Desember 05, 2023

KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PERDAGANGAN LUAR NEGERI

 SHELLA DWI ANANDA

@AD06-Shella


Perdagangan Internasional / perdagangan luar negeri merupakan aktivitas ekonomi dengan melakukan ekspor dan impor antar negara , perdagangann internasional mempunyai tujuan meningkat  standar hidup suatu negara . Ada bebrapa manfaat dari perdagangan internasional antara lain:

1. mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi 

2. memperluas keuntungan dari spesialisasi 

3. meningkatkan hubungan persahabatan antar negara 

4. memperluas lapangan kerja 

selain itu, perdagangan internasional juga mendorong industrialisasi dan investasi perusahaan transnasional. namun, banyak tantangan yang harus dihadapi dalam aktivitas perdagangan internasional , sehingga banyak negara gagal memperoleh manfaat dari perdagangan tersebut. 

kebijakan-kebijakan dalam perdagangan internasional :

- TARIF

Tarif adalah sejenis pajak yang dikenakan atas barang barang yang diimpor . tarif spesifik dikenakan sebagai beban tetap atas unit barang yang diimpor 

- SUBSIDI EKSPOR

Subsidi ekspor adalah pembayaran sejumlah tertentu kepada perusahaan atau perseorangan yang menjual barang ke luar negeri, seperti tariff, subsidi ekspor dapat berbentuk spesifik (nilai tertentu per unit barang) atau Od Valorem (presentase dari nilai yang diekspor). 

- PEMBATASAN IMPOR

Pembatasan impor (Import Quota) merupakan pembatasan langsung atas jumlah barang yang boleh diimpor. Pembatasan ini biasanya diberlakukan dengan memberikan lisensi kepada beberapa kelompok individu atau perusahaan. 

- PENGEKANGAN EKSPOR SUKARELA

Bentuk lain dari pembatasan impor adalah pengekangan sukarela (Voluntary Export Restraint), yang juga dikenal dengan kesepakatan pengendalian sukarela (Voluntary Restraint Agreement=ERA). VER adalah suatu pembatasan (Kuota0 atas perdagangan yang dikenakan oleh pihak negara pengekspor dan bukan pengimpor. 

- PERSYARATAN KANDUNGAN LOKAL

Persyaratan kandungan lokal (local content requirement) merupakan pengaturan yang mensyaratkan bahwa bagian-bagian tertentu dari unit-unit fisik, seperti kuota impor minyak AS ditahun 1960-an. Dalam kasus lain, persyaratan ditetapkan dalam nilai, yang mensyaratkan pangsa minimum tertentu dalam harga barang berawal dari nilali tambah domestic. 

- SUBSIDI KREDIT EKSPOR

Subsidi kredit ekspor ini semacam subsidi ekspor, hanya saja wujudnya dalam pinjaman yang di subsidi kepada pembeli. Amerika Serikat seperti juga kebanyakan negara, memilki suatu lembaga pemerintah, export-import bank (bank Ekspor-impor) yang diarahkan untuk paling tidak memberikan pinjaman-pinjaman yang disubsidi untuk membantu ekspor.

- PENGENDALIAN PEMERINTAH 

Pembelian-pembelian oleh pemerintah atau perusahaan-perusahaan yang diatur secara ketat dapat diarahkan pada barang-barang yang diproduksi di dalam negeri meskipun barang-barang tersebut lebih mahal daripada yang diimpor. Contoh yang klasik adalah industri telekomunikasi Eropa. 

- HAMBATAN BIROKRASI (RED TAPE BARRIERS)

Terkadang pemerintah ingin membatasi impor tanpa melakukannya secara formal. Untungnya atau sayangnya, begitu mudah untuk membelitkan standar kesehatan, keamanan, dan prosedur pabean sedemikian rupa sehingga merupakan perintang dalam perdagangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar