Februari 23, 2024

ANALISA KEY RESOURCE (BUSINESS MODEL CANVAS) PADA BISNIS ONLINE SUMMER SHOES CARE

 

ANALISA KEY RESOURCE (BUSINESS MODEL CANVAS) PADA BISNIS ONLINE SUMMER SHOES CARE

Abstrak

Dewasa ini Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) sangat diminati oleh para pengusaha karena kemudahan bisnis secara online. UMKM menjadi salah satu agen perubahan bagi perkenomonian di Indonesia. Kelemahan yang sering dialami yaitu mengenai modal, organisasi, manajemen, operasional serta teknis di lapangan, teknologi, perizinan serta hal lain yang menghambat jalanya bisnis. Oleh karena itu perlu adanya strategi yang harus dilakukan agar dapat terus berkembang dengan kreativitas serta inovasi baru. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat analisa menggunakan Business Model Canvas untuk mengetahui permasalahan yang terjadi. Key Resource merupakan salah satu item yang perlu untuk dianalisa karena merupakan sumber daya utama dalam menjalankan bisnis.

Keyword: Business Model Canvas, Key Resource, Sumber Daya

Pendahuluan

Bisnis menurut Brown dan Petrello dalam Ilyas (2008) merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sedangkan Bisnis Online secara sederhana yaitu kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dangan teknologi internet, dimana penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk melakukan transaksi. Bisnis Online saat ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan, dengen segmentasi pasar yang sangat luas dapat dijangkau dimana saja membuat bisnis ini dangat diminati oleh banyak pengusaha maupun customer. Belanja online menjadi sebuah trend baru yang memberikan pengalaman kepada customer untuk berbelanja melalui internet. Summer Shoes Care merupakan salah satu UMKM yang melakukan bisnisnya secara online melalui beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, dan Lazada. Dalam menjalankan bisnisnya tentu saja tidak terlepas dari permasalahan yang terjadi, khususnya untuk sumber daya utama dalam bisnis. Permasalahan ini dapat diatasi dengan membuat analisa menggunakan strategi Business Model Canvas (BMC). Metode BMC merupakan alat yang dapat digunakan untuk membangun kegiatan bisnis dan model bisnis agar memperoleh strategi yang efektif dan efisien. Sumber daya merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis yang harus diperhatikan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Pembahasan

Business Model Canvas merupakan kerangka kerja sederhana untuk membuat, mengevaluasi, dan memodifikasi model bisnis (Alexander & Yves, 2012). Business Model Canvas (BMC) menggambarkan model bisnis dari sebuah organisasi atau perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan menangkap nilai-nilai untuk membentuk strategi baru melalui sembilan elemen penting (Osterwalder dan Pigneur, 2012). Selain itu BMC dapat juga digunakan perusahaan untuk merumuskan inovasi baru yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Sembilan komponen atau elemen dalam Business Model Canvas antara lain:

1.     Customer Segment (Segmentasi Konsumen)

2.     Value Preposition (Nilai Unggul)

3.     Channels (Saluran)

4.     Customer Relationship (Hubungan Customer)

5.     Revenue Stream (Sumber Pendapatan)

6.     Key Resource (Sumber Daya Utama)

7.     Key Partnership (Mitra Kerja)

8.     Key Activities (Aktivitas Utama Bisnis)

9.     Cost Structure (Biaya-Biaya Bisnis)

Pada artikel ini kita akan fokus pada komponen nomor enam, yaitu Key Resource atau Sumber Daya Utama. Key Resource merupakan sumber daya yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan bisnis yang membantu pengusaha dalam menawarkan nilai unggul bisnis, menjangkau pasar, membangun hubungan dengan segmen pasar serta mendapatkan pendapatan. Sumber daya ini dapat berbentuk fisik (seperti aset teknologi, mesin, peralatan), finansial, intelektual, dan manusia. Summer Shoes Care dalam menjalankan bisnisnya tentu saja membutuhkan sumber daya yang disebutkan. Berikut merupakan beberapa Key Resource pada bisnis Summer Shoes Care:

1.     Sumber Daya Manusia atau Karyawan

Summer Shoes Care memiliki 20 karyawan yang mendukung dalam kegiatannya berbisnis, dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan kualitas sumber daya manusia yang baik maka akan mendukung kegiatan bisnis menjadi lancar

2.     Alat-alat dan Mesin

Summer Shoes Care memiliki beberapa produk yang merupakan produk hasil produksi sendiri. Tentu saja dalam prosesnya membutuhkan alat-alat pendukung serta mesin dalam melakukan proses produksi.

3.     Tekhnologi

Summer Shoes Care dalam menjalankan bisnisnya tidak terlepas dari teknologi computer dan internet karena bisnis dijalankan secara online dengan media computer dan internet, selain itu untuk mendukung beberapa kegiatan bisnis serta mengelola data yang dimiliki juga membutuhkan bantuan teknologi.

4.     Intelektual/Merek

Summer Shoes Care mendaftarkan brand atau merek yang dimiliki ke dalam Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) agar tidak diakui milik orang lain.

Kesimpulan dan Saran

Business Model Canvas merupakan tools atau alat untuk menyusun strategi bisnis ke dalam bentuk visual yang sederhana dengan sembilan elemen penting, salah satunya Key Resource. Key Resource merupakan sumber daya yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis, seperti sumber daya manusia, alat-alat atau mesin yang digunakan, serta teknologi pendukung. Dengan melakukan identifikasi dari masing-masing elemen BMC kita dapat menentukan strategi yang terbaik untuk bisnis.

Daftar Pustaka

Alexander. O., & Yves. P. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ilyas, R. (2018). Manajemen Permodalan Bank Syariah. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 5(2), 323. https://doi.org/10.21043/bisnis.v5i2.3017

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons. Pah, A., & Richter, A. (2007). SWOT Analysis – Idea, Methodology and a Practical Approach. Norderstedt: GRIN Verlag.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar