Desember 18, 2023

FORUM DIALOG DAN PERTEMUAN INTERNASIONAL DALAM PERDAGANGAN LUAR NEGERI

 


FORUM DIALOG DAN PERTEMUAN INTERNASIONAL DALAM PERDAGANGAN LUAR NEGERI

Forum dialog dan pertemuan internasional memainkan peran penting dalam memperkuat kerja sama perdagangan luar negeri antara negara-negara, Seperti konferensi perdagangan dan pertemuan Tingkat tinggi, memberikan platform bagi negara-negara untuk membahas isu-isu perdagangan, membangun hubungan, dan mencari Solusi.

Forum dialog dan pertemuan internasional menjadi pengalaman penting dalam perdagangan luar negeri, karena mereka memungkinkan negara-negara untuk memperkuat kerja sama dan menciptakan kesepahaman yang mendukung kembangan ekonomi global. Berikut ini adalah beberapa contoh forum dialog dan pertemuan internasional dalam perdagangan luar negeri:

Berikut ini adalah beberapa contoh forum dialog dan pertemuan internasional dalam perdagangan luar negeri:

a.    Forum Dialog IBSA

Forum Dialog IBSA (India, Brazil, South Africa) adalah kelompok trilateral yang bertujuan memperkuat kerja sama internasional di antara ketiga negara tersebut. Forum Dialog IBSA didirikan pada tahun 2003. Dengan melakukan serangkaian pertemuan dan dialog, negara-negara ini dapat membahas cara mereka dapat bekerja sama dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan luar negeri.

b.    Asia Cooperation Dialogue (ACD)

Asia Cooperation Dialogue didirikan pada Juni 2002 di Cha-Am, Thailand oleh 18 Menteri Luar Negeri se-Asia termasuk Indonesia ACD adalah forum yang memungkinkan negara-negara Asia untuk berdialog dan bekerja sama dalam berbagai aspek, termasuk perdagangan luar negeri.

c.     Asia Europe Meeting (ASEM)

Asia Europe Meeting didirikan pada tahun 1996 dan terdiri dari 53 negara anggota di Asia dan Eropa. ASEM merupakan forum dialog yang menjadi wadah bagi negara-negara untuk berdialog dan bekerja sama dalam berbagai aspek, termasuk perdagangan luar negeri. Hasil kesepakatan para Pemimpin ASEM dan Menteri Luar Negeri ASEM tersebut ditindaklanjuti pada pertemuan ini.

    Melalui pertemuan-pertemuan tersebut, para pemimpin dan pejabat dari berbagai negara dapat membahas kebijakan perdagangan, kerja sama ekonomi, serta isu-isu terkait perdagangan internasional. Dengan adanya forum-forum ini, diharapkan terjalin hubungan yang erat antar negara dan tercipta kesepahaman yang mendukung perkembangan perdagangan luar negeri.

Contoh forum dialog dan pertemuan internasional

    A. Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Belanda


    Di sela rangkaian G20 Trade and Investment Ministerial Meeting (TIMM), Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Belanda, Liesje Schreinemacher di Jaipur, India, Jumat (25 Agt).

    Pertemuan tersebut membahas potensi perdagangan bilateral antar kedua negara dan perkembangan perjanjian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Mendag meminta dukungan Belanda dan berharap Perundingan IEU-CEPA dapat selesai tahun ini.

    Mendag menambahkan bahwa Indonesia dan Uni Eropa mempunyai potensi yang sangat besar, tetapi perlu dipastikan bahwa kebijakan Uni Eropa tidak menghambat ekspor Indonesia dan berdampak negatif terhadap petani Indonesia.

    Pada kesempatan ini, Mendag RI didampingi oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Khusus Menteri Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan.

  B. Pertemuan dengan Departmen Luar Negeri dan Perdagangan Internasional PNG           Sebagai Langkah Monitoring dan Evaluasi Keja Sama Bilateral


    Pada tanggal 27 September 2021 KBRI Port Moresby telah melaksanakan pertemuan dengan Departmen Luar Negeri dan Perdagangan Internasional PNG sebagai langkah monitoring dan evaluasi kerja sama bilateral.

    Dubes RI hadir langsung memimpin jalannya pertemuan, sementara delegasi PNG dipimpin oleh Deputy Secretary.

    Pada kesempatan kali ini dikupas sejumlah pending matters dan langkah tindaklanjut kerja sama, diantaranya meliputi bidang Politik, Pertahanan dan Keamanan, Ekonomi dan Pembangunan, Sosial, budaya dan Pendidikan.

    Selain itu, secara khusus juga dibahas opsi2 yang perlu dilakukan oleh kedua pihak guna memfasilitasi kebutuhan interaksi / saling kunjung antara masyarakat kedua negara di tengah masih berlangsungnya pandemi Covid-19. 

DAFTAR PUSTAKA

Indonesia, K. L. (2019, april 8). Kerja Sama Regional Asia-Europe Meeting (ASEM).

Indonesia, K. L. (2023, may 19). Kerja Sama Regional Asia Cooperation Dialogue (ACD).

Indonesia, K. P. (2023, agustus 25). Pertemuan Bilateral Indonesia dengan Belanda.

Indonesia., K. L. (2021, september 27). Pertemuan dengan Departmen Luar Negeri dan Perdagangan Internasional PNG Sebagai Langkah Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama Bilateral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar