Desember 21, 2023

Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan

Oleh : @AE-15 Lintang 

Kreativitas selalu dikaitkan dengan mengeluarkan ide-ide baru dan inovasi yaitu menerapkan ide-ide tersebut dalam produk yang dihasilkan maupun cara kerja yang lebih efisien. Seorang wirausaha dituntut untuk kreatif dan inovatif, sehingga apa yang dihasilkan akan diterima oleh masyarakat luas. Berpikir kreatif sangat penting untuk keberhasilan implementasi strategi kewirausahaan. Oleh karena itu, kreativitas sangat penting untuk kesuksesan kewirausahaan, karena merupakan motivasi kewirausahaan. Pemikiran dan gagasan inovatif, serta realisasi peluang dan inovasi yang mengarah pada kewirausahaan, merupakan proses inovasi yang penting. 

Inovasi didefinisikan sebagai proses dimana seorang individu dengan sukarela menerima perubahan dan berkontribusi pada penciptaan ide, objek, atau praktik yang mendorong orang untuk dengan antusias merangkul perubahan. Oleh karena itu, inovasi adalah proses orang berpartisipasi dalam transaksi dengan orang lain untuk menghasilkan dan melaksanakan ide-ide baru dari waktu ke waktu dalam kerangka kelembagaan. 

Cara Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan. 

1. Perluas Pengetahuan Anda
untuk bisa berpikir kreatif dan inovatif Anda perlu memperluas pengetahuan. Karena tanpa Anda sadari bahwa setiap ide kreatif dan inovasi merupakan kombinasi dari berbagai konsep yang sudah Anda ketahui sebelumnya.

Sehingga semakin banyak pengetahuan, maka semakin besar juga potensi Anda menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk memperluas pengetahuan adalah: membaca buku, up to date terhadap berita nasional maupun global, menonton film dokumenter, mengikuti pelatihan, banyak berinteraksi dengan orang lain, dan mencoba memulai hobi baru.

2. Lakukan Riset dan Evaluasi
Melalui riset dan evaluasi secara tidak langsung Anda melakukan pengamatan terkait hal-hal yang ada dalam bisnis Anda. Baik pengamatan terhadap karakteristik pasar, perilaku konsumen, pola konsumsi produk, perkembangan kompetitor, hingga pola kinerja para karyawan.Dari hasil pengamatan tersebut Anda bisa mulai berpikir kreatif dan inovatif untuk menunjang keberhasilan bisnis.

3. Berpikiran Terbuka.
Untuk bisa menghasilkan ide-ide yang fresh, maka Anda harus memiliki pikiran yang terbuka. Misalnya dengan cara terbuka pada setiap pendapat dan masukan dari rekan kerja, karena terkadang ide-ide cemerlang juga muncul dari adanya diskusi dan insight baru.

4. Berani Ambil Resiko
Dalam berbisnis, ketakutan untuk bergerak maju dan mencoba hal-hal baru akan membuat bisnis tersebut menjadi stuck dan pasif. Sehingga tidak ada lagi ide kreatif dan inovasi disana. Untuk itu penting bagi Anda agar bisa berani mengambil resiko.

Dengan terus bergerak dan mencoba hal baru maka kreativitas Anda pun akan semakin terasah hingga bisa memunculkan inovasi baru.

5. Mencari Sudut Pandang Lain
mulai sekarang coba mencari sudut pandang baru ketika Anda sedang dihadapkan dalam suatu permasalahan. Dengan demikian maka Anda bisa mengasah dan mendorong kreativitas.

Contoh kreativitas dan inovasi dalam kewirausahaan, misalnya Anda bisnis sektor makanan, tapi Anda memutuskan untuk menjual makanan di food truck. Ini merupakan sudut pandang baru bahwa bisnis makanan tidak melulu soal resto mewah, atau café-café tempat nongkrong saja. Tetapi juga Anda bisa bisnis makanan dengan cara yang lain.

https://journal.unindra.ac.id/index.php/usaha/article/view/503#:~:text=Kreativitas%20selalu%20dikaitkan%20dengan%20mengeluarkan,akan%20diterima%20oleh%20masyarakat%20luas.
https://www.hitoko.co.id/blog/5-cara-terbaik-tingkatkan-kreativitas-dan-inovasi-dalam-kewirausahaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar