November 30, 2023

Strategi Pemasaran di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM

 

 


PENDAHULUAN

Strategi Pemasaran adalah menjadi salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan, baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Pemerintah telah menyusun beberapa strategi dalam menghadapi era digital yang dituangkan dalam program Making Indonesia 4.0. Revolusi teknologi, khususnya sektor komunikasi dan informatika telah membuka peluang bagi perkembangan bisnis. Beragam barang dan jasa ditawarkan dengan model transaksi yang praktis dan mudah.

Media digital yang digunakan antara lain Instagram, Facebook, WhatsApp, GrabFood/Go[1]Food, Tokopedia dan platform online lainnya mampu membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mampu mempertahankan bisnisnya. Merujuk pada pendapat-pendapat yang telah disampaikan diatas, maka dipandang penting kiranya memberikan seminar kepada pelaku UMKM tentang Strategi Pemasaran Yang Ideal di Era Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM.


Fungsi strategi pemasaran:

  • Bahan analisis tren konsumen terbaru
  • Tolok ukur perencanaan pemasaran jangka panjang
  • Acuan seluruh tim dalam usahamu untuk mencapai target pemasaran
  • Acuan pengembangan produk/jasa baru sesuai tren dan kebutuhan konsumen

Strategi Pemasaran di Era Digital
Salah satu tren strategi pemasaran yang sudah mulai banyak digunakan saat ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan perangkat digital atau sering disebut digital marketing

Berikut ini terdapat beberapa poin penting strategi pemasaran di era digital yang perlu kamu ketahui:
  • Informasi lebih cepat tersampaikan
  • Jangkauan konsumen lebih luas 
  • Mudah digunakan
  • Biaya relatif lebih sedikit daripada pemasaran offline, contohnya mengadakan event pemasaran di lokasi tertentu. 

Peran Platform Digital untuk UMKM Indonesia 
Penggunaan platform digital menghadirkan beberapa manfaat untuk UMKM. UMKM dapat mengakses berbagai data tentang pelanggan dan analitik yang dapat membantu mereka dalam pengambilan keputusan.

Platform e-commerce, misalnya, dapat memberikan informasi tentang produk yang laris manis dan tidak. Data tersebut dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang manajemen inventaris, pemasaran, dan sebagainya.

berikut adalah kategori aplikasi yang banyak digunakan UMKM untuk membantu operasional bisnis : 

  • marketplace menawarkan cara yang mudah dan hemat bagi UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkat penghasilan mereka.
  • media sosial yang digunakan UMKM untuk sarana pemasaran, penjualan, dan interaksi dengan pelanggan adalah Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, Twitter, dan LinkedIn

Supaya lebih siap memasuki ekosistem ekonomi digital, berikut ini terdapat beberapa strategi pemasaran UMKM di era digital:

1. Influencer
Influencer merupakan seseorang yang memiliki pendapat atau suara yang menjadi kekuatannya untuk menyampaikan sesuatu. Influencer dinilai dari seberapa besar pengaruh yang diciptakan kepada followers.

2. Key Opinion Leader (KOL)
KOL adalah orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan aktif menggunakan media sosial untuk menyampaikan pendapatnya tentang suatu hal. Dari keahlian dan kemampuannya pada bidang tertentu, pendapat KOL memiliki kredibilitas lebih.

3. Social Media Ads
Media sosial juga menjadi tempatmu memasang iklan dan langsung terhubung pada situs marketplace/website usahamu. Cara tersebut yaitu dengan social media ads. media sosial seperti Instagram dan Facebook memunculkan postingan akun usahamu secara acak. Jadi, social media ads membantu usahamu agar terlihat berulang kali dan muncul pada akun orang-orang yang memiliki algoritma pencarian  yang sama dengan jenis usahamu. 


KESIMPULAN

meningkatkan kualitas dalam pelayanan, beralih ke media social untuk melakukan promosi produk, melakukan survey atau analysis terhadap perkembangan produk, mengikuti acara-acara bazar atau pasar raya, menjual produk dengan menggunakan platform e-commerce, menggunakan uang atau pembayaran secara elektronik, membangun hubungan baik dan memperluas relasi, dan yang terakhir dengan mengikuti perkembangan trend.


DAFTAR PUSTAKA

 

Utari Eka Rulita (2021) Penerapan Pemasaran UMKM di Era Digital


Pratiwi Fina (2021) Pengembangan UMKM yang Efektif untuk diterapkan


Margareth Anjani Mawarsari (2023) digitalisasi umkm di indonesia 2023 tantangan dan peluang








Tidak ada komentar:

Posting Komentar