Januari 31, 2024

PENTINGNYA KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF PADA PERUSAHAAN BARU

 

PENTINGNYA KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF PADA PERUSAHAAN BARU

 

 

Abstrak

Perusahaan merupakan salah satu organisasi yang memiliki tujuan untuk dicapai bersama anggotanya. Dalam menjalankan perusahaan yang memiliki banyak anggota organisasi tentu saja tidak mudah sehingga diperlukan strategi dalam mengelolanya. Keberhasilan suatu perusahaan tentu saja sangat dipengaruhi oleh pemimpinnya dalam menjalankan strategi-strateginya. Bagaimana seorang pemimpin dalam menerapkan dan menjalankan rencananya. Pada artikel ini membahas mengenai pentingnya strategi kepemimpinan dalam sebuah perusahaan yang baru berdiri.

Kata Kunci: Leadership, Strategi Kepemimpinan, Kepemimpinan Efektif

Pendahuluan

Seorang pemimpin memiliki peran yang penting dalam sebuah organisasi, dimana dapat dilihat dari gaya kepemimpinannya. Menurut Peck & Hogue, manajemen merupakan hal penting dalam menciptakan kepemimpinan yang efektif (Peck & Hogue, 2017). Manajemen paling atas diharapkan dapat menjadi seorang pemimpin yang dapat memotivasi, mengatasi konflik dan bersikap adil bagi semua level dalam organisasi (Shah, 2018). Tidak semua organisasi dapat diberikan pendekatan yang sama, tergantung dengan permasalahan yang ada pada organisasi tersebut. Sehingga dengan pendekatan yang tepat maka dapat menciptakan kepemimpinan yang efektif dan produktivitas kinerja organisai dapat meningkat. Seorang pemimpin harus dapat mewujudkan kepemimpinan strategik yang efektif untuk menghasilkan sebuah strategi dalam meningkatkan kinerja anggotanya. Strategi merupakan hal yang penting dalam memutuskan segala sesuatu agar mendapatkan keputusan yang sesuai. Sebagai seorang pemimpin juga harus dapat mengambil keputusan dengan bijak dan cermat, kritis terhadap kondisi organisasi, menyadari area yang rentan serta menghindari pengambilan keputusan yang salah (Marquiz & Huston, 2015). Setiap organisasi yang ingin melakukan perubahan maka dapat diwudukan dalam bentuk perubahan teknis, struktural, personal, serta fisik yang mana membutuhkan pengetahuan baru, ketrampilan baru, dan budaya baru. Dalam menjalankannya tentu saja terdapat hambatan yang dapat mempengaruhi strategi yang dijalankan. Oleh karena itu peran pemimpin harus dapat memperhatikan banyak hal agar perubahan yang akan dilakukan mendapatkan hasil yang baik.

Pembahasan

        Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan fondasi penting dalam organisasi agar organisasi dapat berjalan dengan baik. Menurut para ahli salah satunya Koontz & O’Donnel mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses dalam mempengaruhi sekelompok orang atau individu sehingga dapat bekerja dengan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan kelompoknya (Suprapto). Sedangkan pendapat lain menurut George R. Terry menyatakan bahwa kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang-orang agar bersedia untuk berusaha mencapai tujuan bersama.

Peran dalam kepemimpinan (Imam, 2002):

a.      Mempengaruhi anggota kelompok atau orang lain

b.     Memotivasi, mengarahkan serta mengoordinir tingkah laku kelompok

c.      Melakukan Kerjasama untuk mencapai tujuan yang diinginkan kelompok

d.     Sebagai penambah semangat dan memberikan inspirasi pada karyawan

Fungsi Kepemimpinan dan Pimpinan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Kepemimpinan:

a.      Perencana: Menyusun rencana agar dapat terarah menuju tujuan yang ingin dicapai

b.     Pemikir: Dapat menggambarkan gagasan yang praktis, mudah diterima dan dilaksanakan

Pimpinan:

a.      Pemecah masalah: Memberikan pendapat serta jalan keluar untuk setiap permasalahan

b.     Sosial:  Berhubungan dengan kehidupan kelompoknya yang mencakup dorongan untuk para anggota kelompok


Strategi Kepemimpinan

Strategi merupakan peran yang penting untuk mencapai tujuan organisasi dan visi serta misi organisasi. Menurut J. Salusu, strategi merupakan teknik yang memanfaatkan keterampilan dan sumber daya sebuah organisasi dalam mencapai tujuan dengan hubungan yang efektif. Strategi adalah pokok bahasan yang memberi arahan dalam pengambilan keputusan individu organisasi (Robert, 1999). Terdapat beberapa faktor yang dapat mendukung keberhasilan strategi, antara lain:

a.      Antusiasisme dan Motivasi

b.     Rekan atau teman

c.      Situasi

d.     Kondisi

e.      Komitmen

Menurut Edwin A. Locke, terdapat empat kunci sukses kepemimpinan, yaitu:

a.      Akal dan kualitas seorang pemimpin,

b.     Bagaimana karakteristik dan motivasi

c.      Pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan

d.     Visi dan bagaimana mewujudkan visi tersebut

3.     Pendekatan Utama Kepemimpinan

Terdapat dua pendekatan utama dalam kepemimpinan, yaitu:

a.      Pendekatan sifat-sifat

Mengidentifikasi sifat-sifat kepribadiaanya. Terdapat sifat-sifat tertentu pada pemimpin yaitu memiliki kekuatan fisik dan keramahan. Berikut merupakan sifat-sifat kepribadian yang perlu dimiliki para pemimpin:

1)     Pendidikan umum yang luas

2)     Kematangan mental yang dilihat dari kestabilan emosional

3)     Sifat ingin tahu

4)     Kemampuan analitis

5)     Memiliki daya ingat yang kuat

6)     Integrati, hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota

7)     Ketrampilan berkomunikasi

8)     Ketrampilan mendidik

9)     Rasional dan objektif

10) Pragmatisme

11) Memiliki naluri prioritas

12) Pandai mengatur waktu

13) Kesederhanaan

14) Sifat keberanian

15) Kemauan mendengar

b.     Pendekatan Behavioral

Pendekatan ini melihat pola tingkah lakui dari seorang pemimpin yang dapat mempengaruhi karyawannya.

4.     Ketrampilan Kepemimpinan (Leadership Skills)

Terdapat tiga ketrampilan kepemimpinan, yaitu:

a.     Technical Skills

Kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin untuk melaksanakan suatu pekerjaan

b.     Human Skills

Kemampuan seorang pemimpin untuk bekerjasama dan membangun tim Bersama anggota.

c.      Conceptual Skills

Mampu berpikir dan mengungkapkan pemikirannya dalam bentuk kerangka kerja dan konsep lain yang memudahkan pekerjaan.

5.     Manajemen Kepemimpinan pada Perusahaan Baru Berdiri

Sebuah organisasi perusahaan berdiri mulai dari anggota organisasi yang sedikit kemudian berkembang menjadi banyak. Sebagai seorang wirausaha yang mendirikan tentu saja berperan sebagai seorang pemimpin dalam perusahaannya. Tentu saja dalam menjalankannya tidak mudah dan menemukan beberapa hambatan dalam memimpin anggotanya. Ditambah belum banyaknya bahkan belum ada pemimpin dari masing-masing bagian dalam perusahaan sehingga sebagai pemimpin satu-satunya memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Hambatan yang biasa terjadi pada kepemimpinan perusahaan baru antara lain:

a.      Kesulitan berkomunikasi dengan anggota

b.     Sarana dan prasarana yang tidak memadai

c.      Setiap membuat kebijakan susah untuk diterima anggota

d.     Kelemahan dari pribadi pemimpin

e.      Anggota kurang aktif

Tetapi hambatan-hambatan di atas tentu saja dapat diatasi dengan manajemen kepemimpinan yang baik, seorang pemimpin membuat visi tujuan serta perbaikan yang ingin dicapai, memperbaiki pola kerja serta budaya kerja pemimpin maupun anggota kelompok, memperbaiki komunikasi dengan anggota, membentuk team, mengatasi permasalahan dengan cepat, serta kritis terhadap isu-isu dalam perusahaan.


Kesimpulan

Strategi kepemimpinan merupakan hal yang penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin sangat mempengaruhi keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Peran dalam kepemimpinan antara lain untuk mempengaruhi anggota kelompok, memotivasi, mengarahkan serta mengoordinir tingkah laku kelompok, melakukan kerjasama, dan sebagai penambah semangat serta memberikan inspirasi pada karyawan. Ketika pemimpin dapat menjalankan perannya dengan baik maka anggotanya akan melakukan hal yang sama, sehingga dapat bersama-sama dalam mencapai tujuan organisasi.


Daftar Pustaka

Marquiz, B. L., & Huston, C. J. (2015). Leadership Roles and Management Functions in 8 Nursing: Theory and Application

Peck, J., & Hogue, M. (2017). Acting with the best of intentions… or not: A typology and model of impression management in leadership. The Leadership Quarterly, 29. JOUR. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2017.10.001

Grant, Robert M. 1999. Analisis Prosedur Kontemporer. Jakarta: Erlangga

Shah, B. (2018). Effective Leadership in Organization. European Journal of Business Management and Research, 3(3), 1–5.

Suprapto. Business Strategy: Leadership. Modul Perkuliahan Biro Bahan Ajar E-learning dan MKCU. http://pbael.mercubuana.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar