November 17, 2023

Memahami Pentingnya Modal Dalam Bisnis: Panduan Lengkap Untuk Pengusaha


Arief Prasetyo

AE-01 Arief

 

Modal adalah istilah luas yang dapat menggambarkan segala hal yang memberikan nilai atau manfaat kepada pemiliknya. Biasanya, modal adalah lebih sering dikaitkan dengan uang tunai yang digunakan untuk tujuan produktif atau investasi.

modal adalah komponen penting dalam menjalankan bisnis sehari-hari dan membiayai pertumbuhannya di masa depan. Modal usaha dapat berasal dari operasi bisnis atau diperoleh dari utang atau pembiayaan ekuitas

ntuk memulai sebuah bisnis, banyak hal yang harus dipikirkan. Pebisnis perlu memikirkan produk, pasar, strategi, hingga perhitungan untung-rugi. Namun, berpikir dan terus berpikir tidak akan membuat bisnismu terwujud. Modal adalah salah satu syarat dasar memulai bisnis.

Karena itulah, calon pebisnis harus terlebih dahulu paham pengertian modal. Modal merupakan dasar berjalannya rumah tangga perusahaan. Definisi modal adalah sekumpulan uang atau barang yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan suatu pekerjaan, termasuk membangun bisnis. Jadi, modal bisnis bukan hanya soal uang, namun juga modal barang.

Misalnya, kamu akan mendirikan bisnis cuci-setrika maka mesin cuci yang kamu miliki bisa menjadi modal awal. Demikian pula jika membuat usaha katering maka mesin penanak nasi akan membantu proses produksi yang kamu lakukan. Bisa dengan menyisihkan dana yang dialokasikan untuk membeli alat tersebut atau mengajak serta investor yang menyediakan kebutuhan tersebut.

Jenis-jenis modal Dikutip dari Gramedia.com, jenis modal adalah dapat dilihat dari sisi sumber, pemilik, wujud dan sifatnya. Berikut adalah beberapa kategori dan jenis modal yang perlu diketahui:

1. Jenis modal berdasarkan sumber

        Modal berdasarkan sumber dibagi menjadi 2 yaitu internal dan eksternal

       Modal internal adalah modal yang berasal dari kekayaan pemilik perusahaan, modal para                       pemegang saham, penjualan surat berharga, atau modal yang didapatkan dari laba perusahaan.

modal eksternal adalah modal yang didapatkan selain dari kekayaan perusahaan. Modal tersebut bisa didapatkan dari investor atau kreditur seperti bank, koperasi, pinjaman personal.

2. Jenis modal berdasarkan pemiliknya

Berdasarkan pemiliknya modal adalah dibagi menjadi dua, yaitu modal perseorangan dan modal sosial.

Modal perseorangan adalah modal yang berasal dari seseorang. Kelebihan dari modal perseorangan yaitu memudahkan berbagai aktivitas bisnis dan memberikan profit yang optimal kepada pemiliknya. Contoh modal jenis ini seperti properti pribadi, deposito, dan saham.

            Sedangkan modal sosial adalah modal yang dimiliki oleh masyarakat. Modal ini memberikan                manfaat bagi masyarakat secara umum dalam melakukan aktivitas bisnis. Contoh modal sosial                yaitu jalan raya, pelabuhan, pasar, jembatan, stasiun, dan lain-lain.

3. Jenis modal berdasarkan wujudnya

Jika ditinjau dari wujudnya, modal adalah terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal aktif (modal konkret) dan modal pasif (modal abstrak).

Modal aktif adalah modal yang dapat dilihat secara kasat mata dan berwujud. Contoh modal konkret adalah uang, bahan baku, gedung atau tempat usaha, kendaraan, mesin, gudang, dan lain-lain.

modal abstrak adalah modal usaha yang tidak dapat dilihat secara kasat mata. Nilainya susah ditakar langsung. Meski demikian, modal abstrak sangat penting bagi keberlangsungan jalannya perusahaan

4. Jenis modal berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, modal adalah terbagi menjadi dua jenis, yaitu modal tetap dan modal lancar.

Modal tetap atau fix capital merupakan modal yang dapat digunakan untuk produksi beberapa kali dalam waktu jangka panjang dan berulang. Contohnya gedung, mesin, tanah, komputer, kendaraan, alat tes, dan sebagainya.

modal lancar atau variable capital adalah modal yang habis terpakai dalam sekali proses produksi. Contohnya bahan baku, bahan bakar, alat sekali pakai, dan sebagainya.


Sumber modal mengacu pada asal-usul atau sumber-sumber dari mana modal atau dana diperoleh. Modal adalah bentuk kekayaan atau sumber daya finansial yang digunakan untuk memulai, mengoperasikan, atau mengembangkan suatu usaha atau kegiatan. Pemahaman yang baik tentang sumber modal penting, terutama bagi mahasiswa yang mungkin memerlukan modal untuk membiayai pendidikan mereka, mengembangkan keterampilan, atau mengejar proyek-proyek tertentu.

"Pengelolaan modal" atau "manajemen modal" adalah praktik dan keputusan yang diambil untuk mengelola sumber daya keuangan atau modal dengan efisien. Ini melibatkan pengumpulan, alokasi, dan penggunaan modal dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Pengelolaan modal sangat penting di berbagai konteks, termasuk bisnis, keuangan pribadi, dan organisasi nirlaba.

Dalam konteks bisnis, modal merujuk pada sumber daya finansial yang digunakan untuk memulai, mengoperasikan, dan mengembangkan suatu perusahaan. Peran modal dalam bisnis sangat signifikan dan mencakup banyak aspek kunci keberhasilan usaha

·        -  Pengembangan produk atau layanan

·         - Ekspansi bisnis

·         - Peningkatan Operasional

 Dalam memulai dan pengembangan dalam bisnis juga memiliki tantangan tersendiri yaitu yang paling vital adalah tantangan dalam mendapatkan modal dalam memuluskan usaha ini perlunya melakukan beberapa hal antara lain: strategi dalan negosiasi, Dokumentasi bisnis, Reputasi Bisnis

 

DAFTAR PUSTAKA

https://ajaib.co.id/pengertian-modal-dan-pentingnya-modal-sebagai-fondasi-bisnis/

 

https://money.kompas.com/read/2022/02/26/133656526/apa-itu-modal-pengertian-jenis-dan-manfaatnya-bagi-perusahaan?page=all#:~:text=Secara%20umum%2C%20manfaat%20modal%20bagi,Modal%20untuk%20mengurus%20perizinan%20usaha.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar