September 19, 2023

Strategi pelatihan dan pengembangan dalam memajukan perusahaan

Oleh = Novianda Abilly Pitaloka


Abstract 

Artikel ini dibuat untuk pelatihan dan pengembangan karyawan dalam upaya peningkatan kinerja pelayan. Pelatihan merupakan upaya pencapaian kompetensi karyawan untuk prsiapan mengembangkan tanggung jawab yang lebih tinggi di masa yang akan datang. Dalam artikel ini akan membahas terkait pelatihan dan pengembangan karyawan. Perusahaan konsisten melakukan pelatihan karyawan dalam peningkatan kinerja pelayanan. Pelatihan sangat dibutuhkan dan bermanfaat agar karyawan bekerja lebih trampil,menguasai pekerjaan dan tugas yang diberikan serta menyelesaikan seluruh tugas dan pekerjaannya masing-masing. Manfaat bagi perusahaan agar pegawai terlatihdan bekerja dengan kualitas kerja yang tinggi serta kuantitas kerja yang besar. 

Kata Kunci: pelatihan,peningkatan kinerja pelayanan.  

PENDAHULUAN 

Pelatihan mengacu pada upaya yang direncanakan perusahaan untuk memfasilitasi pembelajaran kompetensi, pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan, dan bertujuan agar karyawan menguasai pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang ditekankan dalam pelatihan dan menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari (Noe, 2020). Dan menurut Jackson et al. (2018), pelatihan memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kinerja dalam waktu dekat dan dalam pekerjaan tertentu dengan meningkatkan kompetensi karyawan. 

Menurut Noe (2020), pengembangan mengacu pada pelatihan, pendidikan formal, pengalaman kerja, hubungan, dan penilaian kepribadian, keterampilan, dan kemampuan yang membantu karyawan mempersiapkan diri untuk menghadapi pekerjaan atau posisi di masa yang akan datang.

Metode Penelitian Metode yang digunakan untuk menyusun artikel ini adalah study kepustakaan Study Kepustakaan yaitu menelaah sumber-sumber baik itu buku, jurnal, artikel, referensi-referensi yang Berkaitan dengan pelatihan dan pengembangan karyawan. 

PEMBAHASAN 

A. Pelatihan 

 Pelatihan dalam suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting dikarenakan pelatihan sangat berdampak pada bertambahnya kemampuan dan keahlian karyawan di dalam menjalankan setiap bidang yang sesuai dengan pekerjaannya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan keunggulan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. 

Ada berbagai definisi mengenai pelatihan yang ditemukan dalam artikel literatur sebagai berikut: 

1. Pelatihan adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas individu (sendawula et al,,2018). 2. Pelatihan adalah penerapan peningkatan pengetahuan dan keterampilan, sehingga lebih bersifat praktis, untuk meningkatkan kinerja atau prestasi bagi karyawan dalam suatu organisasi atau perusahaan (Hidayat & Budiatma, 2018). 

3. Pelatihan merupakan upaya yang sistematis dan terencana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap karyawan melalui pengalaman belajar dalam rangka meningkatkan efektivitas kinerja (Bariqi, 2018). 

4. Pelatihan dan pengembangan umumnya disebut sebagai pengalaman belajar yang direncanakan yang mendidik karyawan tentang melakukan pekerjaan saat ini dan masa depan (Abogsesa & Kaushik, 2018). 

5. Pelatihan merupakan serangkaian proses yang dirancang untuk meningkatkan keahlian,pengetahuan, pengalaman, dan perubahan sikap karyawan (Wiliandari, 2014).

B. Pengembangan 

 Pengembangan berbeda dengan pelatihan,dalam hal yang bertujuan pelaksanaannya untuk meningkatkan kemampuan para karyawan. Terdapat beberapa definisi mengenai pengembangan yang ditemukan dalam kajian literatur antar lain: 

➢ Pengembangan adalah penyiapan pegawai untuk mengemban tanggung jawab yang berbeda lebih tinggi di dalam suatu organisasi (Bariqi, 2018). 

➢ Pengembangan tidak hanya mencakup kegiatan-kegiatan yang meningkatkan prestasi kerja tetapi juga yang membawa pertumbuhan kepribadian, membantu individu dalam kemajuan menuju kedewasaan dan aktualisasi kapasitas potensial sehingga mereka tidak hanya menjadi karyawan yang baik tetapi orang yang lebih baik (Sthapit & Ghale, 2018). 

➢ Pengembangan adalah penyiapan individu untuk mengemban tanggung jawab lebih tinggi di dalam perusahaan, yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan intelektual atau emosional yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih baik (Wiliandari, 2014).

KESIMPULAN 

 Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan elemen penting dalam mengoptimalkan potensi dan produktivitas tenaga kerja dalam suatu organisasi. Dalam kesimpulannya: 

1. Pelatihan meningkatkan keterampilan: Pelatihan membantu karyawan mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan keterampilan yang sudah ada, sehingga mereka dapat melaksanakan tugas mereka dengan lebih efisien. 

2. Pengembangan memajukan karier: Program pengembangan karyawan memberikan peluang bagi mereka untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, manajemen, dan berperan lebih strategis dalam organisasi. 

3. Manfaat bagi organisasi: Investasi dalam pelatihan dan pengembangan dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih kompeten, meningkatkan retensi karyawan. 

4. Peningkatan motivasi dan keterlibatan: Karyawan yang diberi kesempatan untuk mengembangkan diri mereka cenderung lebih termotivasi dan merasa dihargai, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktivitas mereka. 

5. Keterhubungan dengan tujuan bisnis: Program pelatihan dan pengembangan harus sesuai dengan tujuan bisnis organisasi, sehingga dapat menghasilkan dampak yang lebih signifikan. 

 Dalam keseluruhan, pelatihan dan pengembangan karyawan adalah investasi yang penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dalam suatu organisasi.  

DAFTAR PUSTAKA 

1 Riska Gustiana, Taufik Hidayat, and Achmad Fauzi, “PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SUATU KAJIAN LITERATUR REVIEW ILMU MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA)” 3, no. 6 (2022): 663

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar