapatkan suntikan dana dari GREE Ventures. Lalu pada tahun 2014 seiring dengan peluncuran aplikasi mobile, perusahaan seperti Aucfan, IREP, 500 startup dan GREE Ventures berinvestasi di Bukalapak. Berselang satu tahun, yaitu 2015 EMTEK ikut bergabung ke dalam jajaran investor dan memiliki saham terbesar. Hingga pada tahun 2018, tercatat sekitar 4 juta UKM Indonesia yang bergabung bersama Bukalapak.


Daftar Pustaka

2019. "Biografi Ahmad Zaky: Founder dan Mantan CEO Bukalapak",

https://www.akudigital.com/bisnis-tips/biografi-ahmad-zaky/ 

diakses pada 10 Juli 2023 pukul 00.41.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar