Desember 14, 2023

Peran Logistik Terpadu dalam Meningkatkan Efisiensi Perdagangan Luar Negeri

Peran Logistik Terpadu dalam Meningkatkan Efisiensi Perdagangan Luar Negeri

(Oleh : Alliya Rahma @AE19-Alliya)

Kegiatan logistik dapat diartikan sebagai wadah penyaluran ataupun pengiriman barang atau material dengan kapasitas tertentu dan waktu yang telah direncanakan ke titik lokasi tujuan dengan pengiriman yang terjangkau. Dengan menggunakan logistik suatu barang ataupun material dapat diterima oleh produser dari saluran distributor sehingga berdampak pada kegunaan (utility) yang baik. Maka dari itu praktek logistik adalah sarana pembentukan nilai lebih yang baru yakni dalam pengaliran barang dan jasa supaya lebih lancar dan lebih mudah sehingga akan menciptakan sebuah pelayanan terorganisir yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan. Fungsi dari manajemen logistik dapat ditinjau dari berbagai aspek keuntungan misalnya adalah untuk merencanakan melaksanakan dan mengendalikan ketepatan aliran penyimpanan barang, pelayanan ataupun juga informasi yang berhubungan dari awal hingga akhir ke tangan konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai dengan yang diharapkan. Istilah logistik tidak hanya berkaitan dengan usaha manufaktur saja namun juga berhubungan dengan banyak lembaga ataupun instansi seperti sekolah, organisasi jasa, rumah sakit ataupun bank. Logistik memiliki sifat yang khas yaitu bersifat bebas terhadap manusia, maupun alam, serta finansial.

Logistik dapat menentukan maju mundurnya perekonomian suatu negara. Dengan perannya yang penting tersebut, logistik dapat dikatakan sebagai lifeblood perekonomian suatu negara. Negara yang memiliki indikator kinerja logistik yang tinggi, besar kecenderungannya untuk memiliki pertumbuhan ekonomi dan kualitas pembangunan yang tinggi pula. Di bidang industri seseorang bisa menggunakan layanan apa saja yang dapat mempermudah kehidupannya. Misalnya dalam bidang logistik. Pelayanan logistik saat ini didukung oleh perkembangan teknologi akan jasa pengiriman dan penerimaan barang. Salah satu aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan logistik adalah pergudangan.


Peran logistik untuk meningkatkan efisiensi perdagangan luar negeri

Logistik memegang peranan penting bagi perusahaan. Departemen logistik dalam suatu perusahaan akan membantu meningkatkan pemasaran secara efektif. Bahkan, bagian logistik juga mampu memberikan proses perpindahan barang agar lebih efisien lagi.

1. Orientasi Terbaik untuk Pemasaran

Tim logistik berperan penting dalam hal pemasaran. Terutama untuk memastikan agar konsumen dapat tercukupi kebutuhan barangnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa tim logistik menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk mendapatkan profit yang besar.

2. Logistik adalah Pemindah Barang Paling Efisien 

Sistem logistik yang baik dan terstruktur tentu akan mampu menciptakan proses pemasokan barang secara tepat, baik tempat, waktu, kondisi hingga biaya. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar pelanggan bisa tercukupi kebutuhannya secara maksimal.

3. Memberikan Nilai Tambah Perusahaan 

Perusahaan tentunya senantiasa terus berusaha meningkatkan kualitas bagi setiap produknya. Tujuannya tentu saja agar konsumen setia terhadap produknya. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan tim logistik yang senantiasa mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan pada utilitas waktu dan tempat.

4. Memberikan Manfaat Ekonomis 

Tim logistik mampu memberikan manfaat ekonomis bagi perusahaan. Jika perusahaan mampu menyediakan barang kepada konsumen secara cepat dengan biaya rendah, maka perusahaan bisa semakin meningkatkan pangsa pasar. Dan mempersingkat waktu pengurusan dokumen ekspor.


Daftar Pustaka

Gymnastiar, M. N., Lumalesil, A. L., Marvin, E. A., & Sahara, S. (2023). ANALISIS ARTIKEL TERKAIT FAKTOR-FAKTOR LOGISTIK YANG BERPERAN DALAM MENINGKATKAN MUTU KUALITAS PENGIRIMAN BARANG ATAUPUN PENGGUNAAN JASA. Cross-border, 6(1), 400-405.

Firdausy. Carunia Mulya (2021) Memajukan Logistik Indonesia yang Berdaya Saing. Pustaka obor indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar