Desember 20, 2023

Pelacakan dan Manajemen Inventaris dalam Perdagangan Luar Negeri

 


Nama: Samuel Nicodemus

nim : 46122010059

@AE14-SAMUEL


Pelacakan dan Manajemen Inventaris dalam Perdagangan Luar Negeri

Riset ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya manajemen keuangan dalam memperkuat produk unggulan dan ekosistem bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berorientasi ekspor. Dengan menggunakan metode riset kualitatif, penulis menggunakan data sekunder dari literatur review penelitian-penelitian sebelumnya serta menggunakan sumber data dari buku, jurnal, maupun artikel ilmiah terkait manajemen keuangan. Hasil riset menunjukkan bahwa manajemen keuangan merupakan pendorong utama keberhasilan dan keberlanjutan baik untuk produk unggulan maupun UMKM berorientasi ekspor. Dengan menerapkan praktik manajemen keuangan yang efektif, UMKM dapat mengoptimalkan sumber daya, meningkatkan daya saing, dan memanfaatkan peluang pasar. Manajemen keuangan memungkinkan UMKM untuk membuat keputusan berdasarkan informasi, mengelola risiko, dan menavigasi lanskap keuangan yang kompleks. Untuk produk unggulan, manajemen keuangan memastikan alokasi sumber daya, inovasi, dan optimalisasi biaya yang efisien.

 

Munculnya ekonomi digital yang berpusat pada Internet of Things (IoT) adalah ciri khas dari Revolusi Industri 4.0. Standar tenaga kerja dan keterampilan yang lebih baik akan dibutuhkan untuk Revolusi Industri 4.0. Subsektor teknologi ketenagakerjaan menjadi penekanan utama implementasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Penelitian ini mempunyai tujuan sebagai menilai hubungan dengan kemajuan teknologi dan lapangan kerja di sektor bisnis logistik Indonesia pada masa Revolusi Industri 4.0. Ini juga berupaya untuk memeriksa dan menganalisis efek digitalisasi pada pekerjaan di bidang ini.

 

Perdagangan internasional merupakan kegiatan jual-beli antara pembeli dengan penjual berdasarkan kata sepakat saat melakukan kegiatan jual-beli, kegiatan jual-beli pada umum dilakukan secara konvensional dalam hal ini adanya tempat penjualan. Perkembangan perdagangan yang mengikuti perkembangan teknologi membuat berubahnya proses kegiatan jual-beli ke dalam perdagangan elektronik atau e-commerce. Adanya e-commerce yang memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian e-commerce, meningkat pula penggunaan e-commerce. Dengan peningkatan tersebut tak jarang banyak pembeli yang dirugakan. contohnya: Tidak kesesuaian produk yang dibeli, terdapat kerusakan terhadap barang yang dibeli, penipuan, dan yang sering terjadi pembobolan sistem keamanan situs e-commerce yang mengancam data pribadi pengguna e-commerce.





DAFTAR PUSTAKA

jurnal.untan.ac.id
ejournal.unsrat.ac.id
ejournal.45mataram.ac.id
warokpublishing.web.id
jurnal.peneliti.net







Tidak ada komentar:

Posting Komentar