Oktober 11, 2023

Review video startup



Yunita Mulyadini

@AE17-Yunita

Merintis startup diawali dari sebuah ide

startup merupakan perusahaan rintisan yang didirikan oleh satu atau banyak orang untuk mengembangkan sebuah produk atau layanan unik yang sesuai dengan target pasar. ada 6 tahapan dalam membangun startup yaitu :

1. ideation

2. produk development

3. manurity

4. getting user and marketing

5. rapid growth

6. dan steady growth or decay.

struktur utama untuk membangun sebuah start-up harus memiliki tiga faktor yang diantaranya founder, investor atau dana serta produk atau layanan. 

setiap perusahaan startup harus mempersiapkan perencanaan jangka pendek dan panjang agar rencana perusahaan sesuai yang diinginkan.


Startup dan pengembangan produk

startup merupakan perusahaan atau bisnis rintisan atau baru dimulai di mana perusahaan ini masih dalam penelitian dan pengembangan. contohnya banyak sekali seperti shopee, go-jek, tokopedia dll. produk roadmap merupakan kunci jitu untuk seorang pedagang manager yang dibentuk untuk kepentingan yang ada, jadi seorang manajer harus mempunyai kunci gitu untuk suatu tujuan tertentu. jenis aktivitas pengembangan produk dibagi menjadi tiga yaitu berupa inovasi, koperasi, dan literasi.

strategi pengembangan produk untuk startup yaitu : buat sendiri, mencari mitra, outsource, karyawan, sarana dan prasarana, fitur, project management, dan menilai produk.


Model pembayaran dan layanan startup

untuk penelitian ini lebih lanjut dapat dilakukan penelitian permainan dengan pendekatan model bisnis yang sama untuk beberapa perusahaan startup e-commerce. 

model bisnis adalah bagaimana sebuah bisnis bisa menghasilkan keuntungan serta bisa meyakinkan bahwa upaya yang dijalankan merupakan hal-hal yang memberikan nilai tambah dan juga mempunyai. terdapat juga beberapa model pembayaran yaitu on time, subscription, pay by advertisement, pay as you go, barter dan freemium(gratis). 


Tahapan marketing dalam startup

dalam sebuah startup tim pemasaran (marketing) biasanya mendapat tanggung jawab dan target yang tinggi. apa yang startup butuhkan pada tahap awal akan berbeda dengan keperluan startup yang telah memperoleh pendanaan seri A,B, atau C. dengan sumber daya terbatas, penting bagi kamu untuk mengetahui tipe dan aktivitas marketing yang tepat seiring perkembangan startup. tahap awal hingga Seri A: memperkenalkan produk yang melakukan riset pasar

Seri B : menunjuk pemimpin dan membentuk proses

Seri C : ekspansi dan tunggal dengan cepat

Seri D dan setelahnya.

tahapan marketing yaitu pirate metric, yang terdiri dari 5 tahap yaitu acquisition, activision, retention, referal, dan revenue.


Tahapan pendanaan dalam startup

pendanaan merupakan aspek yang penting, salah satu sumber pendanaan adalah dana sendiri, Angel investor, institutionalized investor, dan bank. tahap pendanaan startup terdiri dari tahap pre-seed, tahap seed funding, tahap venture capital, tahap pendanaan seri A, B, C dan initial public offering. 

tahap pre-seed atau pre-seed funding adalah tahap pendanaan awal startup namun tidak termasuk pada putaran pendanaan. biasanya dana yang dapat pada tahap pre-seed funding adalah melalui bootstrapping (dana sendiri) dan menerima dana untuk bisnis dari keluarga serta teman.

cara mendirikan san mengembangkan startup

ada 5 hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis startup

1. fokus

2. inovasi terus menerus untuk mengembangkan bisnis startup

3. networking

4. marketing yang tepat

5. manajemen keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar