Februari 07, 2024

Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Pelaku UMKM


Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. UMKM menyumbang pada penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan inovasi. Namun, pelaku UMKM sering menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan mereka dengan efektif. Manajemen keuangan yang baik adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Artikel ini akan membahas mengapa manajemen keuangan yang baik sangat penting bagi pelaku UMKM.

Pendahuluan

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM tahun 2021 mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. UMKM menyumbang pada penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan inovasi. Namun, pelaku UMKM sering menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan mereka dengan efektif. Manajemen keuangan yang baik adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Artikel akan membahas mengapa manajemen keuangan yang baik sangat penting bagi pelaku UMKM. Dengan menerapkan praktik manajemen keuangan yang baik, pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka, menghindari risiko keuangan yang tidak perlu, dan mendukungkap pertumbuhan yang berkelanjutan.

Permasalaahan

Banyak pengusaha UMKM tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang laba yang mereka peroleh dari usaha mereka. Sebagai gantinya, mereka cenderung menjawab pertanyaan tentang laba dengan menyebutkan aset berwujud seperti motor, rumah, atau mobil yang mereka miliki. Namun, jawaban semacam ini sebenarnya tidak memberikan gambaran yang akurat tentang laba yang sebenarnya diperoleh oleh perusahaan. Aset-aset tersebut mungkin dibiayai oleh laba yang dihasilkan oleh usaha, tetapi juga bisa didanai melalui utang atau modal pemilik.

Dari persoalan yang telah disebutkan, penting untuk membahas mengapa UMKM perlu melakukan manajemen keuangan yang baik agar usaha tersebut terus tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, para investor akan memiliki keyakinan untuk berinvestasi dalam bidang usaha yang ditekuni oleh para pengelola usaha, dan pada akhirnya akan memajukan UMKM tersebut.

Pembahasan

Manajemen keuangan merupakan hal sangat penting bagi setiap pelaku usaha, tidak peduli seberapa besar skala bisnis yang mereka jalankan. Dalam skala kecil, menengah, maupun besar, manajemen keuangan merupakan langkah  yang krusial dalam menentukan kesuksesan pelaku bisnis. Setiap usaha atau organisasi bisnis membutuhkan manajemen yang baik, sesuai standar, dan aturan yang berlaku. Manajemen merupakan pilar penting dalam sebuah usaha, dan usaha yang baik tentu saja membutuhkan manajemen yang baik pula. Salah satu contohnya adalah Manajemen Keuangan dalam sebuah usaha. Jika sebuah usaha tidak memiliki manajemen yang baik, hal ini akan berdampak negatif pada kelangsungan dan perkembangan usaha.

Dalam buku Manajemen UMKM Berkelanjutan, Alamsyahbana  menyatakan bahwa Manajemen keuangan dapat dimaknai sebagai suatu cara, metode,  atau  proses  yang  dilakukan  oleh  manajemen (biasanya  bagian  keuangan)  untuk  mengatur  keuangan yang dikelola oleh suatu entitas secara efektif dan efisien guna  mencapai  tujuan  entitas  tersebut.  Hal  ini  perlu untuk  dilakukan  karena  dengan  adanya  manajemen keuangan,  dapat  menjadi  rancangan  rencana  keuangan berkelanjutan  suatu  entitas  yang  kemudian  dievaluasi dan diawasi secara terus menerus agar terciptanya suatu kestabilan keuangan entitas.

Namun, UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengelola keuangan mereka dengan baik. Inilah mengapa penting bagi UMKM untuk melakukan pengelolaan keuangan yang efektif. Berikut beberapa alasan mengapa pengelolan keuangan pada UMKM menurut Handayani (2023):

1.    Pemantauan Keuangan yang Akurat

Manajemen keuangan yang efektif membantu UMKM untuk memantau pendapatan, pengeluaran, dan arus kas dengan lebih teliti. Hal ini memungkinkan pemilik usaha untuk mengambil tindakan yang cepat jika ada fluktuasi yang merugikan.

2.     Perencanaan Keuangan yang Bijak

Manajemen keuangan membantu UMKM dalam membuat rencana anggaran yang realistis. Ini membantu mengalokasikan dana dengan tepat, menghindari pemborosan, dan mempersiapkan diri menghadapi situasi tak terduga.

3.     Pengelolaan Utang

UMKM seringkali mengandalkan utang untuk pertumbuhan. Manajemen keuangan yang baik akan membantu mengatur utang dengan bijaksana, mencegah beban utang yang berlebihan, dan menjaga hubungan baik dengan kreditur.

4.     Pengambilan Keputusan Investasi

Manajemen keuangan membantu UMKM dalam memilih investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan dan tujuan bisnis. Keputusan investasi yang tepat dapat mendukung pertumbuhan jangka Panjang.

5.     Terhindar dari Krisis Keuangan

Dengan manajemen keuangan yang baik, UMKM dapat mengantisipasi masalah keuangan sebelum menjadi krisis. Ini memberi kesempatan untuk mencari solusi sebelum situasi memburuk.

6.     Menjamin Pertumbuhan Bisnis

UMKM dengan manajemen keuangan yang baik cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih konsisten. Pengelolaan dana yang efektif membantu dalam mengambil peluang bisnis yang tepat waktu. Dengan strategi yang tepat dan manajemen keuangan yang efektif, bisnis perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang kompetitif.

7.     Mampu Menghadapi Perubahan Ekonomi

Dalam menghadapi perubahan ekonomi atau situasi pasar yang sulit, manajemen keuangan yang baik memberikan UMKM fleksibilitas dari segi keuangan untuk beradaptasi dan bertahan. UMKM bisa memanfaatkan dana darurat yang sudah dipersiapkan untuk masa-masa sulit.

Kesimpulan

Manajemen keuangan yang baik sangat penting bagi pelaku UMKM. Dengan adanya manajemen keuangan yang efektif, UMKM dapat memantau keuangan mereka secara akurat, membuat perencanaan keuangan yang bijak, mengelola utang dengan bijaksana, mengambil keputusan investasi yang tepat, menghindari krisis keuangan, dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, manajemen keuangan yang baik memberikan fleksibilitas bagi UMKM dalam menghadapi perubahan ekonomi dan situasi pasar yang sulit. Dengan menerapkan praktik manajemen keuangan yang baik, pelaku UMKM dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk memprioritaskan manajemen keuangan yang efektif dalam menjalankan bisnis mereka.

Daftar Pustaka

Alamsyahbana, Muhammad Isa. dkk. 2023. Manajemen Keuangan UMKM. Media Sains Indonesia. Kota Bandung.

Handayani, Sri Dewi.2023. Pentingnya Manajemen Keuangan Bisnis Bagi UMKM diakses pada  7 Februari 2024 dari simple accounting  website: https://simpleaccounting.co.id/manajemen-keuangan-umkm/  

Suprapto dan Soeryowati. 2023.Modul Mata Kuliah Kewirausahaan 3 Business Strategy: Finance Management. Universitas Mercu Buana

UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia diakses pada  7 Februari 2024 dari Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia website https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar