Februari 08, 2024

Marketing Melalui Aplikasi TikTok

             





Abstrak

Artikel ini akan membahas mengenai pemanfaatan fitur aplikasi Tiktok sebagai media marketing. TikTok adalah sebuah media sosial dengan tujuan utamanya untuk video seluler berdurasi pendek. Tiktok Kantor pusat global TikTok berada di Los Angeles dan Singapura, dan kantornya meliputi New York, London, Dublin, Paris, Berlin, Dubai, Jakarta, Seoul, dan Tokyo.

Kata Kunci: Marketing, Video Pendek, Tiktok.

Pendahuluan

Marketing merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang di lakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian mereka di bidang pemasaran, produksi, keuangan, maupun bidang lain.Salah satu media untuk melakukan marketing adalah dengan memanfaatkan fitur yang disediakan Tiktok.Tiktok adalah  salah satu platform yang menyediakan dan memiliki popularitas tinggi untuk live streming, aplikasi tiktok menyediakan banyak manfaat untuk melakukan marketing, Tiktok menawarkan peluang besar bagi merek untuk berinteraksi langsung dengan audiens mereka.Oleh karena itu penulis akan membahas tips pemasaran melalui TikTok dan bagaimana merek dapat mengoptimalkan potensi platform ini untuk mencapai kesuksesan pemasaran yang lebih besar.

Permasalahan

Banyak pengusaha tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang pemanfaatan layanan live streming yang disediakan media sosial Tiktok, mereka cenderung mengetahui pemasaran melalui Instagram atau media market place seperti Tokopedia, Shopee atau bukalapak. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin sudah membantu dalam pemasaran. Namun, Aplikasi Tiktok memiliki  fitur live streaming yang power full dan sangat popular di generasi gen Z. Dari persoalan yang telah disebutkan, penting untuk membahas tips pemanfaatan layanan yang disediakan Tiktok sebagai media marketing agar meningkatkan penjualan di suatu perusahaan.

Pembahasan

TikTok telah mencapai popularitas yang mencengangkan dalam waktu singkat, terutama di kalangan generasi muda. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, platform ini menawarkan potensi besar bagi merek untuk mencapai audiens yang luas. TikTok menggunakan algoritma yang cerdas untuk mempromosikan konten secara efektif berdasarkan preferensi pengguna. Ini berarti merek memiliki peluang besar untuk mencapai audiens yang relevan dan tertarik pada produk atau layanan mereka. Oleh karena itu, berikut tips memanfaatkan Tiktok untuk media marketing menurut redcomm.co.id:

1.       Lakukan Analisis Terhadap Tren TikTok Marketing Terbaru

Untuk bisa memaksimalkan pemanfaatan TikTok sebagai media promosi, Marketer atau pengusaha perlu melakukan analisis terkait jenis dan tema konten yang sedang tren dan digemari pengguna TikTok. Catat pula video dengan tema apa yang lebih mudah viral dan mendapatkan atensi besar dari masyarakat pengguna TikTok. Dari analisis ini, Marketer bisa menemukan strategi marketing lewat TikTok yang paling relevan dengan bisnis perusahaan. Contoh, jika sebelumnya banyak video joget yang beredar dan menjadi viral, maka Marketer bisa memikirkan cara baru promosi produk dengan joget sambil pegang produk, misalnya. Cara lain, bikin challenge terkait penggunaan produk dan jika perlu siapkan hadiah bagi peserta yang bisa menghasilkan konten unik. Selain itu, marketer juga bisa membuat video interaktif mengenai tips perawatan produk atau melakukan live streaming untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens.

2.       Gunakan Background Musik Populer

Laura Savu, selaku Global Community Manager TikTok, sudah memberi kisi-kisi terkait tren TikTok Marketing 2021. Dalam bahasannya, Laura menyebutkan kalau butuh cara baru untuk memanfaatkan TikTok. Misalnya membuat video tutorial yang bermanfaat bagi audiens, video how to, dan lainnya. Jadi, jangan hanya mengikuti tren joget-joget semata. Apalagi sejak 2017, TikTok telah mengakuisisi layanan Musical.ly sehingga tersedia banyak pilihan musik background yang bisa digunakan dalam video marketing.

3.       Maksimalkan Penggunaan Fitur Kategori untuk Memperkuat Konten

TikTok terus melakukan pengembangan kategori konten, seperti fashion, teknologi, kecantikan, olahraga, dan masih banyak lagi. Nah, pastikan sebagai marketer menyesuaikan konten yang akan dibuat dengan kategori yang tersedia. Dengan cara ini, konten perusahaan menjadi lebih mudah ditemukan oleh audiens karena relevansi yang kuat antara niche kategori dengan produk atau layanan bisnis.

4.       Optimalkan Kualitas Video dengan Fitur Editing

TikTok menawarkan kemudahan dalam mengedit video. Tanpa perlu langkah yang panjang, maupun menghabiskan waktu lama, Marketer bisa melakukan editing video dalam satu aplikasi. Cara ini termasuk sangat praktis dalam upaya menghasilkan video promosi yang unik dan menarik.Di saat yang sama, TikTok juga memungkinkan penggunanya merekam video dengan kamera bawaan aplikasi. Lalu, Marketer tinggal mengeditnya menggunakan berbagai tools yang ada di dalam aplikasi. Ini sudah lengkap dengan penambahan musik dan berbagai efek lainnya.

5.       Tersedia Berbagai Alat Pengiklanan yang Efektif

Marketer juga bisa memanfaatkan berbagai alat untuk beriklan yang sudah TikTok sediakan di dalam aplikasinya. Dengan memanfaatkan iklan TikTok ads, Marketer bisa menargetkan konten untuk audiens yang tepat sehingga aktivitas promosi menjadi lebih efektif.

6.       Perhatikan Durasi Video dan Rutin Membagikan Konten

Durasi video yang diizinkan memang terbilang singkat. Namun, ini ternyata menjadi nilai lebih bagi layanan TikTok. Pengguna bisa mendapatkan informasi penting hanya dengan menonton satu video singkat.Menariknya lagi, pengguna tidak perlu menjadi pengikut suatu akun terlebih dahulu untuk bisa melihat video tersebut. Hal ini, menjadi peluang yang sangat bagus bagi bisnis. Sebab, siapa pun bisa menyimak video promosi  dan mendapatkan pesannya.Dengan terus membagikan konten yang menarik dan berkualitas secara rutin, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak orang, sekaligus bisa meningkatkan penjualan dengan menyisipkan promosi produk atau jasa lewat video yang dibagikan.

 Kesimpulan

TikTok adalah platform populer dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Untuk memanfaatkan TikTok sebagai alat pemasaran, Marketer dapat menggunakan tips: 1) Analisis tren TikTok terbaru dan buat strategi yang relevan dengan bisnis Anda, 2)Gunakan musik populer sebagai latar belakang dalam video, 3) Manfaatkan fitur kategori TikTok untuk memperkuat konten, 4) Optimalkan kualitas video dengan fitur editing TikTok, 5) Gunakan alat pengiklanan TikTok untuk menargetkan audiens yang tepat, 6) Bagikan konten secara rutin dan perhatikan durasi video.

 Daftar Pustaka

Our Mission diakses pada 7 Februari 2024 dari tiktok.com https://www.tiktok.com/about?lang=en

Suprapto dan Soeryowati. 2023.Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3 Business Strategy: Finance Management. Universitas Mercu Buana

Tren Tiktok Marketing 2021 dan Tips Memanfaatkannya Untuk Promosi Bisnis  diakses pada  7 Februari 2024 dari redcomm.co.id website https://redcomm.co.id/knowledges/tren-tiktok-marketing-2021-dan-tips-memanfaatkannya-untuk-promosi-bisnis

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar