Desember 20, 2023

Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Logistik Internasional dalam Perdagangan Luar Negeri

 




Muhammad Haikal Alfaza
@AE18-HAIKAL
46122010158


Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Logistik Internasional dalam Perdagangan Luar Negeri

    Pasar bebas MEA yang menyebabkan persaingan perdagangan menjadi lebih ketat menuntut industri otomotif untuk memiliki daya saing yang tinggi. Suatu model pengukuran kinerja logistik dirancang sebagai alat evaluasi bagi perusahaan komponen otomotif di Indonesia, untuk meningkatkan kinerja logistiknya agar mampu bersaing dalam pasar bebas MEA. Perancangan model pengukuran kinerja logistik ini berbasis pada perspektif Logistics Scorecard, dan terbagi dalam dua tahap: mengidentifikasi strategi bisnis rantai pasok-logistik untuk mendapatkan KPI, dan menyusun model pengukuran kinerja logistik. Terdapat 23 KPI menurut lima perspektif Logistics Scorecard. Penerapan model menghasilkan skor rata-rata kinerja logistik yang tergolong cukup baik dengan beberapa indikator yang perlu ditingkatkan. 

    Salah satu dampak globalisasi yang kemudian diikuti dengan berbagai perjanjian perdagangan bebas yang diterapkan di suatu kawasan mendorong persaingan dalam berbagai industri menjadi semakin ketat. Di kawasan ASEAN, implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) memicu perlunya peningkatan kemampuan daya saing industri dalam negeri melalui peningkatan kinerja sistem logistiknya. Suatu model pengukuran peningkatan kinerja sistem logistik dirancang sebagai alat evaluasi bagi perusahaan komponen otomotif di Indonesia, untuk meningkatkan kinerja logistiknya sehingga mampu bersaing dalam konteks pasar bebas. 

    Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan kegiatan manajemen yang sangat penting di dalam suatu organisasi. Dikatakan penting karena kegiatan ini mengacu pada serangkaian kebijakan, praktik dan berbagai sistem yang terdapat pada suatu organisasi (perusahaan) yang dapat mempengaruhi perilaku, sikap, dan kinerja karyawan. Oleh karenanya peran departemen SDM (Human Resource Department-HRD) dalam suatu perusahaan menjadi sangat vital, terlebih departemen ini harus dapat mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terkait dengan para pekerja (karyawan) di dalamnya.

DAFTAR PUSTAKA
e-journal.trisakti.ac.id
ojs.stiami.ac.id
books.google.com
jurnal.pknstan.ac.id
repository.unibos.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar