November 16, 2023

Artikel Memahami Esensi Pemasaran Digital: Meraih Pelanggan di Era Internet.

 




 


DISUSUN OLEH : 

SAMUEL NICODEMUS
46122010059
@AE14-SAMUEL










FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS MERCU BUANA
JAKARTA 2023

Memahami Esensi Pemasaran Digital: Meraih Pelanggan di Era Internet

Dalam era digital, Integrated Marketing Communication (IMC) mengalami perubahan signifikan karena teknologi terus berkembang pesat dan jumlah pengguna internet yang bertindak sebagai penyampai pesan komunikasi brand semakin meningkat. Salah satu contoh transformasi IMC dalam era digital adalah peran penting media sosial dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens bisnis.

Kehadiran media baru, seperti media sosial, telah menjadi cara untuk mempromosikan brand atau perusahaan dengan tujuan menciptakan keterlibatan aktif dari pelanggan. Hal ini telah mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih berorientasi pada informasi dan cerdas dalam memilih produk yang ingin mereka beli.

Media sosial merupakan alat komunikasi pemasaran yang kuat karena memungkinkan komunikasi dengan audiens yang luas, berbagi informasi, dan mengatasi hambatan geografis. Dengan pemahaman yang baik tentang potensi media sosial, pemasar dapat mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan mereka.

Salah satu platform yang populer dalam menjalankan bisnis online dan berbagi informasi brand adalah Instagram. Namun, dalam implementasinya, transformasi IMC masih membutuhkan dukungan dari pemasaran tradisional, seperti acara dan penjualan personal, yang tetap memiliki dampak signifikan pada sebuah brand atau perusahaan.

Departemen pemasaran bertanggung jawab dalam mempromosikan produk dan layanan perusahaan kepada pelanggan potensial dengan berbagai strategi seperti iklan, branding, dan media sosial untuk mencapai target audiens dan meningkatkan penjualan. 

Konsep pemasaran sosial muncul sebagai pengembangan dari konsep sebelumnya, yang menekankan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan sosial serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Perubahan dalam isu pemasaran, terutama dalam bisnis online dan teknologi, telah mengubah cara konsumen berbelanja dan memberikan peluang kepada pelaku usaha untuk mengakses pasar global. Hal ini mendorong perusahaan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi.

Kualitas produk dan layanan yang tinggi, nilai yang lebih tinggi bagi konsumen, dan fokus pada kepuasan pelanggan menjadi kunci kesuksesan dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat.

Dalam dunia yang terus berubah, pemimpin bisnis harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat dan kemampuan untuk berinovasi agar dapat tetap kompetitif dan relevan di pasar global. Membangun hubungan positif dengan pelanggan sangat penting dalam mencapai kesuksesan bisnis, sehingga perusahaan harus berfokus pada pemasaran berbasis hubungan.

 

 

 

 

 

 

 

 

                 DAFTAR PUSTAKA

Zaidan.N, Salsabila A, Akbar B.F, Francisco J.S, Amri R.S, Wadeng.T, Sidiq M.Y.A, Raihan M.AZ. 2023. Kewirausahaan Era Digital. Indonesia Emas Group.

Mizanie.D, Irwansyah. 2019. Penggunaan Social Network Site (SNS) Instagram Sebagai Media Pemasaran Geriliya Digital. Universitas Indonesia.

Yoga P.S. 2018. TRANSFORMASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION DI ERA DIGITAL. Universitas Prof. DR. Moestopo.

MULYANA, M.  PERAN PEMASARAN DALAM MASYARAKAT DAN PERUSAHAAN. Universitas Terbuka.

Erwin E, Dedi A.S, Adi Masliardi A, Hansopaheluwakan S, Dwi S.K, Budi E.D, Nurani N.M. 2023. Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar