September 17, 2023

 

PERENCANAAN DAN ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


  1. 1.     Perencanaan

·       Definisi perencanaan

Proses untuk menentukan bagaimana organisasi bisa mencapai tujuannya atau perkembnagan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses Analisa,evaluasi,seleksi diantara kesempatan yang dipredikasi dahulu.

·       Tujuan perencanaan

Memiliki dua maksud yaitu perlindungann dan kesempatan. Protektif adalah meminimalisir resiko dengan mengurangi ketidakpastian di sekitar kondisi bisnis dan menjelaskan konsekuensi tindakan manajerial, sedangkan tujuan afirmatifnya adalah menignkatkan tingakt keberhasilan organisasional.

·       Kerugian dan keuntungan perencanaan

-       Membantu wiraussahwan berorientasi ke masa depan

-       Koordinasi keputusan

-       Perencanaan menekankan tujuan organisasioanl

·       Jenis perencanaan

-       Perencanaan strategis, perencanaan jangka Panjang yang dipusatkan pada organisasi secara keseluruhan.

-       Definisi strategi, suatu rencana luas dan umum yang dikembangkan untuk mencapai tujuan organisasional jangka Panjang.

-       Manajemen strategi, proses yang menjamin bahwa proses dan manfaat organisasi dari penggunaan strategi organisasional yang tepat.

-       Perencanaan taktis, perencanaan jangka pendek yang menekankan pada operasi berbagai bagian organisasi yang sedang berjalan.

·       Langkah dalam proses perencanaan

1.     Menyatakan tujuan organisasi

2.     Memilih berbagai cara alternatif untuk mencapai tujuan

3.     Mengembangkan premis yang menjadi dasar

4.     Memilih alternatif terbaik untuk mencapai tujuan

5.     Pengembangan rencana berdasar alternatif

6.     Mengfungsikan rencana-rencana ke dalam tindakan-tindakan

·       Pendekatan-pendekatan dalam perencanaan

-       Pendekatan probabilitas tinggi , ditunjukan langsung untuk menjamin tingkat keberhasilan yang bisa diterima. Contoh (mereka dengan hati-hati menganlisa tujuan organisasi untuk menjamin kesesuainnya). Keuntungan dari pendekatan ini adalah biasanya menghasilkan rencana yang sangat telat,hanya menemukan cara yang praktis untuk mendapatkan tingkat keberhasilan yang diinginkan dan kerugiannya adalah tidak mendorong rencana-rencana yang kreatif.

-       Pendekatan maksimal, biasanya menggunakan Teknik kuantitatif, membangun model matematis dari sistemn yang direncanakan mendasarkan model tersebut. keuntungannya adalah secara kontiniu menekan pada keuntungan potensional penuh dari organisasi menggunakan tingkat kuantitatif yang canggih dan ruginya adalah memperlakukan kompenen organisasi dapat dikauntifikasikan dan di prediksi.

-       Pendekatan adaptasi,suatu ketidakmampuan berdaptasi adalah kendala besar bagi keberhasilan organisasi. Keuntungannya adalah bahwa pendekatan ini difokuskan pada lingkungan eksternal dan internal organisasi untuk memprediksi  perubahan organisasioanl. Kerugiannya adalah penekanan yang kurang pada tujuan organisasi dibandingkan dengan pendekatan probabilotas tinggi dan pendekatan adaptasi.

 

  1. 2.     Organisasi Usaha

·       Pengertian Organisasi

Struktur organisasi adalah hasil proses yang ditempuh oleh para manejer untuk merencanakan emapt bagian persoalan ; pembagian pekerjaan, departemenisasi ,rentangan kendali dan delegasi.

·       Bagan organisasi

Adalah gambaran strukutur organisasi ditunjukan dengan kotak-kotak atau garis yang disusun menurut kedudukan yang memuat fungsi tertentu dan dihubungkan satu sama lain dengan garis wewenang. Control bagan dan struktur organisasi suatu Perusahaan di pimpin oleh seorang manajer, dibantu tiga kepala bagian ; kepada bagian produksi,kepala bagian keuangan dan personalia.

·          Bentuk Organisasi

  • -       Staff organization, tidak ada garis komando ke bawah (pimpinan, staff, staff), hanya terdapat pimpinan dan staff yang meberikan bantuan pemikiran berupa saran atau nasehat kepada pimpinan.
  • -       Line organization ,dimana top manager atau chief executive dipandangan sebagai kekuasaan tunggal, keputusan atau segala kebijakan ada di tangan satu orang yaitu pimpinan.
  • -       Function Organization, disusun berdasarkan sifat dan macam-macam fungsi sesuai dengan kepentingan organisasi, tiap fungsi saling berhubungan karena antara satu fungsi dan yang lain saling bergantung  







DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar